yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mengganti Cell Baterai Laptop

No comments
Baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah laptop atau juga notebook. tanpa adanya kegunaan baterai, portabilitas laptop menjadi suatu hal yang menjadi sangat mustahil. Pasalnya laptop bisa digunakan secara mobile berkat dukungan energi listrik dari baterai.
Manusia membutuhkan makanan untuk hidup sama seperti juga halnya pada dengan laptop, laptop juga membutuhkan baterai untuk hidup, meskipun tanpa baterai juga sebenarnya laptop bisa hidup.
Saat mengalami kerusakan pada baterai laptop, akan bisa di perbaiki sendiri tanpa harus membeli baterai dan hanya mengganti cell nya saja.
Cell baterai sendiri merupakan bagian fungsinya untuk menyimpan energi listrik, jumlah dari yang di simpannya yaitu berbeda-beda tergantung masih-masih dari laptop itu sendiri.

Cara Mengganti Cell Baterai Laptop

1. Lepas Baterai
Lepaslah baterai pada laptop, tetapi ada juga baterai yang akan di lepas cassing body dari laptop tersebut. ada juga jenis laptop lainnya yang baterainya terletak pada bagian luar body. Jadi bisa anda bisa langsung melepas baterai nya tanpa harus membuka body laptop.
2. Bongkar Body Baterai
Bongkar body baterai, congkel menggunakan cutter ataupun alat lain yang membantu anda memudahkan untuk membuka body laptop, dan berhati-hatilah saat membuka body.
3. Perhatikan Rangkaian
Setelah membuka body casing laptop, amatilah rangkaian baterai yang di susun tersebut sebelum melepasnya. Yang tujuannya yaitu agar saat melakukan pemasangan pada baterai tidak memasang di tempat yang salah. sebab ada susunan jenis cell baterai. contoh gambar di bawah :
4. Lepas Cell Baterai
Jika sudah, langsung saja lepas cell baterai yang lama dan di ganti dengan cell yang baru. Susunlah sesuai dengan rangkaian sebelumnya. Ingat jangan sampai salah menaruh atau tertukar posisi dengan baterai lain.
5. Tes Voltase Baterai
Jika sudah terpasang cell baru tersebut, silahkan tes voltase menggunakan multimeter hanya untuk memastikan bahwa baterai tersebut aman untuk laptop anda.
6. Tutup Kembali Body Laptop
Langkah terakhir tutup lah kembali casing baterai dan juga cell baterai laptop, sudah berhasil di ganti. Akan tetapi jangan di pasang terlebih dahulu di laptop atau notebook anda.
Sangat mudah kan, tetapi masih ada lagi jika ingin menggunakannya depan normal dengan cara dengan cara konfigurasi softwere. Agar bisa digunakan secara normal, tahap ini dinamakan dengan tahap konfigurasi softwere. Berikut tahapannya :

  1. Sebelum memasang baterai di notebook hubungkan notebook ke listrik menggunakan adaptornya. (ingatlah tanpa menggunakan batrai)
  2. Lalu kemudian nyalakan laptop, dan kemudian masuk ke bagian control panel
  3. Pilih hardware and sounds, lalu klik device manager
  4. Pada bagian menu device manager, carilah menu baterai lalu uninstall drivernya
  5. Jika di klik, langkah selanjutnya yaitu matikan kembali laptop anda
  6. Lepaskan adaptor laptop, lalu masukan baterai kedalam laptop
  7. Jika sudah di masukan, nyalakan kembali laptop anda
  8. Kembali ke menu control panel, klik hardware and sounds, kemudian pilih device manager
  9. Setelah itu updete driver baterai
  10. Baterai laptop dengan call baru telah siap di gunakan dan laptop pun bisa di gunakan dengan normal.

Kalibrasi Baterai

Saat kondisi tertentu, baterai cell yang baru saja di ganti harus memerlukan kalibrasi agar bisa di gunakan dengan normal sebagai mana mestinya. Berikut cara mengkalibrasi baterai cell  :

  • Isi baterai hingga full
  • Setelah baterai full cabut charger dan diamkan dengan waktu 15 menit
  • Selanjutnya matikan laptop
  • Kemudian hidupkan kembali laptop anda sambil menekan f8 untuk masuk ke dalam safe mode
  • Lalu masuk ke dalam safe mode, biarkan baterai menyala dan habis dengan sendirinya.
  • Jika sudah charge kembali dan laptop anda bisa di gunakan dengan normal

Perawatan Baterai Komputer

Jika anda sudah melakukan kaliberasi jangan kaget, karena saat pertama kali mengisi baterai, baterai akan lama saat diisi. berikut kami akan menjelaskan cara-cara merawat baterai laptop :

  1. Hapus aplikasi yang sekiranya tidak di gunakan atau tidak begitu penting bagi anda
  2. Hindari aplikasi berat sehingga dapat menyebabkan baterai anda lebih cepat terkuras habis
  3. Lakukan pembersihan dan perawatan pada laptop dengan cara berkala
  4. Matikan sistem koneksi jaringan wifi dan juga sistem bluetooh apa bila jika sudah tidak di gunakan
  5. Hindari penggunaan live wallpaper, karena bisa saja menguras baterai secara besar dan menguras cepat
  6. Jaga suhu dan juga temperatur laptop dengan menggunakan kipas.
  7. Hindari isi ulang baterai laptop secara terus menerus tanpa di lepas.

Demikian info yang kami berikan secara lengkap dan benar, cara mengganti cell pada baterai. Jika masih bingung caranya carilah jasa perawatan komputer. Kami memberikan saran satu-satunya yaitu ithelpdesk, jasa perawatan komputer terbaik di indonesia. Selain perawatan kami juga memberikan perbaikan layanan jasa komputer dan juga IT development.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)