-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tanda- Tanda SSD Laptop atau PC Sudah Harus Diganti

Tidak ada komentar

 

Tanda- Tanda SSD Laptop atau PC Sudah Harus Diganti



Laptop menjadi salah satu alat yang sering dugunakan pada saat ini, karena bentuknya yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Selain laptop, ada PC yang dapat menjadi pilihan ketika ingin menggunakan software yang berat ataupun game-game yang berat. Tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi laptop kini sudah sangat canggih sampai bisa menggunakan software dan game berat.

 

Komputer memiliki hardisk (HDD) yang merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data komputer. Sama halnya dengan komputer, laptop juga memiliki perangkat keras yang berbeda dengan komputer yaitu Solid State Drive (SSD) Fungsinya sama seperti hardisk yaitu sebagai media penyimpanan pada laptop. SSD tidak selalu bertahan lama, sehingga Anda harus mengganti SSD jika melihat tanda-tanda SSD sudah mulai rusak.

 

Berikut tanda SSD harus diganti pada laptop dan PC, yaitu :

 

Error Bad Block

 

Jika di HDD Kalian mengenal istilah "bad sector", maka di SSD juga kalian akan mengerti tentang bad block. Bad Sector adalah kumpulan sektor Hardisk (HDD) yang tidak berfungsi secara optimal. Penyebab bad sector ini biasanya karena adanya software yang mengalami error atau permasalahan dalam sistem operasi pemakaian. Sedangkan bad block adalah dimana laptop mencoba membaca atau menyimpan file, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama dan akhirnya tidak tersimpan, lalu kemudian sistem menyerah dengan mengeluarkan notifikasi error.

 

File Tidak Bisa Di Read atau Di Write

 

Akan ada 2 efek yang Anda temui jika SSD terjangkit bad blok :

  • Sistem akan mendeteksi bad block ketika akan write data ke drive dan oleh karena itu ia akan menoiak untuk write data
  • Sistem akan mendeteksi bad block setelah data di write dan oleh karena itu ia akan menolak untuk read data

-   

File Sistem Membutuhkan Perbaikan

 

Jika hal ini terjadi, tampilan laptop kalian biasanya akan menampilkan mode recovery dan harus direcovery. Hal ini bisa terjadi karena bad block atau port konektor SSD

 

File Sistem Membutuhkan Perbaikan

 

Jika hal ini terjadi, tampilan laptop Anda biasanya akan menampilkan mode recovery dan harus direcovery. Hal ini bisa terjadi karena bad block atau port konektor SSD.

 

Cras Ketika Booting
 

Ketika laptop/pc Kalian crash ketika proses booting, tetapi bisa bekerja dengan baik setelah dihidupkan beberapa kali, penyebabnya bisa SSD atau Hardisk.

 

Drive Hanya Bisa Read Tidak Dengan Booting

 

SSD akan menolak jika kalian ingin menyimpan data. Tetapi Anda masih bisa membaca data didalam SSD tersebut.

 

SSD atau Hardisk biasanya bertahan 3-4 tahun bahkan bisa sampai 5 tahun tergantung dari pemakaian. Beberapa penyebab seperti overheat karena keseringan dipakai, tidak dibersihkan kipas pada pc maupun laptop yang menyebabkan debu menumpuk bisa menyebabkan SSD rusak dan harus diganti. Anda juga bisa melakukan perawatan kepada jasa tukang service komputer profesional atau bisa saja Anda dapat melakukan perawatan rutin dengan tukang komputer panggilan terdekat agar lebih safety.

 

Untuk mengecek apakah laptop atau pc kalian bisa melihat bad sector kalian bisa meng-install app HD Tune di website resmi nya lalu Anda dapat melakukan percobaan gratis (free trial) atau membeli untuk selamanya (berbayar). Itu saja mengenai tanda jika SSD laptop/pc harus diganti, semoga dengan informasi diatas dapat membantu Anda mengerti tanda tanda harus ganti baru SSD atau hardisk.

 

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)