-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat

Tidak ada komentar

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan yang sangat praktis dan sekarang ini banyak flashdisk yang memang berkapasitas cukup besar bahkan melebihi kapasitas harddisk. Mengingat pentingnya fungsi flashdisk untuk menyimpan berbagai macam file penting, maka kehati hatian sangat penting dalam menjaga kualitas dari flashdisk itu sendiri agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

 

Terkadang kita dihadapkan pada keadaan dimana flashdisk tidak dapat bekerja sehingga harus dilakukan format ulang. Pada saat format ulangpun terkadang ada saja kendala yang menyebabkan flashdisk tidak bisa diformat ulang. Jika anda ragu dan belum yakin mengatasi masalah format flashdisk ini silahkan anda bisa bertanya ke tempat jasa service dan perbaikan komputer terdekat dari tempat tinggal anda. Untuk mengatasinya mari kita simak penjelasan berikut solusi mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat ulang.

 

Flashdisk tidak bisa diformat ternyata ada beberapa penyebabnya. Seperti terserang virus ataupun karena wire protected. Selain itu juga bisa disebabkan karena perangkat keras dari flashdisk tersebut sudah mengalami kerusakan entah karena terjadinya kelalaian atau memang dari produksi yang tidak berkualitas. Berikut ini cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa diformat

 

Cara mengatasi masalah flashdisk tidak bisa diformat tanpa aplikasi

Penyebab umum flashdisk tidak bisa diformat adalah karena mengalami wire protected. Hal ini bisa terjadi dikarenakan anda sering mencabut flashdisk sembarangan tanpa memanfaatkan fitur 'Safety Remove Flashdisk'. Untuk mengatasinya silahkan simak langkah berikut

  1. Hubungkan USB ke komputer
    Langkah pertama adalah coba hubungkan USB flashdisk ke komputer melalui port USB yang tersedia di perangkat komputer. Pastikan dan periksa kembali bahwa flashdisk sudah benar benar terpasang dengan baik di port USB komputer.

  2.  Jalankan menu Run > Regedit
    Langkah berikutnya adalah anda jalankan menu Run. Caranya adalah klik menu 'Start' pada windows lalu pilih 'Run' atau bisa juga dengan cara shortcut lewat keyboard. Tekan ikon windows dan huruf R secara bersamaan. Setelah masuk menu Run ketikkan 'regedit' lalu tekan enter pada keyboard.

  3. Cari Write Protection dari Registry Editor
    Setelah menjalankan perintah sebelumnya, Anda akan dialihkan ke program Registry Editor. Ini adalah program yang akan membantu mengatasi flashdisk tidak bisa diformat karena write protected. Setelah masuk ke program Registry Editor, selanjutnya dari keyboard Anda, tekan CTRL+F bersamaan. Kemudian ketikkan Write Protection lalu tekan enter dari keyboard.

    Jika sudah maka sistem akan melakukan pencarian. Kalau data write protection yang akan Anda hapus sudah ditemukan, tinggal lanjutkan dengan menghapusnya. Caranya, klik kanan pada data tersebut sampai pesan untuk menghapus (delete). Klik 'OKE'  untuk menyetujui proses penghapusan.

  4. Tutup Program Registry Editor > Restart Komputer
    Setelah menghapus data write protection, selanjutnya tutup jendela registry editor yang Anda buka. Kemudian lanjutkan dengan merestart komputer Anda. Sebelum direstart, pastikan Anda mencabut flashdisk dari USB port komputer dengan eject atau menggunakan fitur safety remove flashdisk. Kalau sudah baru restart komputer Anda.

  5. Periksa Ulang Flashdisk
    Langkah terakhir tinggal periksa ulang Flashdisk Anda. Tunggu sampai komputer kembali nyala, lalu hubungkan lagu flashdisk ke port USB. Karena write protection sudah terhapus seharusnya flashdisk sudah bisa digunakan kembali.

 

Melalui Disk Manager
Ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi flashdisk tidak bisa diformat, yaitu melalui Disk Manager. Ini adalah utility bawaan Windows yang fungsinya untuk memformat falshdisk atau memanage disk atau penyimpanan di dalam komputer. Dengan adanya utility ini, Anda tidak perlu mengunduh software atau aplikasi lain. Berikut langkah-langkahnya.

 

  1. Jalankan Run
    Sebeluk menjalankan langkah ini, terlebih dahulu Anda harus menghubungkan flashdisk ke USB Port komputer. Setelah itu, jalankan menu RUN dengan memilih menu Start lalu diikuti memilih menu RUN. Bisa juga dengan shortcut dari keyboard dengan menekan tombol Windows+R bersamaan. Di kolom pencarian RUN, ketikkan compmgmt.msc lalu tekan enter atau pilih OK.

  2. Pilih Storage, Klik Kanan Flashdisk
    Setelah itu, Anda akan masuk ke program Disk Manager. Memformat flashdisk melalui disk manager ini adalah cara lain untuk mengatasi flashdisk tidak bisa diformat. Kemudian pada bagian 'Storage' yang ada di bagian kiri tampilan layar, klik pada menu tersebut. Lalu, nantinya di tampilan utama layar akan ditampilkan disk penyimpanan yang ada di komputer Anda.

    Pada tampilan tersebut Anda akan melihat flashdisk yang Anda gunakan. Klik kanan pada drive letter dari flashdisk yang Anda gunakan. Misalnya drive letter flashdisk Anda adalah 'G', maka klik kanan pada drive letter tersebut. Begitu pula jika Anda mengganti drive letter Anda dengan nama tertentu. Sama saja, klik kanan pada nama flashdisk Anda tersebut.

  3. Pilih pada 'Create Partition' > Format
    Setelah klik kanan tadi, akan ada beberapa pilihan menu yang diberikan. Pilih pada opsi 'Create Partition'. Jika sudah, maka pada menu tersebut harus klik kanan lagi baru pilih menu 'Format'. Klik pada opsi format ini.

    Bagi Anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru, langkah formatnya malah lebih sederhana. Setelah Anda klik kanan pada drive letter di langkah sebelumnya, akan langsung ada opsi 'Format'. Klik pada menu format tersebut.

  4. Tunggu Beberapa Saat Sampai Proses Format Selesai
    Jika sudah, maka proses format akan dimulai. Tunggu dulu beberapa saat sampai proses format ini selesai. Anda bisa mencoba menghubungkan kembali falshdisk ke komputer dan lihat apakah flashdisk sudah bisa digunakan atau belum.

 

Selain menggunakan cara di atas jika flashdisk Anda tidak bisa diformat, Anda juga bisa menggunakan tools untuk memformat flashdisk. Cara kerja tools ini pada dasarnya sama dengan tools format bawaan yang ada pada setiap Windows. Bedanya, mungkin jika menggunakan tools bawaan Windows kemampuannya terbatas bahkan tak jarang juga tools tersebut tidak berfungsi. Maka dari itu aplikasi ini ada.


Demikian pembahasan cara mengatasi kendala flash disk tidak bisa diformat. Silahkan hubungi toko jasa service dan perbaikan laptop dan komputer langganan anda jikalau masih mengalami kendala dan kesulitan dalam memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)