-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tips Menghilangkan Jamur Pada Monitor LCD

Tidak ada komentar


Komputer kini telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Ada banyak sekali komputer yang beredar di pasaran,  mulai dari model PC, Laptop, Tablet, dan sebagainya. Jika anda memilih untuk menggunakan komputer PC, ada dua jenis monitor yang sering digunakan, yaitu jenis monitor tabung dan jenis monitorLCD. Tetapi, kini jenis monitor tabung sudah mulai ditinggalkan karena memiliki dimensi yang besar dan berat serta memakan banyak tempat. Sebagai gantinya, komputer dengan monitor LCD-lah yang menjadi primadona. Selain memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan monitor tabung, monitor jenis LCD juga memiliki dimensi yang lebih kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat.

Jika kita membahas tentang komputer, maka pembahasan kita tidak akan jauh dari pembahasan mengenai performa komputer. Hal ini karena performa komputer tidak selalu konstan dan stabil, serta dapat menurun seiring dengan berjalannya waktu apalagi jika tidak pernah dilakukan perawatan. Salah satu bagian komputer yang harus selalu diperhatikan adalah pada bagian monitor, khususnya untuk moniter tipe LCD. Salah satu masalah yang sering terjadi pada monitor LCD yang jarang menjalani perawatan adalah munculnya jamur pada layar monitor. Munculnya jamur atau bintik hitam pada layar komputer tentunya dapat mengganggu tampilan dari monitor tersebut. Selain itu, adanya jamur pada layar komputer juga membuat komputer anda terkesan kotor dan jarang dibersihkan.

Jamur yang muncul pada layar komputer, khususnya pada monitor jenis LCD dapat dibersihkan dengan beberapa cara sebagai berikut ini, yaitu :
  • Sebelum melakukan pembersihan monitor, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan komputer anda terlebih dahulu. Kemudian, cabutlah kabel yang menghubungkan monitor dengan aliran listrik dan pastikan bahwa sudah tidak ada lagi listrik yang mengalir pada monitor tersebut.
  • Setelah memastikan tidak ada aliran listrik lagi pada monitor, selanjutnya anda bisa mencabut kabel penghubung antara LCD dengan CPU. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah proses pembersihan monitor LCD.
  • Setelah memastikan bahwa kabel penghubung antara monitor dengan listrik dan monitor dengan CPU telah tercabut, langkah selanjutnya adalah anda harus menyiapkan kain microfiber ataupun kain lain yang memiliki tekstur lembut. Kemudian, lakukan pengelapan atau pembersihan pada layar monitor untuk membersihkan debu yang mungkin menempel pada monitor tersebut.
  • Jika sudah melakukan pembersihan debu, kemudian perhatikanlah jamur yang ada pada monitor LCD. Apakah jamur tersebut ada dibagian luar ataukah dibagian dalam monitor. Hal ini karena jika jamur tersebut berada pada bagian luar monitor, maka proses pembersihan akan lebih mudah dibandingkan jika jamur tersebut ada dibagian dalam monitor.
  • Jika jamur tersebut ada dibagian luar monitor, maka anda harus membahasi kain yang telah disiapkan tadi dengan cairan khusus pembersih layar monitor. Kemudian bersihkan layar LCD tersebut dengan cara memutar searah jarum jam. Kemudian, gosoklah secara perlahan dan jangan terlalu menekan layar monitor karena justru dapat menyebabkan kerusakan maupun goresan pada layar monitor tersebut. Jika jamur berada didalam layar monitor, maka anda harus membongkar monitor terlebih dahulu, kemudian melakukan pembersihan secara manual. Ingatlah, proses pembongkaran ini harus dilakukan secara teliti dan hati - hati. Jika anda tidak yakin dapat melakukan proses ini dengan baik, sebaiknya jangan dilakukan karena justru dapat merusak monitor anda.
  • Setelah jamur yang ada pada monitor LCD sudah hilang, selanjutnya diamkanlah monitor hingga mengering dengan sendirinya.
  • Jika layar sudah mengering, maka kembalikanlah posisi monitor ke posisi semula dan hubungkanlah kabel - kabel penghubung yang telah dilepas sebelumnya.


Demikianlah pembahasan mengenai tips menghilangkan jamur pada monitor LCD. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang perangkat keras. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel selanjutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)