-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mengatasi Layar Mati (No Display) Akan Tetapi Laptop Menyala

Tidak ada komentar
Apakah anda pernah layar laptop anda mati lalu tidak menyala lagi.? Seperti yang kita ketahui, layar latop merupakan sebuah komponen yang cukup rentan terhadap kerusakan. Contohnya yaitu yang sering mengalami kerusakan ialah layar mati meskipun kondisi laptop sudah menyala.
Meskipun semua komponen komputer seperti harddisk, lampu indikator, dan yang lainnya dalam keadaan normal, tetapi layar tidak memunculkan gambar sama sekali. Mendapatkan permasalahan seperti itu sangat cukup mengkhawatirkan apa lagi jika anda bekerja bergantung pada laptop.
Layar laptop anda mati dan juga tidak menyala tentu bisa juga di sebabkan oleh beberapa hal kemungkinan yang bisa terjadi yaitu :
Layar LCD/LED laptop lalu mati ketika saat di nyalakan, dalam kondisi ini terjadinya karena ada masalah pada hardware dan juga software. Entah itu sebab overhead, korslet, dan masih banyak lagi penyebabnya.
Layar laptop mati saat mesin menyala, kemungkinan besar disebabkan oleh dumb crash pada memory, crash system atau juga VGA yang bermasalah.
Lalu untuk kemungkinan lainnya yaitu adanya terkena kerusakan pada beberapa komponen diantaranya yaitu harddisk, memory RAM, layar LCD, dan bisa juga pada monitor. Hal ini sangat tentu bisa mengganggu kinerja dari laptop, dan bisa memengaruhi kodisi pada layar laptop.
Diagnosis Permasalahan
Untuk langkah pertama, mencobalah dengan menggunakan layar monitor eksternal dengan menggunakan port HDMI dan VGA. Saat melihat gambar dengan jelas pada layar eksternal akan tetapi pada pada internalnya mati, maka indikasinya kerusakannya yaitu pada kartu grafis.
Maka dari itu ada beberapa cara untuk bisa mengatasi laptop nyala akan tetapi layar mati atau bisa di sebut no display
1. Matikan Laptop
Untuk solusi yang pertama ialah dengan cara mematikan laptop dengan cara paksa. Sebab mungkin saja permasalahan ini di sebabkan karena software error contohnya system crash, dumb crash, atau juga pada memory sehingga dapat membuat sistem tidak bisa mengeksekusi suatu pada program file yang di jalankan.
2. Lepas Baterai
Dalam sebuah cara mengatasi laptop nyala akan tetapi layar mati yang selanjutnya ialah dengan melepas baterai sesaat sekurangnya 5 menit. Lalu sebelumnya anda bisa untuk mematikan terlebih dahulu laptop anda dengan cara shotdown atau bisa juga dengan paksa menekan tombol power.
Untuk hal ini dilakukan sebab karena mungkin saja terdapat masalah dengan pasokan listrik pada laptop anda yang mengganggu kinerja dari memory prosesor, atau juga IC pada board.
3. Lepas Memory RAM
Untuk cara mengatasi lcd laptop yang tidak bisa menyala yang selanjutnya yaitu dngan cara melepas memori RAM pada bagian belakang laptop. Setelah melepas RAM, tunggu sampai beberapa menit kemudian. anda juga harus membersihkan dengan menggunakan karet penghapus secara perlahan. Sekedar informasi, saat melepas RAM di utamakan melepas baterai terlebih dahulu agar lebih safety.
4. Ganti Lampu Latar
Dalam saklar ini biasanya membentuk seperti sebuah tombol kecil yang letaknya layar di dekat LCD laptop. Tombol ini akan dalam memicu pada mode sleep atau juga hibernate saat layar di tutup. Jika tutup saklar kotor biasanya aliran listrik dari papan inverter terputus.
Jika sudah begitu perlunya ada penggantian lampu latar, untuk sekiranya mencari yang di lengkapi konektor supaya bisa terhubung pada sebuah papan inverter secara langsung. Pastikan lampu latar yang anda beli sama persis dengan layar monitor laptop anda.
5. Bongkar Laptop Dan Periksa
Untuk memastikannya lebih mendetal untuk mencari permasalahannya pada laptopmu, untuk sebaiknya bongkarlah laptop lalu periksa semua komponennya. Jika kamu sudah pernah melakukan pembongkaran komponen laptop anda, pastinya anda paham dengan semua komponennya.
Lepas beberapa komponenen yang menempel pada board, khususnya lepas dan prosesor dan juga prosesor itu sendiri.
Cek kabel-kabel yang tersambung, paling utama pada kabel LCD monitor dan juga VGAnya. Cium, siapa tau ada bau gosong yang sangat menyengat pada bagian board. Maka bisa saja terjadi ada beberapa komponen dari board yang menerima panas secara berlebihan atau juga konslet.
Penutup
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan beberapa cara-cara untuk memperbaiki dan mengatasi layar pada laptop atau komputer anda mati akan tetapi mesin masih menyala. Untuk biasanya pada kondisi ini belum 100% terjadi sebab karena kesalahan pada LCD itu sendiri.
Penyebab layar laptop tidak bisa menyala bukan karena di sebabkan oleh hal itu saja, banyak sekali kemungkinannya. Biasanya yang bisa terjadi yaitu seperti layar bergaris, layar terbelah, dan juga layar laptop blank putih.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)