yes
no
10/Promotion/slider
no

Faktor Penyebab Printer Rusak Dan Cara Mengatasinya

No comments
Printer adalah perangkat keras sebagai pelengkap komputer yang fungsinya untuk mencetak. Dengan printer kita bisa mencetak apapun hasil dari pekerjaan kita di komputer seperti pembuatan dokumen di Office Word, Office Excel, Poto hasil olahan Photoshop, dan sebagainya. Saat ini banyak sekali jenis dan merk printer yang tersedia dipasaran, seperti Epson, Canon, HP, dan sebagainya. Penggunaan printer terkadang luput dari perhatian, sehingga mudah rusak, lupa untuk dibersihkan, atau jarang digunakan. Namun secara garis besar, penyebabnya masih umum seperti yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini:
1. Tidak Menggunakan Kertas Yang Terlalu Tebal                                                                   
Ukuran kertas yang terlalu tebal akan membuat roll penarik kertas macet.
2. Cek Berkala Tempat Tinta

Pengecekan ini untuk memastikan kebersihan, dan untuk tetap menjaga tinta keluar dengan lancar.

3. Hindari Sentuhan Tangan Dengan Catridge

Sentuhan tangan pada catridge bisa memengaruhi aliran listrik statisnya. Sehingga catridge tak bisa bergerak lancar.

4. Stop Membuka Casing Printer Kalau Belum Mahir

Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerusakan kecil dan kesalahan saat membuka dan memasang casing kembali ke awal.

5. Tidak Menggunakan Kertas Yang Kusut

Kertas kusut bisa menjadi salah satu penyebab kemacetan, karena berhentinya roller printer. Ketidaksejajaran kertas karena kusut membuat perputaran roller jadi terhambat.

6. Mematikan Printer Dengan Cara Yang Salah

Ketika anda terburu buru, setelah menggunakan printer, setelah ngeprint jangan begitulangsung tekan tombol power untuk mematikan. Tunggulah sejenak dulu sampai loadingya selesai baru printer dimatikan.

7. Printer Tidak Dirawat

Kemungkinan juga jika kita tidak merawat printer dengan baik maka komponen lainnya juga akan cepat rusak. Printer juga butuh perwatan oleh pemiliknya. Perwatan pada printer misalnya membersihkan debu atau kotoran yang ada pada printer, jangan biarkan printer anda berdebu atau kotor begitu saja. bersihkanlah printer anda supaya tidak ada debu atau kotoran yang menganjal putaran penggulung nantinya.

8. Kualitas Tinta Yang Tidak Baik

Catridge (Head Print) sangat sensitif karena bekerja dengan aliran listrik dc untuk menyemburkan tinta sesuai perintah driver. Kualitas tinta sangat berpengaruh pada perangkat catridge ini. Untuk itu, Anda harus menggunakan tinta yang berkualitas. Semakin tinggi kualitas tinta yang Anda gunakan dapat menjaga catridge menjadi lebih tahan lama. Carilah merek yang sudah memiliki nama dan paling banyak digunakan oleh para pengguna printer lain.

9. Pengisian Tinta Kurang Tepat

Sekarang ini sebagian besar printer sudah menggunakan tinta eksternal. Sehingga proses pengisian ulang bisa dilakukan dengan mudah. Namun jika Anda masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara mengisi langsung pada catridge, maka harus melakukan pengisian dengan benar. Jangan mengisi tinta terlalu penuh yang akan menyebabkan banjir. Selain jangan terlalu penuh, Anda juga tidak boleh mengisi terlalu sedikit karena terlalu sering buka pasang catridge. Disarankan juga Anda selalu menggunakan tinta original. Tidak apa-apa harganya mahal yang penting printer khususnya catridge atau printhead tetap awet.

10. Mencetak Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Perangkat printer terdiri dari generator dan circuit penting yang dapat menimbulkan panas bila bekerja secara nonstop.Kebiasaan ini adalah hal buruk yang harus kita hindari. Alasannya catridge printer bisa cepat panas sebagai pemicu kejadian penyumbatan permanen pada printhead. Jika prenthead sudah tersumbat tentunya hasil cetak menjadi tidak maksimal lagi dan sangat sulit untuk diperbaiki kecuali dengan menggantinya dengan printhead yang baru. Cara terbaik untuk mencetak dalam jumlah banyak yaitu dengan cara membagi menjadi beberapa bagian. Kemudian biarkan printer Anda dingin sekitar 1 – 5 menit. Lanjutkan kembali hingga selesai. 

11. Kehabisan Tinta

Printer warna bekerja dengan 2 buah print head. Sedangkan untuk mencegah rusaknya print head (catridge) tersebut, tinta harus selalu ada. Jika tinta habis, print head akan mengalami panas yang tinggi, akibatnya arus pada print head akan mengalami konsleting. Membiarkan printer atau memaksa printer bekerja sedangkan tinta sudah habis ini adalah kebiasaan buruk juga. Jika terus dibiarkan maka printhead akan rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Cara mengatasi masalah ini juga cukup mudah. Anda dapat memantau secara berkala kondisi tinta agar tetap ada. Dan melakukan pengisian ulang. Cara lainnya Anda bisa memasang tinta eksternal yang sekarang ini sangat mudah untuk didapatkan.

12. Terlalu Lama Tidak Digunakan

Menyimpan printer terlalu lama untuk tidak pernah dipakai maka termasuk penyebab printer cepat rusak. Bagian yang paling sering mengalami kerusakan biasanya pada catridge. Apalagi jika kita beranggapan bahwa jika menyimpan printer dalam waktu lama untuk tidak pernah dipakai agar printer awet itu salah besar. Jika sebelumnya printer pernah digunakan kemudian disimpan tidak digunakan dalam waktu lama bisa terjadi pembekuan pada tinta yang terletak pada ujung catridge atau printhead. Akibatnya, komponen bekerja ekstra yang juga ternyata dapat menyebabkan kerusakan. Cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Anda dapat menghidupkan printer secara berkala, misalkan 1 minggu sekali untuk mencetak beberapa lembar. Dengan demikian, tinta akan selalu cair dan dapat membuat catridge printer Anda awet.
Itulah tadi beberapa penyebab printer cepat rusak dan cara mengatasinya. Semoga dengan artikel ini printer Anda menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu lama. 
Akan tetapi jika tidak ingin yang repot, maka kami akan memberikan saran satu-satunya yaitu dengan mencari jasa layanan perbaikan. Ithelpdesk adalah sebuah jasa layanan terbaik. Selain perbaikan, ithelpdesk juga bisa memberikan pelayanan perawatan, IT support.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)