-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Penyebab Kerusakan Pada Harddisk

Tidak ada komentar
Harddisk merupakan perangkat komputer atau perangkat keras yang bertugas sebagai media penyimpanan utama. Biasanya kerusakan yang terjadi pada harddisk disebabkan oleh produksi, tetapi sering disebabkan oleh faktor manusia. Berikut ini adalah penyebab kerusakan pada harddisk:
1.Terlalu Panas (Over Heat)
Over heat atau terlalu panas merupakan salah satu penyebab harddisk rusak. Semakin lama komputer digunakan semakin panas harddisk tersebut.
2. Terjatuh
Terjatuh juga bisa juga memicu kerusakan pada hardisk. Kita harus lebih berhati-hati melakukan sesuatu yang berhubungan dengan harddisk, entah itu memindahkan komputer, memindahkan harddisk, ataupun memasang harddisk ke komputer.
3. Benturan
Benturan merupakan gesekan yang terjadi dengan benda keras lain. Begitu juga ketika membawa laptop di dalam tas, karena bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari oleh kita.
4. Usia Harddisk
Usia hardisk merupakan salah satu penyebab kerusakan harddisk.Bahkan bukan hanya harddisk saja, setiap komponen elektronik pasti memiliki usia. Oleh karena kita harus melakukan perawatan terhadap hardisk agar memiliki masa yang lebih panjang dan awet.
5. Penggunaan Berlebihan
Komputer yang digunakan terus-menerus dalam waktu lama, akan membuat komponen-komponen yang ada didalamnya cepat rusak termasuk harddisk. Setiap komponen elektronik membutuhkan waktu istirahat setidaknya untuk mendinginkan suhu. Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.
6. Instalasi Berlebihan
Seringnya melakukan install dan unistall pada komputer ataupun laptop juga bisa memicu kerusakan harddisk. installasi perangkat lunak atau sistem operasi, saat proses penginstallan dilakukan, harddisk drive akan bekerja sangat kerasJika hal ini terus dilakukan, biasanya harddisk akan mengalami bad sector, dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya.
7. Listrik Yang Tidak Stabil
Ketidakstabilan listrik tentu akan mempengaruhi putaran harddisk, karena cakram didalam harddisk berputar dengan kecepatan yang tidak stabil. Bad sector pada harddisk dapat disebabkan karena tidak stabilnya listrik. Listrik bisa merusak alat elektronik, termasuk komponen komputer. Listrik yang tidak stabil bisa saja merusak hardisk kita. Beli pencegah stabilizer sesuai kebutuhan anda atau beli UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk mencegah komputer kehilangan listrik secara tiba-tiba.
8. Mematikan Komputer Dengan Memaksa
Saat laptop hang atau macet (not responding) biasanya kita akan menekan tombol power agak lama hingga laptop mati, Tetapi itu bukan shutdown yang normal melainkan shutdown secara paksa. Saat laptop mati secara paksa, cakram didalam hardisk yang tadinya berputar cepat tiba-tiba berhenti. Hal ini menyebabkan harddisk laptop cepat rusak.
Akan tetapi jika tidak ingin yang repot, maka kami akan memberikan saran satu-satunya yaitu dengan mencari jasa layanan perbaikan komputer. Ithelpdesk adalah sebuah jasa layanan komputer terbaik. selain perbaikan, ithelpdesk juga bisa memberikan pelayanan perawatan, IT support.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)