yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Cloud Computing Beserta Prinsip Dan Cara Kerjanya

No comments


Apakah anda mengetahui tentang cloud computing ? Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, cloud computing disebut sebagai komputasi awan. Lalu, apa yang dimaksud dengan komputasi awan ? Sebagai orang awam yang baru ingin belajar mengenal teknologi mungkin kita masih asing dengan istilah tersebut. Cloud computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer atau komputasi dengan pengembangan internet atau di analogikan sebagai awan. Seperti awan yang sering digambarkan dalam jaringan komputer, awan dalam cloud computing juga merupakan abstraksi dari berbagai infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Jadi, cloud computing merupakan suatu metode komputasi ketika kapasitas dan kapabilitas yang terkait dengan teknologi informasi disajikan dalam suatu layanan. Hal ini memudahkan penggunanaya untuk mengakses berbagai hal didalamnya melalui awan atau internet tanpa harus mengetahui ada apa didalamnya, perangkat apa saja yang bekerja, ahli didalamnya, maupun memegang kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Gambaran nyatanya adalah ketika anda mengakses situs media sosial, anda hanya akan melihat foto - foto maupun status postingan teman anda saja tanpa melihat berapa banyak data yang digunakan, berapa besar kapasitas hosting yang digunakan, berapa banyak peralatan atau kabel yang digunakan, maupun berapa banyak pekerja yang terlibat dalam pelayanan media sosial tersebut.

Sebuah makalah yang dipublikasikan oleh IEEE Internet Computing menyatakan bahwa cloud computing merupakan suatu paradigma dimana informasi disimpan secara permanen di server internet dan tersimpan secara sementara di dalam komputer pengguna. Sebelum adanya cloud computing, kita melakukan akses data melalui sebuah server. Tetapi, server memiliki kelemahan yaitu adanya batasan pada kapasitas penyimpanan, processor yang digunakan, dan kapasitas data yang bisa disimpan, sehingga dibutuhkan suatu perangkat yang bisa mencakup semua hal dalam satu tempat. Cloud computing adalah sebuah konsep pemahaman dalam pembuatan kerangka kerja komputasi yang berbasis online lokal (LAN) maupun yang berbasis online global (Internet).

Cloud computing merupakan sebuah teknologi baru yang dikembangkan untuk melengkapi kekurangan perangkat sebelumnya, yaitu server konvensional. Cara kerja dan kapasitas server konvensional tentunya dibatasi dengan jumlah core prosessor, harddisk, dan memory. Maka, tidak mungkin kita membebani suatu perangkat yang memiliki keterbatasan fisik dengan beban maksimal. Tentunya menjadi hal yang sangat merepotkan jika resource atau sumber daya server habis, maka kita diharuskan untuk menginstall ulang seluruh aplikasi dan data di server yang kapasitasnya cukup besar dan memindahkan seluruh aplikasi yang ada ke server yang baru. Hal ini tentunya memakan waktu lama dan juga tidak efisien. Biasanya, untuk melakukan migrasi atau pemindahan data ke server yang baru, membutuhkan waktu sekitar 1 - 2 hari, itupun jika semuanya berjalan lancar. Maka bisa dibayangkan jika terjadi kendala, pasti proses migrasi bisa memakan waktu berhari - hari.

Yang perlu anda ketahui tentang could computing :
  • Secara fisik berupa kumpulan hardware atau server yang tersambung kedalalm sebuah jaringan LAN atau WAN. Tetapi, pengguna hanya melihatnya sebagai sebuah komputer besar.
  • Tidak memiliki batasan terhadap kapasitas processor.
  • Menambahkan sebuah hosting hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  • Jika terdapat kekurangan sumberdaya, baik itu processor, harddisk, maupun memory, maka kita hanya perlu menambahkan server tambahan dan itu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.


Cara mengakses cloud computing dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari melalui akses standar LAN maupun intranet dengan sedikit aplikasi agen atau klien, hingga kepada akses extranet dan internet melalui browser yang terhubung ke sebuah portal aplikasi dari penyedia layanan cloud computing. Berikut ini merupakan beberapa contoh konsep penerapan cloud computing dalam pembuatan kerangka kerja terintegrasi secara online, yaitu :
  • Sebuah portal atau situs internet yang memiliki berbagai fasilitas layanan atau aplikasi seperti email, forum diskusi, hingga penyimpanan dokumen dengan media penyimpanan yang sangat luas, disediakan dalam satu tempat.
  • Layanan software as a service dari berbagai vendor yang terintegrasi dalam satu sistem mulai dari layanan pemindaian virus secara online, hingga layanan pemindaian spam, dll.


Cukup sekian pembahasan mengenai cloud computing pada artikel ini. Nantikan pembahasan menarik lainnya seputar teknologi informasi pada artikel  - artikel selanjutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)