-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Ketahui Cara Tepat Membersihkan Keyboard Pada Laptop

Tidak ada komentar


Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang ada pada laptop atau PC. Keyboard berfungsi untuk memasukkan atau menginput perintah dari user kedalam sistem operasi. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga keyboard supaya selalu berfungsi dengan baik. Salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah mengenai kebersihan keyboard. Terkadang, jika ada kotoran yang masuk kedalam celah keyboard pada laptop, maka laptop kita tidak bisa digunakan untuk mengetik dan bahkan bisa menyebabkan terjadinya error sehingga kita membutuhkan keyboard external untuk melakukan pengetikan. Berbeda dengan keyboard komputer, keyboard laptop membutuhkan perlakuan khusus dalam membersihkannya.

Pembersihan keyboard laptop tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal - asalan. Karena jika anda membersihkannya secara sembarang, justru dapat membuat laptop anda tidak bisa digunakan untuk melakukan proses pengetikan lagi. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui tentang cara membersihkan keyboard pada laptop dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan cara tepat untuk membersihkan keyboard laptop anda, yaitu :

Matikan laptop terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan pembersihan pada keyboard laptop adalah dengan mematikan laptop anda terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korslet pada laptop anda ketika anda sedang melakukan proses pembersihan keyboard. Tentunya sangat berbahaya jika anda membersihkan keyboard laptop saat dalam kondisi menyala. Selain dapat menyebabkan korslet, laptop anda juga dapat mengalami gangguan jika tidak sengaja menekan tombol tertentu yang dapat membuat laptop menjadi error.

Posisikan laptop anda dalam kondisi terbalik

Langkah selanjutnya dalam proses pembersihan keyboard pada laptop adalah dengan memposisikan laptop anda dalam posisi terbalik. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses mengeluarkan kotoran dan debu dari sisi - sisi laptop sehingga berbagai kotoran yang menempel dan bersembunyi didalam keyboard laptop anda dapat keluar sehingga laptop anda pun menjadi bersih.

Tekanlah keyboard seperti sedang mengetik

Langkah selanjutnya untuk membersihkan keyboard adalah dengan menekan - nekan tombol keyboard seperti mengetik sembari laptop diletakkan dalam posisi terbalik. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang mungkin masih menempel pada tombol - tombol keyboard anda. Dengan cara ini, kotoran kotoran yang bersembunyi di bawah keyboard anda bisa dikeluarkan dan tombol keyboard anda menjadi bersih.

Menggunakan brush make up

Setelah membersihkan laptop dalam posisi terbalik, langkah selanjutnya adalah menggunakan brush make up untuk membersihkan tombol keyboard anda. Disarankan supaya menggunakan brush make up yang sudah tidak terpakai karena brush make up tadi akan digunakan untuk membersihkan debu yang ada pada laptop. Brush make up memiliki rambut - rambut halus yang bisa digunakan untuk membersihkan debu yang mungkin masih menempel dan menyelip pada tombol laptop anda.

Sedot debu dengan vacuum cleaner

Langkah terakhir dalam proses pembersihan laptop adalah dengan menyedot debu menggunakan vacumm cleaner mini. Vacum cleaner berfungsi untuk memaksimalkan proses pembersihan laptop dengan cara menyedot sisa sisa debu yang mungkin masih ada pada keyboard laptop anda. Dengan demikian, keyboard laptop anda menjadi bersih dan nyaman untuk digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membersihkan keyboard pada laptop. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel selanjutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)