yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mudah Melakukan Instalasi Printer Di Rumah

No comments


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan printer. Yaps, printer merupakan salah satu alat pelengkap pada perangkat komputer anda yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang sudah anda buat di dalam komputer atau laptop anda. Secara lengkapnya, printer merupakan alat atau piranti yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik yang berupa teks, gambar, maupun grafik di atas kertas atau media lainnya. Printer biasanya terdiri atas beberapa bagian, yaitu :
  • Penggetil (Picker) : Penggetil atau picker merupakan alat yang berfungsi untuk mengambil kertas yang ada didalam baki atau tray.
  • Baki (Tray) : Baki merupakan tempat untuk menaruh atau meletakkan kertas yang akan dicetak.
  • Tinta (toner) : Media yang digunakan untuk memunculkan atau mencetak tulisan, gambar, maupun grafis yang berasal dari komputer.


Untuk menghubungkan dan mengoperasikan printer pada komputer anda, maka anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu, atau bahasa mudahnya disebut sebagai “perkenalan”. Sebenarnya, untuk melakukan intalasi printer tidaklah sulit, tetapi anda harus melakukannya dengan langkah - langkah tepat supaya instalasi yang anda lakukan berhasil dan printer anda bisa dioperasikan pada perangkat komputer yang anda miliki. Melakukan instalasi printer dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan melakukan instalasi secara umum, menggunakan CD driver, atau tanpa menggunakan CD driver. Berikut ini merupakan ulasan mengenai cara melakukan instalasi printer pada komputer, yaitu :

Instalasi umum

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melakukan intalasi printer adalah menggunakan metode instalasi umum. Untuk melakukan instalasi umum, anda harus menghubungkan printer dan komputer anda dengan menggunakan kabel penghubung. Langkah pertamanya adalah dekatkan PC  atau laptop anda dengan printer yang akan dipasangkan. Usahakan jaraknya cukup dekat dan tidak terlalu jauh, supaya kabel power printer dapat terhubung dengan printer tanpa harus ditarik. Selanjutnya, aktifkan printer menggunakan koneksi kabel USB dan lakukan intalasi CD driver yang biasanya tersedia satu paket dengan printer saat printer baru pertama kali dibeli. Setelah printer dan CD driver terinstall secara sempurna, kemudian cek kembali untuk memastikan semua kabel penghubung sudah terpasang dengan benar. Anda bisa memeriksanya dengan membuka menu device and printer di menu control panel.

Instalasi dengan CD driver

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk melakukan instalasi printer adalah dengan menggunakan CD driver. Untuk melakukan metode ini, anda harus menyediakan CD driver yang sesuai dengan merek printer yang anda miliki. Kemudian masukkan CD driver tersebut kedalam ROM drive yang ada pada laptop atau komputer anda. Setelah berhasil masuk kehalaman pemasangan, kemudian ikutilah langkah - langkah atau petunjuk - petunjuk yang tersedia. Setelah proses instalasi selesai, keluarkanlah CD driver tersebut dan untuk mengeceknya, anda bisa membuka halaman printers and faxes pada menu control panel.

Instalasi tanpa CD driver

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk melakukan intalasi printer adalah dengan melakukannya tanpa CD driver. Langkah ini cukup rumit dan jika anda ingin melakukannya, lakukanlah ketika CD driver anda hilang atau bermasalah. Langkah pertamanya adalah masuklah pada menu devices and printers. Kemudian klik add a printer dan terus klik next hingga muncul pilihan printer port. Gunakan port yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil terbaik. Langkah kedua adalah kunjungi situs resmi merek printer yang anda miliki. Kemudian carilah link untuk melakukan download software CD driver yang sesuai dengan printer anda. Jika CD driver sudah diunduh, kamu hanya perlu memasang printer kembali dan lakukan proses intalasi seperti cara melakukan instalasi umum.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melakukan instalasi printer di rumah. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia teknologi.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)