-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Jenis Printer Pencetak Kertas Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tidak ada komentar


Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui cara melakukan instalasi printer. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai beberapa jenis printer pencetak kertas beserta kelebihan dan kekurangan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa printer merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mencetak dokumen baik yang berbentuk teks, gambar, maupun grafik dari PC atau laptop. Media yang digunakan untuk mencetak dokumen dari PC atau laptop tersebut dapat berupa kertas, spanduk, mug, dan sebagainya tergantung dari jenis printernya. Di pasaran, ada banyak sekali jenis printer yang bisa kita beli. Tetapi, printer - printer tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari kebutuhan pemakainya. Pada artikel kali ini, fokus pembahasan kita adalah mengenai jenis - jenis printer pencetak kertas.

Berikut ini merupakan beberapa jenis printer pencetak kertas yang perlu anda ketahui, yaitu :

Printer dot matrix

Printer dot matrix merupakan jenis printer yang menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai pemukul untuk mencetak pada bidang kertas. Dot matrix sendiri merupakan sistem pembentukan karakter dari sejumlah titik - titik menjadi sebuah karakter khusus. Printer jenis ini mempunyai elemen - elemen yang terdiri atas jarum - jarum yang menekan pita sehingga tinta dapat tercetak di atas kertas. Printer dot matrix bekerja dengan cara yang sama seperti mesin sehingga cetakan yang dihasilkan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sama seperti mesin ketik, printer dot matrix hanya menghasilkan warna tunggal sesuai dengan warna pita yang dipasangkan, biasanya berwarna hitam atau merah.

Meskipun printer dot matrix bisa disebut ketinggalan zaman karena pesatnya perkembangan teknologi saat ini, tetapi printer dot matrix masih terus diproduksi karena masih bisa digunakan untuk mencetak dokumen tembusan seperti continues form, kwitansi, dan amplop. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan printer dot matrix yaitu :

Kelebihan :
  • Dapat mencetak rangkap sekaligus.
  • Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.
  • Biaya pita printer yang relatif murah.


Kekurangan :
  • Cetakan terlihat kasar karena dpi dan ppm-nya rendah.
  • Proses cetak yang lambat.
  • Menghasilkan suara yang berisik ketika bekerja.
  • Hanya bisa mencetak satu warna saja.


Printer inkjet

Printer inkjet merupakan jenis printer yang paling banyak dijumpai dan dimiliki oleh masyarakat umum. Printer inkjet bekerja dengan cara menyemprotkan tinta keatas kertas untuk membentuk gambar. Proses pencetakan gambar ini bisa dilakukan karena adanya sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas cetakan dari printer inkjet ini juga hampir menyamai kualitas cetakan printer jenis laser jet yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Selain dapat mencetak dengan tinta warna, printer inkjet juga bisa mencetak dokumen dengan warna hitam putih. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari printer inkjet, yaitu :

Kelebihan :
  • Hasil pencetakan yang lebih cepat dibandingkan dot matrix.
  • Memiliki kualitas cetak yang cukup baik.
  • Tidak terlalu bising ketika mencetak.


Kekurangan :
  • Memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis dot matrix.
  • Harga tinta printer original relatif mahal.
  • Tidak dapat mencetak lebih dari satu rangkap.


Printer laser jet

Printer laser jet merupakan jenis printer generasi terbaru yang lebih canggih dibandingkan printer inkjet dan printer dot matrix. Dalam proses mencetak dokumen, pertama - tama sinar laser akan diarahkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Kemudian, drum tersebut akan berputar melalui toner atau tinta dan bagian pada drum yang mengandung listrik, akan mengambil toner tersebut. Kemudian, dengan kombinasi tekanan dan panas, tinta di drum tersebut dipindahkan ke atas kertas. Printer laser jet bekerja sangat cepat dan catridge atau isi tintanya dapat bertahan lebih lama. Selain itu, kualitas cetakan dari printer laser jet juga sangat tajam dan dapat menghemat penggunaan tinta. Printer jenis ini sangat cocok dimiliki oleh para pengusaha fotocopy maupun sebagai penunjang administrasi kantor. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan printer laser jet, yaitu :

Kelebihan :
  • Kecepatan cetak tinggi.
  • Hasil cetak yang sangat baik.
  • Tidak bising.


Kekurangan :
  • Harga yang relatif mahal.
  • Cepat panas.


Demikianlah pembahasan mengenai jenis printer pencetak kertas pada kesempatan kali ini. Nantikan informasi menarik lainnya pada artikel berikutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)