yes
no
10/Promotion/slider
no

Ketahui Perbedaan Antara Hard Disk Drive Dengan Solid State Drive

No comments


Sebagai orang awam yang kurang memahami teknologi, pasti kita tidak akan terlalu perduli dengan media penyimpanan ketika tengah membeli laptop. Padahal, jenis dari media penyimpanan juga menjadi salah satu unsur penting dalam memberikan kenyaman ketika mengoperasikan laptop. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata HDD dan SSD. Ketika membeli sebuah laptop, sales laptop biasanya akan menawarkan kepada anda jenis laptop HDD dan SSD. Lalu, sebagai orang awam, terkadang kita tidak terlalu perduli dengan media penyimpanan dan akhirnya memilih HDD karena kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan harganya yang relatif lebih murah dibanding SSD.

Tetapi, terkadang anda akan merasa kurang puas ketika laptop HDD yang anda operasikan tidak sesuai dengan espektasi anda. Oleh karena itu, sebelum membeli sebuah laptop, alangkah baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan HDD dan SSD. Hard Disk Drive atau yang disingkat dengan HDD merupakan media penyimpanan yang paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer dan laptop. Sistem penyimpanan hard disk cukup diminati dan banyak penggunanya karena selain memiliki harga yang murah, perangkat hard disk juga memiliki memori penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, banyak pula orang yang memutuskan membeli laptop dengan media penyimpanan hard disk karena tergiur dengan harganya yang murah dan memori penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan SSD.

SSD atau Solid State Drive merupakan media penyimpanan yang sangat nyaman digunakan dan memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan HDD. Salah satu keunggulan dari SSD adalah memiliki kecepatan akses hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Selain itu, Solid State Drive juga tahan terhadap guncangan sehingga data yang telah kita simpan tidka akan hilang meskipun mengalami guncangan. Hal ini berbeda dengan HDD, yaitu ketika laptop kita terguncang atau menglaami guncangan, maka data yang sudah tersimpan juga ikut hilang. Dibalik keunggulannya yang cukup mengagumkan jika dibandingkan dengan HDD, media penyimpanan SSD juga memiliki kekurangan yaitu harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu, anda juga perlu memperhatikan budget yang anda miliki ketika memutuskan membeli laptop yang memiliki media penyimpanan SSD.

Setelah mengetahui definisi dari HDD dan SSD, anda juga perlu mengetahui mengenai perbedaan dari kedua jenis media penyimpanan tersebut, yaitu :

Ukuran dan berat

HDD merupakan teknologi penyimpanan yang sangat bergantung pada putaran piringan, sehingga hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi. Selain itu, berbagai komponen yang terdapat pada HDD seperti platter, head, dan lain - lain turut memberikan pengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD itu sendiri. Sedangkan SSD terbebas dari semua itu karena SSD tetanam pada mother board dan memiliki ukurang yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan HDD. Ukuran SSD juga bisa disusutkan seiring dengan perkembangan zaman.

Komponen dan prinsip kerja

HDD atau Hard Disk Drive tersusun atas beberapa komponen mekanik yang terdiri dari piringan, motor dan lengan yang terhubung dengan piringan. Proses penulisan dan pembacaan data pada HDD juga dilakukan secara mekanis yaitu ketika piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah data menempel pada piringan berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data. Sedangkan pada SSD, proses pengolahan data tidak menggunakan prinsip mekanis. Data yang tersimpan didalam SSD terolah secara otomatis sama seperti pada proses pembacaan dan penyimpanan data di flasdisk dan RAM. Selain itu, komponen yang menyusun SSD juga bukan komponen mekanis elektronis, melainkan hanya tersusun atas intergrated circuit, micro chip, dan kapasitor saja.

Kecepatan akses data

SSD menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan pada proses akses data jika dibandingkan dengan HDD. Kecepatan akses data memory SSD bisa mencapai 8 hingga 10 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan akses data pada HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting hanya dalam waktu 1 detik sedang pada HDD membutuhkan waktu beberapa menit tergantung dari spesifikasinya.

Efek yang ditimbulkan dan harganya

Hard disk drive atau HDD menggunakan prinsip mekanik dalam proses pengolahan datanya, sehingga menimbulkan efek samping yang cukup buruk, yaitu :
  • Menimbulkan panas yang berlebihan.
  • Konsumsi daya listrik yang tinggi.
  • Timbulnya suara bising akibat putaran piringan.


Sedangkan SSD nyaris tidak memiliki efek samping karena tidak menerapkan unsur mekanik. Hal ini tentunya membuat SSD memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
  • Panas atau suhu yang tidak setinggi HDD.
  • Konsumsi daya listrik yang sangat kecil.
  • Tidak menimbulkan suara bising.


Tetapi, sayangnya SSD memiliki harga yang sangat mahal dan penyimpanan memori yang relatif kecil. Harga SSD bisa 9 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD, sehingga anda perlu mempertimbangkan budget yang anda miliki sebelum memutuskan untuk membeli SSD. Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan HDD dan SSD. Semoga informasi yang kami berikan dapat meningkatkan pengetahuan anda dalam bidang teknologi informasi. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel selanjutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)