yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Jenis Kabel Coaxial Beserta Komponennya

No comments


Kabel merupakan salah satu komponen elektronik yang sudah sangat dikenal di masyarakat. Kabel memiliki definisi yaitu sebagai kawat penghantar listrik yang berisolasi tunggal. Kabel berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari sumber listrik ke perangkat listrik. Selain itu, jika digunakan pada perangkat teknologi informasi seperti komputer, laptop, atau printer, kabel berfungsi sebagai penghantar sinyal dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ada banyak sekali jenis kabel yang digunakan sebagai penghantar sinyal pada komputer, diantaranya adalah kabel fiber optic, kabel twisted, dan kabel coaxial. Bagi orang awam, mungkin semua jenis kabel terlihat sama saja, tetapi bagi orang yang menekuni dunia teknologi informasi, berbagai jenis kabel tersebut tentu memiliki kegunaannya masing - masing.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kabel coaxial beserta fungsi dan komponen - komponennya. Kabel coaxial adalah  jenis kabel transmisi data yang terarah. Kabel ini juga sering disebut sebagai Bayonet Neur Connector atau disingkat BNC. Awalnya, kabel coaxial sering digunakan sebagai kabel penghubung pada televisi. Tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi, kabel coaxial juga mulai digunakan pada jaringan komputer. Kabel coaxial merupakan kabel jaringan yang dibungkus dengan lapisan metal yang lunak. Proses instalasi jaringan menggunakan kabel coaxial relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan kabel UTP, tetapi kecepatan akses pada kabel coaxial relatif lebih lambat. Kabel jenis ini paling efektif digunakan pada sistem jaringan dengan kapasitas sedikit atau terdiri dari beberapa perangkat saja. Hal ini karena kecepatan akses dari kabel coaxial tidak memungkinkan untuk digunakan pada jaringan yang memiliki kapasitas besar.

Dalam jaringan komputer, kabel coaxial berfungsi untuk menghubungkan perangkat - perangkat yang ada didalam jaringan tersebut, seperti untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel coaxial tidak digunakan dalam sistem jaringan yang menggunakan topologi star. Hal ini karena topologi star melibatkan banyak perangkat didalamnya sehingga hanya cocok menggunakan kabel jenis UTP sebagai media transmisinya. Kaber coaxial biasanya digunakan pada sistem jaringan dengan topologi bus yang titik percabangannya dihubungkan menggunakan TConector dan menggunakan konektor BNC untuk koneksi tiap node nya. Kabel coaxial tersusun atas beberapa komponen yang saling melengkapi satu sama lain, yaitu kabel tembaga yang berfungsi sebagai konduktor listrik, lapisan plastik yang berfungsi sebagai dielectric insulator, Lapisan metal yang berfungsi untuk melindungi inti kabel, dan lapisan plastik pelindung yang berfungsi untuk melindungi bagian - bagian penting yang ada pada kabel tersebut.

Jenis kabel coaxial

Kabel coaxial memiliki beberapa jenis yang berbeda - beda berdasarkan kegunaannya. Berikut ini merupakan beberapa jenis kabel coaxial yang perlu anda ketahui, yaitu :

Kabel coaxial berukuran tebal

Jenis kabel coaxial berukuran tebal ini juga sering disebut dengan Thicnet 10base5. Angka 5 pada kata 10base5 memiliki artian yang merujuk pada maksimal atau jarak yang dapat dijangkau oleh kabel coaxial jenis ini. Kabel coaxial dapat memiliki panjang hingga 500 meter dan ketebalan 10 mm. Kabel coaxial jenis ini sering digunakan sebagai standar kabel LAN. Selain karena bentuk fisiknya, kabel coaxial jenis ini juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki bandwith yang lebar sehingga sering digunakan untuk melakukan komunikasi secara broadband.

Kabel coaxial berukuran tipis

Kabel coaxial jenis ini juga sering disebut sebagai Thinnet 10base2. Kabel ini hanya memiliki panjang 200 meter saja. Berbeda dengan jenis kabel coaxial berukuran tebal, kabel coaxial jenis ini lebih banyak digunakan untuk membangun jaringan kecil seperti pada gedung sekolah. Kelebihan dari kabel coaxial berukuran tipis ini adalah dapat digunakan secara flexible dan mudah digunakan saat proses instalasi. Kabel ini juga dapat langsung dihubungkan pada komputer dengan menggunakan konektor BNC.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis kabel coaxial beserta komponen - komponen lainnya. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel berikutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)