-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

5 Cara Tepat Merawat Komponen Laptop Agar Laptopmu Panjang Umur

Tidak ada komentar
5 Cara Tepat Merawat Komponen Laptop Agar Laptopmu Panjang Umur

Agar laptopmu awet, pastikan kamu tahu cara merawat laptop yang tepat. Perawatan laptop yang salah bisa memperpendek umur laptopmu!

Laptop merupakan perangkat elektronik yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Laptop sendiri merupakan penyederhanaan dari jenis komputer tabung. Pada awalnya, perangkat komputer yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah jenis komputer tabung.

Tetapi, karena dimensinya yang besar, bobot yang berat, serta jumlah perangkat yang banyak, maka para pakar teknologi pun menciptakan laptop atau komputer jinjing yang lebih ringan, efisien, dan mudah dibawa kemana saja. Selain memiliki bobot yang lebih ringan dari komputer tabung, laptop atau komputer jinjing ini juga memiliki kemampuan multitasking yaitu dapat menjalankan semua program dalam satu perangkat, mulai dari menjalankan program CPU, Webcam, monitor, dan sebagainya.

Dewasa ini, laptop sudah menjadi kebutuhan hidup yang wajib dimiliki terutama oleh pekerja kantoran. Selain dapat memudahkan berbagai jenis pekerjaan kantor, laptop juga sangat mudah dibawa kemana - mana sehingga anda dapat mengerjakan pekerjaan kantor dimanapun dan kapanpun.

Laptop juga cukup populer dikalangan pelajar dan mahasiswa. Mereka sering memanfaatkan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas dari sekolah maupun dari kampus. Oleh karena itu, maka tidak heran jika laptop harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik supaya tetap dapat diandalkan untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan kantor.

Sama seperti personal komputer, laptop juga memiliki berbagai komponen. Hanya saja, komponen laptop ada yang dapat dilihat langsung dengan mata seperti keyboard dan monitor, dan ada pula yang berada didalam laptop tersebut seperti processor, CPU, dan lain - lain.

Supaya laptop yang anda miliki tetap dalam keadaan baik dan dapat menjalankan berbagai program dengan optimal, maka anda harus selalu merawat berbagai komponen yang ada pada laptop. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara tepat merawat komponen laptop yang perlu anda ketahui, yaitu :

Tips dan Cara Merawat Laptop dan Memperpanjang Masa Pakai Laptop

Sama seperti jenis perangkat elektronik lainnya, laptop juga memiliki masa pakai. Biasanya, laptop akan bekerja secara optimal selama 5 tahun setelah pembuatan dan mulai berkurang performanya jika sudah melawati batas tersebut.
Baca juga: Laptop Sering Blue Screen? Ini Penyebab dan Solusinya!
Tetapi, masa pakai laptop juga bisa lebih pendek dan singkat jika anda menggunakannya secara ceroboh, sembrono, dan tidak memperhatikan berbagai hal. Laptop bisa menjadi cepat rusak dan alhasil, anda harus mengganti laptop anda dengan laptop yang baru kurang dari 5 tahun.

Tentunya sangat disayangkan jika laptop anda rusak atau sudah tidak bisa digunakan lagi sebelum jangka waktu 5 tahun. Terlebih lagi, harga laptop yang cukup mahal bisa cukup menguras kantong anda. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan petunjuk atau tutorial berikut ini:

1. Gunakan tas laptop yang tepat

Laptop sudah menjadi perangkat yang wajib dimiliki oleh pelajar dan mahasiswa, terlebih lagi dalam situasi pandemi covid-19 kali ini yang membuat semua proses pendidikan dilakukan secara daring. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai penyimpanan laptop.

Pastikan untuk selalu menggunakan tas laptop yang tepat yang memang khusus didesain untuk menyimpan laptop, karena biasanya tas laptop sudah didesain tahan goncangan sehingga laptop anda tetap aman ketika dibawa maupun disimpan dimanapun.

2. Simpanlah laptop ditempat yang tepat

Pastikanlah anda menyimpan laptop anda dengan baik dan benar. Jangan sekali - kali menyimpan atau meletakkan laptop anda disamping perangkat elektronik yang berhawa panas seperti kulkas dan televisi karena hal tersebut dapat membuat laptop menjadi rusak serta tidak dapat digunakan lagi. Selain itu, simpanlah laptop pada tempat yang aman dan jauh dari barang - barang berbahaya yang dapat merusak laptop.


3. Gunakan stabilizer listrik

Terkadang, salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop adalah tidak berfungsinya baterai laptop dengan baik. Jika mengalami hal tersebut, anda tidak perlu panik. Laptop tetap masih bisa digunakan dengan cara mencabut baterai laptop tersebut kemudian menyambungkan langsung laptop ke stop kontak atau sumber listrik.

Tetapi, cara ini dapat menimbulkan risiko yaitu dapat merusak komponen laptop jika dilakukan terlalu sering. Untuk mengatasinya, anda perlu menggunakan stabilizer listik. Stabilizer listik sendiri berfungsi untuk menjaga arus listrik supaya tetap stabil serta dapat mempertahankan kenyamanan anda dalam bekerja.

4. Jangan makan dan minum dekat laptop

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa disadari adalah kita sering makan atau minum dekat dengan laptop. Terkadang kita sering meletakkan minuman disamping laptop saat sedang mengerjakan tugas atau saat sedang menonton drakor, atau sering makan cemilan saat sedang menyaksikan serial anime favorit.

Hal tersebut tentunya sangat berisiko karena minuman yang tumpah maupun remahan makanan yang masuk kedalam keyboard laptop tentunya dapat mengganggu kinerja laptop bahkan dapat merusak laptop tersebut. Oleh karena itu, usahakan untuk makan dan minum jauh dari laptop.

5. Bersihkan laptop secara berkala

Menjaga kebersihan laptop merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Jangan biarkan debu menumpuk pada laptop anda bahkan sampai masuk kedalam keyboard. Hal ini tentunya dapat mengganggu fungsi laptop sehingga pekerjaan andapun dapat terganggu serta dapat mempersingkat usia laptop. Oleh karena itu, anda harus membersihkan laptop secara berkala.

Anda bisa membersihkan layar laptop menggunakan lap dan cairan khusus yang memang didesain utnuk membersihkan laptop serta anda dapat membersihkan keyboard laptop anda menggunakan vacum cleaner mini.
Baca juga: Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya
Demikianlah pembahasan mengenai cara tepat merawat komponen laptop. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Jika laptop anda mengalami kendala ataupun masalah yang tidak dapat anda selesaikan sendiri, anda tidak perlu panik. Anda hanya perlu menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 untuk mendapatkan penanganan dan penyelesaian lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)