-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Rutin Ganti Thermal Paste Bisa Menjaga Performa Laptopmu, Kapan Waktu yang Tepat?

No comments

Rutin Ganti Thermal Paste Bisa Menjaga Performa Laptopmu, Kapan Waktu yang Tepat?


Agar laptop tetap prima, jangan lupa untuk ganti thermal paste secara berkala. Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Laptop merupakan salah satu jenis perangkat elektronik yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua orang membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas mereka, baik itu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, mengerjakan tugas sekolah, bermain game, dan berbagai aktivitas lainnya.

Sebagian orang bahkan rela merogoh koceknya lebih dalam untuk membeli laptop berspesifikasi tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Hal ini karena beberapa bidang pekerjaan seperti programmer, android developer, maupun design grafis memerlukan spesifikasi laptop yang lebih tinggi daripada laptop yang hanya digunakan untuk aktivitas harian.

Semahal apapun harga laptopnya, jika sudah digunakan diatas 3 tahun maka performanya pasti akan menurun. Nah, pada saat itulah anda harus melakukan peremajaan terhadap laptop anda, salah satunya adalah dengan cara mengganti thermal paste lama atau bawaan laptop dengan thermal paste yang baru. Tetapi, tahukah anda apa yang dimaksud dengan thermal paste.

Jika anda adalah orang yang memang sudah berkecimpung dalam dunia teknisi laptop, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan thermal paste. Tetapi, bagi anda yang sangat awam dengan teknologi, anda mungkin belum mengetahui apa yang dimaksud dengan thermal paste. Oleh karena itulah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian thermal paste dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti thermal paste.

Pengertian thermal paste beserta fungsinya

Thermal paste merupakan pasta yang dioleskan antara permukaan processor dengan dasar kipas processor yang berfungsi untuk meningkatkan konduktivitas thermal antara dua permukaan dengan cara mengisi celah - celah mikroskropis.

Perlu diketahui bahwa fungsi utama dari thermal paste bukan untuk mendinginkan processor, melainkan untuk mempercepat proses penghantaran panas dari processor ke heatsink atau kipas processor sehingga processor tidak akan cepat panas.

Thermal paste adalah pasta penghantar panas yang sangat tinggi yang digunakan diantara dua buah obyek atau benda supaya dapat menghantarkan panas dengan lebih baik. Pasta ini mengisi rongga mikroskropis yang terbentuk diantara dua buah obyek yang dapat menjebak udara didalamnya sehingga dapat menghambat pelepasan panas menuju heatsink.

Thermal paste sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
Baca juga: Ciri-Ciri Prosesor Rusak

1. Metal based

TIM (Thermal Interface Materials) ini merupakan jenis thermal paste yang paling populer dan banyak digunakan karena memiliki performa terbaik dibandingkan jenis lainnya. Pasta ini mengandung banyak partikel logam kecil yang memiliki konduktivitas panas yang sangat tinggi.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena panas dari processor dapat dihantarkan secara maksimal menuju heatsink. Tetapi, thermal paste jenis ini juga memiliki kelemahan yaitu dapat menghantarkan listrik yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop.

2. Ceramic based

TIM jenis ini merupakan solusi terbaik jika anda tidak ingin menggunakan thermal paste metal based karena dapat menghantarkan listrik. Thermal paste ceramic based mengandung bahan konduktif atau penghantar panas yang banyak mengandung partikel keramik kecil. Keuntungan dari penggunaan thermal paste ceramic based adalah pastanya tidak dapat menghantarkan listrik sehingga sangat aman untuk digunakan.

3. Sillicon based

TIM jenis ini biasanya disediakan langsung dalam bentuk thermal pad atau bantalan thermal yang sudah terpasang pada paket heatsink. Thermal paste jenis ini dapat menghantarkan panas dengan baik dan kualitasnya juga tidak berbeda jauh dengan jenis thermal paste lainnya. Thermal paste sillicon based biasanya dijual satu paket dengan heatsink.

4. Thermal epoxy

TIM jenis ini merupakan thermal paste yang berbentuk minyak biasa dan diterapkan secara permanen pada heatsink. Tetapi, penggunaan thermal paste jenis ini tidak dianjurkan untuk beberapa kasus, meskipun masih ada yang menggunakannya. Hal ini karena thermal paste yang sudah terpasang dalam waktu lama biasanya tidak dapat bekerja secara maksimal. Tetapi, bagi anda yang malas untuk mengganti thermal paste, mungkin thermal paste jenis thermal epoxy merupakan pilihan terbaik.

Salah satu contoh penggunaan thermal epoxy yang paling sering dilakukan adalah untuk merekatkan heatsink dengan chipset kartu video. Tetapi, penggunaan thermal paste jenis ini juga dapat menimbulkan kerugian, yaitu sulit dalam proses penggantian karena heatsink menempel lebih kuat dibandingkan jenis lainnya.

Tetapi, ketika anda berniat untuk mengganti thermal paste jenis thermal epoxy dengan jenis termal lainnya, maka masukkanlah kartu video atau video card kedalam freezer sebelum mengupasnya. Hal ini karena suhu yang rendah akan membuat thermal epoxy menjadi rapuh sehingga akan menjadi lebih mudah untuk mengupasnya atau membersihkannya.

Akibat jika tidak mengganti thermal paste

Thermal paste merupakan salah satu komponen laptop yang paling sering dilupakan padahal akibatnya sangat fatal jika anda sampai lupa untuk menggantinya. Processor dan heatsink yang tidak diolesi thermal paste akan mengalami overheat dan penigkatan suhu yang luar biasa tinggi bahkan bisa mencapai angka 100 derajat celcius.

Hal ini tentunya dapat membuat laptop anda sering mengalami hang dan mati mendadak serta dapat membuat laptop anda berumur pendek. Thermal paste yang tidak pernah diganti juga dapat membuat processor dan heatsink menjadi lebih lengket sehingga sulit dilepaskan. Jika hal ini dipaksakan, maka akan mengakibatkan kerusakan pada salah satu komponen tersebut. Oleh karena itu, gantilah thermal paste pada laptop atau komputer anda secara berkala supaya kinerja komputer anda tetap optimal.

Meskipun tidak ada aturan baku seberapa lama thermal paste harus diganti, kebanyakan orang menggantinya ketika komputer mulai mengalami masalah sekitar 2 sampai 3 tahun sejak pembelian pertama. Tetapi, alangkah baiknya anda mengganti thermal paste sebelum laptop anda mengalami masalah, bisa 3 bulan, 6 bulan, ataupun satu tahun sekali. Asalkan, anda jangan sampai lupa untuk mengganti thermal paste pada laptop anda supaya laptop anda tidak mengalami masalah yang cukup fatal.

Demikianlah pembahasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti thermal paste. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai fungsi dan manfaat dari penggunaan thermal paste.

Tetapi, jika laptop atau komputer anda mengalami kendala ataupun masalah yang tidak dapat anda selesaikan sendiri, anda tidak perlu panik. Anda dapat melakukan service pasta komputer dengan cara menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan penanganan dan penyelesaian lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)