-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Ciri-Ciri Processor Rusak

Tidak ada komentar

Processor merupakan salah satu komponen komputer yang paling penting dan berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Prosesor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, prosesor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Oleh karena itu ketika perangkat yang satu ini mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan bahwa komputer yang kamu miliki tidak akan bekerja sama sekali. Salah satu hal yang perlu kamu ketahui agar dapat merawat komputermu dengan baik oleh karena itu adalah mengidentifikasi ciri ciri processor rusak sejak awal agar apabila terjadi kerusakan tidak parah dan kamu bisa segera menggantinya, sehingga kerusakan processor tersebut tidak akan mengganggu kinerja atau aktivitasmu. Demikian, berikut ini adalah ciri-ciri processor rusak yang perlu diketahui:

1. Komputer Hanya Menyala Sebentar
Ketika pengguna menekan menekan tombol power namun menyalanya hanya sementara dan setelah itu kadang kala mati lagi dan tiba-tiba menyala lagi dan seterusnya. Artinya komputer mengalami restart berulang-ulang. Dan jika pada saat diperiksa perangkat keras lain baik-baik saja, maka dapat dipastikan bahwa processor yang kamu miliki mengalami permasalahan-permasalahan tertentu, bahkan bisa jadi telah mengalami kerusakan yang cukup parah karena tidak dapat menyala atau berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

2. Gagal Saat Membuka Program Tertentu
Pada saat membuka program yang membutuhkan pengolahan data dengan jumlah yang cukup besar, sering kali terjadi error yang sangat random seperti masalah RAM, data corrupt dan lain sebagainya. Apabila hal tersebut sering terjadi, maka besar kemungkinan processor yang kamu miliki mengalami beberapa kerusakan tertentu sehingga tidak dapat menjalankan operasi dengan sempurna. Untuk dapat mengetahui apakah terjadi error atau tidak, maka kamu bisa mengamati konsistensinya. Apabila komputermu selalu mengalami error pada pekerjaan yang membutuhkan resource besar, seperti extracting file besar, instalasi OS, main game dengan kualitas tinggi, dan lain sebagainya, kemungkinan besar processor laptopmu mengalami permasalahan.

3. Komputer Mati Tiba-Tiba Saat Bekerja
Hal ini terjadi biasanya karena processor komputer anda mengalami patah pada salah satu jumper pinnya. Atau karena sering mengalami overheat sehingga menyebabkan segi fisik processor mengalami beberapa kerusakan yang cukup parah. Sehingga wajar saja jika processor tidak dapat berjalan dengan normal. Tapi tentu saja komputer tiba-tiba mati tidak hanya disebabkan oleh kerusakan processor. Tidak stabilnya tegangan PSU dan overheating RAM yang cukup parah serta dapat menyebabkan masalah seperti ini.

4. Komputer Tidak Menyala (Blank Screen)
Processor komputermu rusak adalah terjadinya blank screen ketika anda menyalakan komputer atau laptop. Blank screen terjadi karena BIOS tidak menanggapi apapun, hal itu dikarenakan prosesor atau otak komputer telah mengalami kerusakan. Blank screen adalah kejadian dimana anda menyalakan komputer, namun monitor atau layar tidak menunjukkan gambar apapun. Ini merupakan salah satu tanda yang disebabkan dan bisa jadi karena kerusakan processor. Jika kejadiannya seperti ini, maka mau tidak mau anda harus mengganti processor secepatnya. Anda bisa memilih processor baru, entah itu AMD, Intel, ARM, Cyrix atau yang lainnya. Mengganti processor tidak semudah yang dikira, karena jika processor komputer tersolder ke motherboard, otomatis anda harus mengganti motherboard komputer sekaligus dengan processornya. Selain menambah biaya, tentu saja mengganti motherboard sekaligus processor harus membutuhkan ahli. Perlu diketahui bukan berarti blank screen hanya disebabkan oleh processor yang rusak, bisa jadi banyak kemungkinan seperti disebabkan memori RAM rusak, VGA rusak, patahnya kabel monitor, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memastikan bahwa perangkat yang lain baik-baik saja sebelum kamu menyimpulkan bahwa laptopmu mengalami kerusakan pada processornya.

5. Komputer Tidak Menyala Sama Sekali
komputer yang tidak dapat menyala sama sekali salah satunya disebabkan oleh processor yang telah mengalami kerusakan. Padahal perangkat-perangkat komputer yang lain seperti misalnya PSU, VGA, RAM, motherboard dan lain sebagainya telah dipastikan bekerja dengan baik. Apabila ini terjadi pada komputermu, jelas artinya bahwa kamu harus segera mengganti processor yang kamu miliki agar kamu bisa kembali bekerja dengan baik karena apabila hal tersebut tidak kamu ganti, maka selamanya komputermu tersebut tidak akan bisa bekerja sesuai dengan yang seharusnya.

6. Melihat Keadaan Fisik Processor
Tentu saja untuk apabila kamu ingin memastikan lebih lanjut apakah processormu benar-benar mengalami kerusakan atau tidak, maka kamu bisa melakukannya dengan cara melihatnya dari segi fisik processor yang kamu miliki itu sendiri. Ciri fisik bahwa processor yang kamu miliki mengalami kerusakan adalah adanya patah pada jumper pin, kemudian hangus atau terbakar pada beberapa bagian dari processormu, putusnya saluran listrik, memudarnya fotolitografi, dan lain sebagainya. Apabila dari segi fisik saja processormu telah mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan processormu tidak akan dapat berfungsi lagi dengan baik.

Itulah beberapa ciri-ciri dari processor rusak yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Dengan mengetahui ciri-ciri di atas maka kamu pasti dapat mengetahui apakah processormu mengalami kerusakan atau tidak. Akan tetapi tentu saja apabila kamu belum berpengalaman dalam melakukan pembongkaran perangkat keras komputermu, maka sangat disarankan bagimu untuk berhati-hati dan apabila memang tidak memungkinkan, silakan gunakan jasa Ithelpdesk untuk memeriksa bagaimana kondisi processor yang kamu miliki.
Perlu diketahui, Ithelpdesk tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan perawatan komponen komputer, keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Ithelpdesk.co.id.



author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)