-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen Laptop atau Komputer

No comments
Komputer dan Laptop Kena Bluescreen

Laptop bluescreen memang menjadi salah satu masalah umum dari komputer. Kenali penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat!

Komputer kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Tidak hanya gaya hidup, komputer bahkan sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, komputer juga tidak luput dari masalah atau gangguan teknis. Salah satu jenis gangguan teknis yang sering ditemui meskipun jarang terjadi adalah terjadinya bluescreen. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan bluescreen ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian blue screen dan cara mengatasi laptop dan komputer yang mengalami bluescreen.

Pengertian bluescreen

Bluescreen atau yang juga dikenal dengan sebutan BSOD (Blue Screen Of Death) merupakan suatu gangguan teknis yang terjadi pada komputer yang biasanya disebabkan karena adanya masalah yang terjadi pada hardware maupun software yang ada pada komputer. Seperti namanya, bluescreen dapat membuat program komputer menjadi terhenti dan muncul layar biru disertai dengan tulisan - tulisan pemberitahuan error.

Bluescreen juga dapat mengindikasikan bahwa telah terjadi kerusakan pada salah satu komponen komputer baik pada bagian hardware maupun software. Kerusakan yang terjadi pada kasus bluescreen tidak sama seperti kasus error biasa contohnya bug/error. 

Kerusakan yang terjadi akibat bluescreen lebih merujuk kepada kerusakan fatal dan dapat menyebabkan komputer restart dengan sendirinya. Hal paling buruk yang terjadi ketika mengalami bluescreen adalah semua data yang sedang kita kerjakan akan hilang dan tidak dapat dipulihkan lagi. Terlebih jika data yang sedang kita kerjakan merupakan data penting, pasti akan sangat menjengkelkan jika kita mengalami bluescreen.
Mungkin anda juga mengalami: Cara Merapikan Data atau Defragment pada Komputer

Penyebab bluescreen pada komputer atau laptop

Bluescreen yang terjadi pada komputer atau laptop umumnya disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware maupun software yang ada pada komputer tersebut. Kerusakan fatal yang dapat meyebabkan bluescreen pada laptop atau komputer biasnaya terjadi karena :

Terjadi kerusakan pada chip BIOS.

Pemasangan hardware yang salah seperti RAM tidak terpasang dengan benar, masalah slot pada VGA/Lan card, kabel SATA/PATA yang tidak terpasang dengan baik, dan berbagai penyebab lainnya.
  1. Kerusakan pada connector USB.
  2. Kerusakan pada harddisk.
  3. Kerusakan pada motherboard.
  4. Bug atau cacat yang terjadi pada software yang anda gunakan.
  5. Error pada bagian registry.
Bluescreen dapat terjadi pada hampir semua sistem operasi, tetapi paling sering terjadi pada sistem operasi windows. Bagi sebagian orang, kondisi bluescreen mungkin menjadi sangat menakutkan karena dapat menghapus data yang sedang kita kerjakan.

Tetapi, sebenarnya bluescreen dapat menjadi cukup bermanfaat karena kita menjadi tahu bahwa komputer atau laptop kita sedang mengalami masalah atau terdapat kerusakan sehingga kita bisa segera mengatasinya.

Cara mengatasi bluescreen pada laptop atau komputer

Untuk mengatasi bluescreen pada laptop atau komputer, sebenarnya anda hanya perlu memperhatikan pesan kesalahan yang muncul pada layar bluescreen tersebut. Hal ini karena pesan kesalahan yang muncul tersebut menunjukkan bagian komputer yang mengalami masalah. Berikut ini merupakan jenis pesan kesalahan atau kode yang muncul pada bluescreen beserta cara mengatasinya, yaitu :

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Pesan kesalahan ini muncul ketika terjadi kesalahan yang disebabkan karena adanya ketidakcocokan antara hardware atau perangkat dengan driver yang terinstall di komputer. Penyebab bervariasi, mulai dari masalah driver yang bentrok atau tidak cocok, masalah videocard yang di overlock hingga melebihi batas, masalah kesalahan konfigurasi audio card, hingga setting BIOS yang kurang tepat. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara :

1. Kemungkinan muncul setelah menginstall driver, system service, maupun firmware yang salah. Jika pesan stop memberikan daftar nama driver, disable, hapus, atau rollback, maka ada yang salah pada driver tersebut. Jika mendisable atau menghapus driver tersebut dapat menyelesaikan masalah, maka anda dapat menghubungi manufactur device yang bermasalah tersebut untuk kemungkinan update driver yang tersedia.

2. Pesan stop ini juga dapat muncul karena adanya hardware yang rusak atau bermasalah. Jika pesan tersebut memunculkan kategori device tertentu seperti video atau disk adapter, cobalah untuk melepas atau mengganti hardware tersebut untuk menentukan apakah benar hardware tersebut yang menjadi sumber masalahnya.

3. Jika anda mendapati pesan stop ini muncul ketika anda sedang mengupdate windows, maka ada kemungkinan permasalahan terjadi karena driver yang tidak kompatibel, system service, scanner virus, dan backup. Untuk mencegah hal ini, anda dapat mensetting hardware anda menjadi seminim mungkin fiturnya sebelum mengupdate windows. Jika cara ini tidak berhasil juga, maka langkah terakhir adalah dengan mengubah settingan BIOS menjadi seperti semula.
Mungkin anda juga mengalami: Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

NTFS_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)

Pesan kesalahan ini muncul ketika masalah berada pada bagian partisi atau systemnya, bukan pada bagian hardisk. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara :

1. Melakukan pengecekan terhadap kabel SATA atau PATA atau anda dapat mengecek partisi dengan tools chkdsk.

2. Cek tools yang biasa anda gunakan untuk memonitor sistem yang berjalan secara terus menerus seperti antivirus, program backup, dan program disk defragmenter apakah sudah kompatibel dengan sistem windows anda.

3. salah satu penyebab dari munculnya pesan kesalahan ini adalah terkurasnya memori nonpaged pool yang menyebabkan sistem berhenti beroperasi. Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara menambah RAM. Dengan adanya penambahan RAM, maka kuantitas penyimpanan memori nonpaged pool akan meningkat sehingga sistem dapat kembali bekerja seperti sedia kala. 

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan kesalahan ini muncul ketika terjadi overlock terhadap hardware secara berlebihan, komponen komputer yang kepanasan, BIOS yang korup, serta memory atau CPU yang cacat.

DATA_BUS_ERROR

Pesan kesalahan ini muncul ketika terjadi kerusakan pada bagian memory atau slot memory yang terdapat pada motherboard. Tetapi, pesan kesalahan ini juga bisa menandakan adanya kerusakan pada bagian motherboard atau hardisk. Untuk mengatasi hal ini, anda hanya perlu mengganti hardware yang rusak saja.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA (0X00000050)

Pesan kesalahan ini muncul disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware termasuk memory utama, memory video card, atau memory yang terdapat pada processor, serta software yang tidak kompatibel. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda bisa mengatasinya dengan cara :

1. Jika anda memasang hardware baru sebelum terjadinya error, anda dapat melepas dan mengganti hardware tersebut dengan yang baru untuk menentukan apakah hardware tersebut yang menjadi penyebab utama dari kerusakan yang terjadi. Anda juga dapat menjalankan software diagnosa dari penyedia pihak ketiga untuk mengecek apakah hardware anda mengalami kerusakan atau tidak.

2. Pesan kesalahan ini juga dapat terjadi ketika anda menginstall driver yang salah. Jika pesan kesalahan tersebut menyebutkan nama sebuah file, maka cobalah untuk mendisable, menghapus, ataupun melakukan rollback terhadap drivernya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi bluescreen pada komputer dan laptop. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai cara mengatasi bluescreen pada laptop dan komputer. Tetapi, jika laptop atau komputer anda mengalami kendala ataupun masalah yang tidak dapat anda selesaikan sendiri, anda tidak perlu panik. 

Anda dapat melakukan service laptop bluescreen dengan menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan penanganan dan penyelesaian lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)