-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Ada Berbagai Macam, Berikut Perbedaan dari Jenis Processor di Pasaran

No comments

 

Intel dan AMD adalah contoh dari processor yang banyak beredar di pasaran. Sebenarnya apa perbedaaan dari jenis processor tersebut?

Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang diciptakan untuk memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Sama seperti manusia, komputer juga memiliki otak atau komponen yang bertugas untuk mengolah berbagai fungsi dan program yang ada pada komputer tersebut. Komponen yang berperan sebagai otak pada komputer disebut dengan nama processor. Secara garis besar, processor merupakan komponen paling penting yang ada pada komputer. 

Processor sendiri berperan seperti otak pada komputer. Salah satu fungsi utama processor adalah melakukan manajemen arus data untuk menghindari terjadinya stack data dalam operasi komputer. Proses manajemen arus data yang dilakukan oleh processor juga menggunakan perhitungan yang sangat kompleks dan akurat sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan perintah pada sistem operasi. 

Tiga bagian utama dari Processor Komputer

  1. Aritmatik Logical Unit (ALU): Merupakan bagian dari processor yang bertugas untuk melakukan perhitungan aritmatika yang dijalankan dengan instruksi kode program yang sudah ada.
  2. Control Unit (CU): Merupakan bagian dari processor yang berfungsi untuk melakukan kendali atas proses yang terjadi pada processor.
  3. Memory Unit (MU): Merupakan dari processor yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses dengan kategori sangat cepat.
 
Umumnya, processor hanya memproses semua informasi data yang diterima dari input, dan kemudian diolah untuk menghasilkan output. Dalam melakukan tugasnya, processor tidak dapat bekerja sendiri, melainkan membutuhkan dukungan perangkat lain seperti hardisk dan RAM. Hardisk sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang dihasilkan oleh processor. Sedangkan RAM berfungsi sebagai jembatan penghubung antara hardisk dengan processor. 

Dalam memproses sebuah data, processor biasa memprosesnya dengan waktu yang cepat ataupun lambat tergantung dari kecepatan processor itu sendiri. Satuan kecepatan pada processor adalah megahertz (Mhz) dan gigahertz (Ghz). 
Mungkin anda juga mengalami: Memperbaiki Kerusakan Pada RAM
Kecepatan pemrosesan data pada processor mampu mencapai kecepatan 400 gigahertz yang berarti processor pada komputer mampu untuk menjalankan 400 miliar perintah dalam sekali proses. 
Angka tersebut merupakan angka yang luar biasa dalam perkembangan teknologi dewasa ini. Tetapi, tidak semua processor dapat mencapai angka tersebut. Hal ini karena processor juga terbagi menjadi beberapa jenis yang tentunya ikut berpengaruh dalam kecepatan pada processor tersebut.

Beberapa Jenis Processor yang Beredar di Pasaran


1. Processor Intel

Intel merupakan merk processor yang paling populer dan paling banyak digunakan. Processor intel merupakan produk yang dibuat oleh perusahan intel corporation. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan tentunya sudah sangat berpengalaman dan telah menghasilkan berbagai jenis processor berkualitas dari zaman ke zaman. 

Processor besutan intel ini dirancang untuk tahan terhadap panas. Selain itu processor dengan merek intel juga memiliki turbo boost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan dalam melakukan pemrosesan data. Beberapa produk keluaran intel yang banyak beredar dimasyarakat antara lain intel atom, intel celeron, intel core i3, intel core i5, intel core i7, dan masih banyak lagi.

2. Processor AMD (Advanced Micro Processor)

AMD merupakan perusahaan produsen processor terbesar kedua setelah intel. Produk - produk keluaran AMD juga menjadi pesaing terberat bagi produk - produk keluaran intel. Perusahaan AMD sendiri sudah berdiri dan menghiasi dunia teknologi sejak tahun 1969, atau satu tahun lebih muda dari perusahaan intel.

Processor keluaran AMD umumnya sangat disukai oleh para gamers karena produk - produk keluaran AMD biasanya sudah dilengkapi dengan graphic card. Beberapa jenis produk keluaran AMD yang dapat anda temui dipasaran diantaranya AMD E2, AMD A4, AMD A9 dan masih banyak lagi jenis lainnya.

3. Processor ARM

ARM sendiri merupakan jenis processor yang diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan ARM Limited yang bermarkas di kota cambridge, Inggris. Processor ARM merupakan jenis processor 32 bit yang biasanya banyak terdapat didalam smartphone.

Perusahaan ARM sendiri sudah berdiri dan mulai memproduksi processor pada tahun 1990 dengan nama Advanced RISC Machines. Processor ARM memang didesain khusus untuk berfokus pada pasar mobile, bukan pada pasar komputer seperti intel dan AMD.

Beberapa jenis processor yang dikeluarkan oleh perusahaan ARM diantaranya qualcomm snapdragon, texas instrument OMAP, nvidia tegra, dan sebagainya.
Mungkin anda juga mengalami: Ciri-Ciri Processor Rusak

4. Processor Cyrix

Processor cyrix merupakan jenis processor yang diproduksi oleh perusahaan cyrix. Perusahaan yang bermarkas di texas, Amerika serikat ini mulai memproduksi processor pada tahun 1988. Perusahaan ini berfokus pada pembuatan dan pengembangan microprocessor untuk komputer.

Dari segi kecepatan, processor ini memiliki kemampuan yang cukup optimal. Tetapi jika dilihat dari segi kualitas dan popularitas, processor cyrix masih berada dibawah intel dan AMD. Beberapa jenis processor cyrix yang dapat anda temui di pasaran diantaranya cyrix fastmath, cyrix 486SLC, cyrix 5x86, dan masih banyak lagi.

5. Processor IBM

Siapa sih yang tidak kenal IBM ? Perusahan produsen komputer dan processor tertua di dunia ini sudah berdiri sejak tahun 1911, jauh sebelum indonesia merdeka. IBM sendiri merupakan singkatan dari International Bussiness Machines Corporation.

Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis hardware dan software komputer. IBM juga memproduksi beberapa jenis processor diantaranya pentium classic, pentium pro, IBM power 4, dan lainnya. 

6. Processor Apple

Apple sendiri merupakan perusahaan yang sudah dikenal sebagai produsen laptop dan smartphone kelas atas. Perusahaan multinasional ini juga memproduksi beragam jenis processor dan berfokus pada bidang perancangan, resource, serta penjualan produk elektronik perangkat lunak komputer. Beberapa jenis processor apple yang bisa anda temui di pasaran diantaranya Apple I, Apple II, Apple DOS, Machintos, dan sebagainya. 

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai jenis processor komputer. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai jenis - jenis processor pada komputer beserta fungsinya.

Jika anda ingin mengganti atau melakukan upgrade pada processor anda, Anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)