yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada RAM

No comments

Random Access Memory atau disingkat RAM, merupakan komponen perangkat keras (hardware) penyimpanan yang akses datanya dilakukan secara acak, tidak memperhatikan letak data dalam memory. Berbeda dengan media penyimpanan lain seperti hardisk dan removable disk, data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, artinya akan hilang ketika RAM tidak dialiri listrik (komputer dimatikan). Komponen yang satu ini tergolong fragile (rapuh), terkena debu sedikit saja bisa mengganggu kinerja bahkan membuat rusak. Dalam dunia komputer, memory RAM dibedakan menjadi lima, yaitu DDR/DDR1, DDR2 dan DDR3, DDR4, DDR5. Yang membedakan kelimanyanya selain dari bentuknya adalah kecepatan akses data yang dimiliki dan kebutuhan daya dalam beroperasi. Hal tersebut ditentukan oleh frekuensi transfer data masing-masing RAM. Terkadang kita dibuat bingung jika RAM yang kita gunakan rusak atau tidak terbaca, dan untuk mengatasi atau memperbaikinya tentu harus kita lihat terlebih dahulu apa penyebabnya, lalu selanjutnya barulah kita memperbaiki RAM tersebut. Hal tersebut penting kita ketahui karena jika salah penanganan bukan baik yang didapat, malah bisa saja RAM menjadi rusak total. Berikut cara mengatasinya:
1. Bersihkan RAM Menggunakan Penghapus Pensil
Anda bisa membersihkan pin RAM tersebut menggunakan penghapus pensil, gosok-gosokkan penghapus pensil tersebut ke seluruh bagian pin konektor RAM secara teratur dan hati-hati, sampai pin konektor tersebut benar-benar bersih dan mengkilap kembali. Tujuan dari cara tersebut ialah untuk membersihkan tembaga dari debu dan kotoran serta kembali mengaktifkan ion-ion pada tembaga. Coba pasang kembali dan nyalakan komputer Anda. Biasanya pada tahap ini RAM yag error atau rusak berhasil diperbaiki. Tapi jika hasilnya masih nol, anda bisa lakukan langkah-langkah berikutnya:
2. Bersihkan RAM  Menggunakan Alkohol atau Tiner
Tuangkan secukupnya tiner ke permukaan RAM tersebut dan gunakan cotton bath untuk menggosok seluruh permukaan RAM hingga ke sela-sela sempit pada RAM tersebut sampai bersih, terutama pada pin konektornya. Ulangi sekali lagi biar RAM benar-benar bersih dari kotoran. Nah, jika anda rasa RAM tersebut sudah cukup bersih anda bisa mengeringkan sebentar dengan meniup RAM tersebut sampai benar-benar bersih dan kering sebelum memasangnya kembali
3. Beri Arus Listrik Pada RAM Menggunakan Multimeter/Multitester/Avometer
Tempelkan konektor yang berwarna hitam/minus (-) AVOMETER pada kaki-kaki pin konektor RAM tersebut. Selanjutnya gesek-gesekan konektor warna merah/plus (+) AVOMETER anda satu arah dan perlahan ke kaki-kaki/pin IC RAM anda secara bergantian ke sisi yang lain. Tujuan dari langkah diatas adalah agar batterai pada AVOMETER yang Anda gunakan dapat membantu mengembalikan arus listrik yang menyumbat pada IC memory tersebut. Cara kerja langkah tersebut hampir sama pada system clear CMOS. Ulangi langkah tersebut secara teratur pada seluruh kaki/pin memory yang rusak tadi.
4. Memanaskan Di Oven
Panaskan oven di suhu 150C selama 3-5 menit.Pastikan anda siap beserta alat-alat yang harus disediakan.Sementara oven Anda dalam pemanasan.Gunakan 10 inci kertas aluminium foil dan masukkan Ram Anda di tepi foil. Kemudian bungkus RAM Anda ke foil erat-erat dan pastikan Anda dapat melipat dan menutup semua bagian ram.Saya rasa oven Anda sudah siap untuk memanggang sekarang. Jadi, masukan RAM yang sudah dibungkus ke dalam oven.Atur timer oven cukup 5 menit (hanya untuk 5 menit saja).Setelah 5 menit menempatkan RAM Anda, biarkan dingin selama 5 menit.Sekarang buka casing komputer Anda dan masukan RAM Anda, setelah itu Anda dapat mencoba untuk menghidupkan komputer Anda. Jika komputer Anda mulai hidup dan tampilan layar normal, berarti Anda sudah berhasil memperbaiki RAM Anda.
5. Mencuci Dengan Detergen Dan Memanaskannya
Saya hanya berani mencuci RAM apabila sudah yakin bila RAM saya benar-benar mati dan tidak bisa diperbaiki dengan empat cara di atas. Caranya, rendam RAM dalam air detergen sambil disikat dengan sikat lembut. Setelah itu, angin-anginkan sampai benar-benar kering. Setelah kering, panaskan RAM dengan hairdryer, oven, atau langsung di bawah sinar matahari. Ingat, jangan memanaskan terlalu lama karena PCB akan rusak. Prinsip kerjanya selain untuk membersihkan yaitu untuk menghubung-singkatkan IC sehingga me-reset ulang IC. Dengan pemanasan yang bertujuan untuk menghilangkan gangguan pada jalur arus listrik. Anda bisa memvariasikan tiga cara sebelumnya setelah mempraktikkan cara ekstrim ini.
Itulah sekian lima cara tentang cara memperbaiki RAM yang rusak atau error. Semoga bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengganti yang mati dengan yang baru. Akan tetapi jika tidak ingin repot, maka kami akan memberikan saran satu-satunya yaitu dengan mencari jasa layanan perbaikan. Ithelpdesk adalah sebuah jasa layanan terbaik. Selain perbaikan,Ithelpdesk juga bisa memberikan pelayanan perawatan, IT support dan lain-lain.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan Creative Design, Digital Marketing, Social Media Promotion dan IT Support yang Profesional dan Berpengalaman. Pastikan anda menggunakan jasa layanan ITHelpDesk.co.id untuk mengoptimalkan bisnis anda. [ITHelpDesk.co.id] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)