-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengapa Laptop Bisa Panas Berlebihan, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

No comments
Mengapa Laptop Bisa Panas Berlebihan, dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Panas berlebih yang terlalu sering bisa merusak laptop, berikut beberapa penyebab dan solusi dari masalah panas pada perangkat laptop

Laptop merupakan salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup banyak digunakan oleh manusia. Sama seperti jenis perangkat elektronik lainnya yang sering mengalami panas berlebih ketika terlalu lama digunakan, laptop juga dapat mengalami hal serupa terutama ketika digunakan untuk menjalankan program - program berat.

Kondisi overheat yang terjadi pada laptop ini dapat membuat laptop menjadi mati mendadak. Tidak hanya mati mendadak, laptop yang dibiarkan mengalami overheat secara terus menerus juga dapat mengalami kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya. 

Penyebab laptop panas

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi panas berlebih pada laptop, sebaiknya kita juga perlu mengetahui penyebab terjadinya overheat atau panas berlebih pada perangkat elektronik yang satu ini, yaitu: 

1. Penggunaan multitasking yang terlalu banyak

Penyebab pertama dari overheat yang terjadi pada laptop adalah anda terlalu banyak menjalankan program aplikasi. Hal ini karena penggunaan baterai laptop akan berbanding lurus dengan sumber daya yang diperlukan laptop untuk menjalankan sebuah aplikasi. 

Jadi, ketika anda menjalankan aplikasi berat atau menjalankan banyak aplikasi sekaligus, hal ini membuat laptop membutuhkan sumberdaya yang cukup besar. Semakin tinggi penggunaan sumber daya, maka semakin tinggi pula kerja CPU dan chipset - chipset pendukung lainnya yang pada akhirnya membuat komponen - komponen tersebut menjadi panas. 

2. Penempatan laptop yang salah

Penempatan laptop ketika dioperasikan juga dapat berpengaruh terhadap panas yang dihasilkan oleh laptop. Perlu anda ketahui bahwa laptop membuang udara panas dari hasil pemrosesan data melalui bagian bawah laptop. Sehingga jika lubang pembuangan panas tertutup oleh suatu benda, maka panas tersebut akan terjebak didalam laptop dan membuat laptop mengalami overheat.

Hal ini bisa terjadi jika anda mengoperasikan laptop diatas kasur atau pada permukaan yang tidak rata sehingga membuat lubang pembuangan udara panas tertutup dan tidak dapat membuang panas. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menyimpan dan mengoperasikan laptop pada permukaan yang rata seperti meja ataupun dengan menggunakan tatakan.

3. Thermal paste yang kering

Thermal paste atau yang juga dikenal sebagai pasta komputer merupakan suatu gel atau minyak yang digunakan untuk mengurangi panas pada processor komputer saat bekerja. Jadi, jika thermal paste yang menempel pada processor tersebut kering, hal ini tentunya membuat processor menjadi cepat panas meskipun tidak sedang digunakan untuk menjalankan program - program berat ataupun program multitasking. 

4. Kipas processor yang tidak berfungsi normal

Selain thermal paste atau pasta processor, didalam laptop juga terdapat kipas processor yang berfungsi untuk membuang hawa panas dari dalam laptop. Kipas processor ini biasanya terpasang pada bodi laptop dan berputar sesuai dengan setting yang sudah ditentukan oleh pabrikan laptop tersebut.

Jika fan atau kipas processor tersebut berdebu atau bermasalah sampai tidak dapat berputar, hal ini tentunya membuat panas yang dihasilkan oleh processor tidak bisa dibuang keluar laptop. Kondisi ini dapat memicu terjadinya overheat pada laptop. 

5. Beban kerja CPU berlebih

Penggunaan aplikasi atau software dengan sumberdaya besar yang tidak bisa dipenuhi oleh CPU, membuat CPU bekerja diluar kemampuannya. Hal ini tentunya membuat CPU tersebut menghasilkan panas berlebih dan membuat laptop mengalami overheat. 

Cara mengatasi laptop panas

Setelah anda mengetahui mengenai penyebab overheat atau panas berlebih pada laptop, tentunya anda juga perlu mengetahui mengenai cara mengatasinya, yaitu :

1. Perhatikan sirkulasi udara

Sirkulasi udara merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya overheat pada laptop. Hal ini karena jika sirkulasi udara pada laptop tidak berjalan dengan baik, kondisi tersebut tentunya dapat membuat sebagian udara panas terjebak didalam laptop dan membuat laptop mengalami overheat. 

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menambahkan kipas external pada laptop anda. Dengan adnya tambahan kipas external, diharapkan udara panas yang terjebak didalam laptop bisa keluar dan tentunya dapat mencegah terjadinya overheat pada laptop.

2. Bersihkan filter udara dan heatsink

Faktor lain yang diketahui bisa menyebabkan terjadinya overheat pada laptop adalah karena kotornya filter udara dan bagian heatsink pada laptop. Untuk mengatasi hal ini, anda hanya perlu membersihkan kedua komponen tersebut. Tetapi, anda harus membersihkannya secara hati - hati dan jangan sampai merusak komponennya. Komponen heatsink dan filter udara berada didalam laptop. Jadi, anda harus membuka laptop jika ingin membersihkannya.

Perlu anda ingat bahwa ketika anda membuka chasing laptop, maka garansi pada laptop tersebut akan habis dan tidak berlaku lagi. Jadi, perlu anda pertimbangkan secara matang sebelum melakukan pembersihan pada bagian dalamnya.

Kemudian, ketika anda membersihkan bagian heatsink, pastikan anda menambah kembali thermal paste pada processor supaya panas yang dihasilkan oleh processor dapat dihantarkan dengan baik menuju heatsink.

3. Kurangi aplikasi yang terbuka

Faktor lain yang bisa membuat laptop mengalami overheat adalah karena terlalu banyak menjalankan atau membuka program aplikasi, terlebih lagi jika aplikasi tersebut merupakan jenis aplikasi berat seperti game online, aplikasi render, dll. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda mengurangi aplikasi yang dibuka dan hanya mengoperasikan satu aplikasi terpenting saja dan menutup aplikasi lainnya. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi panas berlebih pada laptop. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai penyebab overheat pada laptop beserta cara mengatasinya. 

Jika anda masih bingung atau tidak bisa mengatasi laptop yang mengalami overheat seorang diri, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)