-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Jenis Virus Pada Komputer dan Tips Mudah Untuk Mengatasinya

No comments

Jenis Virus Pada Komputer dan Tips Mudah Untuk Mengatasinya
Ada banyak jenis virus yang mengintai komputer anda. Pahami cara mencegah dan mengatasi agar anda terhindar dari kerugian akibat virus
Mendengar kata virus, pikiran anda pasti akan langsung tertuju pada virus covid-19 yang kini sedang menjadi pandemi dunia. Tetapi tahukah anda, tidak hanya manusia saja yang bisa terserang virus, perangkat komputer anda juga bisa terserang virus. Tetapi, virus yang menyerang komputer sangat berbeda dengan virus yang menjangkiti manusia. Jika anda belum mengetahui tentang virus komputer, anda berada ditempat yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai virus komputer dan tips agar terhindar dari jebakan virus komputer.

Pengertian virus komputer

Virus komputer merupakan suatu program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri serta menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program atau dokumen lain. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan secara tidak langsung juga dapat merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.
Mungkin anda juga mengalami: Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya
Efek negatif dari adanya virus komputer pada perangkat elektronik adalah dapat memperbanyak dirinya sendiri yang membuat sumber daya pada komputer menjadi berkurang secara signifikan. 

Jenis - jenis virus komputer dan efeknya

Perlu anda ketahui bahwa hampir 95% virus komputer menyerang sistem operasi yang berbasis windows. Sedangkan sisanya menyerang sistem operasi lain seperti linux, mac, dan sebagainya. Karena bahayanya keberadaan virus komputer pada perangkat elektronik kita, maka kita harus mengetahui tips agar terhindar dari jebakan virus komputer.
Tetapi, sebelum kita membahas tentang tips agar terhindar dari jebakan virus komputer, kita juga harus mengetahui tentang jenis - jenis virus komputer. Hal ini karena penanganan dari masing - masing jenis virus komputer bisa saja berbeda - beda. Berikut ini merupakan beberapa jenis virus komputer yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Worm

Worm merupakan jenis virus komputer yang tidak terlalu berbahaya. Meskipun demikian, virus ini dapat menyebabkan penyimpanan komputer penuh dengan cepat dan sistem komputer menjadi rapuh jika dibiarkan begitu saja. 
Virus ini dapat menggandakan diri dengan cepat serta dapat membuat file sampah yang tidak berguna dengan sangat cepat hingga memenuhi seluruh memory penyimpanan yang ada pada komputer. Virus ini dapat menginfeksi komputer yang menggunakan email dan terhubung dalam jaringan internet. 

2. Trojan

Trojan merupakan jenis virus komputer yang dibuat dan dirancang untuk memiliki kemampuan mengontrol, mengendalikan data, bahkan dapat mencuri data yang ada pada komputer. Sama seperti worm virus, virus trojan dapat muncul melalui jaringan internet dan juga email yang diterima oleh pengguna serta data pribadi yang tidak dikunci dengan password.
Tujuan dari diciptakannya virus trojan adalah untuk memperoleh informasi dari target seperti password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, dan mengendalikan target.

3. Backdoor

Backdoor merupakan jenis virus komputer yang biasanya menyerupai file komputer yang tidak bermasalah seperti file game. Virus ini diciptakan dengan tujuan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan. Virus ini bekerja dengan mekanisme yang menyerupai proses log-on dan proses autentikasi lainnya.

4. Spyware

Spyware merupakan jenis virus komputer yang cukup berbahaya. Virus ini bekerja dengan cara memantau komputer yang terinfeksi. Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan internet untuk mendatangkan banyak iklan kepada pengguna.
Bahaya yang ditimbulkan spyware tidak terbatas sampai memunculkan banyak iklan saja, tetapi virus ini juga mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh kepada pembuatnya. Virus ini dapat menimbulkan kerugian seperti pencurian data, tambahan biaya internet, dan membuat koneksi internet menjadi semakin lambat.

5. Rogue

Rogue merupakan jenis virus yang menyerupai program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal dengan memberikan peringatan - peringatan palsu mengenai adanya virus. Tujuan dari diciptakannya virus rogue adalah supaya pengguna membeli dan melakukan aktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Virus ini juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer dan mendatangkan jenis virus lain.

6. Rootkit

Rootkit merupakan kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas, dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Pada awalnya, rootkit merupakan jenis aplikasi yang tidak berbahaya. Tetapi, banyak orang yang menyalahgunakan kemampuannya untuk menyusup sehingga aplikasi ini akhirnya digolongkan kedalam salah satu jenis virus. Rootkit hadir diberbagai sistem operasi seperti linux, windows, solaris, dan sebagainya.

Penyebab komputer terkena virus dan cara mengatasinya

Virus komputer dapat menginfeksi perangkat elektronik melalui beberapa cara. Anda mungkin tidak menyadari bahwa aktivitas sehari - hari anda bisa menjadi penyebab datangnya virus ke komputer anda. Berikut ini merupakan beberapa penyebab komputer bisa terkena virus, yaitu :
  1. Sembarangan mengunduh file atau software. 
  2. Membuka file shortcut dari flashdisk.
  3. Membuka situs yang mencurigakan.
  4. Tidak pernah update antivirus.
  5. Tidak menginstall antivirus.
Jika komputer anda sudah terlanjur terinfeksi virus, anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi atau menghilangkan virus dari komputer atau laptop, yaitu :

Menggunakan command prompt

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus dari laptop atau komputer anda adalah dengan menggunakan command prompt (CMD). Cara ini mungkin cukup efektif untuk mendeteksi dan menghilangkan virus secara langsung, tetapi menjadi kurang efektif karena harus menghapus satu - persatu virus sehingga sangat merepotkan.

Memakai antivirus

Selain cara manual dengan menggunakan CMD, ada cara yang lebih praktis untuk menghapus virus dari komputer anda sekaligus mencegahnya datang kembali, yaitu dengan menginstall program antivirus. Ada banyak sekali jenis antivirus yang bisa anda gunakan mulai dari antivirus gratisan hingga yang berbayar seperti smadav, avira, avast, AVG, norton, dan sebagainya.

Install ulang

Isntall ulang merupakan metode terakhir yang bisa anda gunakan untuk menghapus virus dari komputer jika beragam cara diatas tidak berhasil menghapus virus serta data - data komputer anda sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Dengan melakukan install ulang, maka seluruh program laptop anda akan terhapus dan diganti dengan program - program yang baru. Sebelum melakukan install ulang, pastikan anda telah membackup data - data penting anda terlebih dahulu.
Mungkin anda juga tertarik: Cara Menjaga Keamanan Sistem IT

Tips menghindar dari jebakan virus komputer

Sebelum komputer anda terinfeksi virus, maka anda perlu melakukan upaya pencegahan supaya komputer anda tidak terinfeksi virus. Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya terhindar dari jebakan virus komputer, yaitu :

1. Jangan sembarangan membuka link

Virus komputer sangat mudah menyebar, bahkan bisa melalui link yang bertebaran di medsos ataupun melalui link yang dikim langsung ke email kamu. Jika kamu tidak mengetahui siapa pengirim linknya, lebih baik jangan membuka link tersebut. Link virus juga bisa menyerupai link berita di medsos, tetapi biasanya link tersebut menggunakan domain aneh atau gratisan dan menggunakan extensi .apk di belakangnya.

2. Jangan sembarangan menginstall aplikasi dan mengunduh file dari internet

Virus komputer juga bisa menyamar menjadi aplikasi seperti antivirus maupun game. Jika anda tidak mengetahui secara pasti siapa pembuat aplikasi tersebut, sebaiknya anda jangan langsung menginstallnya melalui internet. Anda bisa menggunakan program terpercaya seperti appstore maupun playstore untuk menginstall aplikasi dan game yang diinginkan.

3. Sering - seringlah melakukan scanning menyeluruh terhadap laptop anda

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menghindari jebakan virus komputer adalah dengan sering melakukan scanning secara menyeluruh terhadap laptop atau komputer anda menggunakan program antivirus. Hal ini karena virus komputer bisa masuk melalui celah manapun meskipun anda telah berhati - hati ketika berselancar di dunia maya.
Demikianlah pembahasan mengenai tips agar terhindar dari jebakan virus komputer. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai berbagai jenis virus komputer beserta cara mengatasinya. 
Jika komputer anda sudah terlanjur terinfeksi virus dan anda tidak bisa memperbaikinya, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut.
Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)