-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Hub Dan Fungsinya Dalam Jaringan Komputer

Tidak ada komentar

Komputer merupakan suatu terobosan teknologi yang luar biasa dan sangat bermanfaat bagi manusia. Dengan adanya komputer, kita bisa mengerjakan berbagai hal tanpa menghabiskan sumber daya yang banyak seperti menulis dokumen, membuat presentasi, melakukan perhitungan, dan berbagai hal lainnya. Kemudian, teknologi terus berkembang dan membuat komputer tidak lagi berdiri sendiri. Kini, setiap komputer saling terhubung satu sama lain. Tekonologi ini disebut dengan jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk mempermudahkan komunikasi antar user dengan ruang lingkup yang bervariasi.

Jaringan komputer terkecil bisa berada dalam lingkup ruangan seperti jaringan komputer keluarga, jaringan LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan WWW (World wide web) atau yang lebih kita kenal sebagai internet. Dalam penerapannya, jaringan komputer membutuhkan beberapa perangkat keras supaya dapat bekerja dengan  baik. Salah satu perangkat keras yang sering digunakan pada jaringan komputer adalah Hub. Hub merupakan sebuah perangkat elektronik yang berbentuk kotak serta memiliki beberapa port yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer client dengan komputer server danlam suatu jaringan lokal.

Hub memiliki fungsi yang cukup penting dalam jaringan komputer, yaitu :
  • Memecahkan jaringan dari server menuju client dan user : Fungsi hub yang pertama adalah memecahkan jaringan dari server menuju ke beberapa komputer client dalam jaringan tersebut.
  • Mentransmisikan jaringan dari server : Hub juga berfungsi untuk meneruskan transmisi jaringan atau sinyal dari server ke user. Jadi, setelah jaringan terpecah, maka hub akan melakukan proses transfer atau transmisi data dari komputer server ke komputer client.


Dalam sistem transmisi jaringan, perangkat keras hub terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
  • Hub pasif. Hub pasif merupakan hub yang hanya berfungsi untuk melakukan proses pemecahan jaringan saja. Fungsi hub ini sangat terbatas dan hanya bisa dinikmati pada jaringan LAN yang memiliki kondisi transmisi data yang stabil. Hub jenis ini dapat bekerja tanpa memerlukan sumber listrik dan cocok digunakan pada jaringan LAN di sebuah ruangan kecil.
  • Hub aktif. Hub aktif atau yang juga dikenal sebagai smart hub merupakan jenis hub yang memiliki kemampuan khusus yaitu untuk meningkatkan kualitas sinyal dan juga transmisi data pada sebuah jaringan lokal. Selain itu, hub aktif juga bisa digunakan sebagai penguat sinyal sehingga hub jenis ini sangat cocok digunakan pada jaringan yang membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi. Tetapi, hub jenis ini membutuhkan tambahan daya listrik untuk membantu fungsi penguatan sinyal.


Perangkat keras hub paling sering digunakan pada topologi jaringan tri dan topologi star. Jenis topologi ini sering digunakan pada jaringan komputer warnet maupun komputer kantor. Berikut ini merupakan contoh penggunaan hub pada beberapa jaringan komputer, yaitu ;

Penggunaan hub pada jaringan warnet

Perangka tkeras hub paling banyak digunakan pada lingkungan warnet. Pada warnet atau lokasi penyewaan komputer, biasanya memiliki satu komputer server yang bertugas menjadi pusat dari keseluruhan jaringan komputer yang ada di dalam warnet tersebut. Komputer server pada warnet bisanaya juga memuat sistem billing yang berisi informasi mengenai nama user, nama login user, hingga tariff user yang sudah terhitung secara otomatis didalam server. Hal ini tentunya memudahkan operator warnet untuk menghitung jumlah pengunjung dan pemasukan dari operasional warnet tersebut.

Penggunaan hub pada lingkungan kantor

Selain sering digunakan pada lingkungan warnet, perangkat keras hub juga sering digunakan pada jaringan komputer kantor terutama jaringan kantor yang membutuhkan katalog.

Demikianlah pembahasan mengenai hub dan fungsinya dalam jaringan komputer pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel berikutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)