-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Kok VGA Harganya Naik? Apa penyebab dan hubungannya dengan Bitcoin

Tidak ada komentar

Tahukah anda kalau saat ini tren VGA harganya sedang meroket naik. Baru baru ini para gamers maupun pengguna komputer dengan spesifikasi tinggi sedang dihantui kekhawatiran akibat adanya kenaikan harga VGA Card yang cukup banyak. Kasus ini pernah terjadi di tahun 2017 silam akibat pengaruh dari naiknya harga Bitcoin sehingga membuat harga VGA card baik itu AMD maupun NVIDIA cukup signifikan.

Di tahun 2021 ini kembali terjadi adanya kenaikan harga dari VGA yang melebihi rekor tahun 2017 lalu. Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Berikut alasan mengapa harga VGA card bisa melonjak naik.

Naiknya harga Bitcoin

Kini sudah hampir 3 tahun lamanya nilai Bitcoin berada di kisaran 50 s/d 100 juta Rupiah selama periode 2017 sampai transisi ke tahun 2019. Namun setelahnya pada masa transisi tahun 2020 sampai ke tahun 2021 harga dari Bitcoin tiba tiba melonjak naik melebihi rekor tertinggi sebelumnya. yaitu melonjak sangat pesat hingga diangka Rp. 513.844.650 Juta (Note: Harga tersebut kami lihat pada tanggal 11 Januari 2021.).

Lantas apa yang menjadi penyebab dari nilai jual Bitcoin yang tinggi dapat berpengaruh ke harga jual VGA card yang juga ikut naik. Bitcoin adalah bisnis penambangan mata uang virtual, karena dalam melakukan penambangan Bitcoin atau cryptocurrency mining pastinya dibutuhkan beberapa komponen komputer dengan spesifikasi tinggi. VGA card adalah salah satu alat penunjang yang sangat penting untuk keperluan penambangan Bitcoin ini.


Biasanya para pelaku penambangan Bitcoin tidak hanya memerlukan 1 atau 2 alat saja, melainkan bisa puluhan alat VGA dan CPU demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Mereka bahkan bisa memborong VGA card yang ada dipasaran, akibatnya stok yang tersedia menjadi sangat minim dan berkurang drastis akibat adanya pembelian dalam jumlah besar. Biasanya toko atau usaha jasa service komputer banyak mengetahui perihal perkembangan terbaru dari seputar informasi komputer dan laptop di dunia.


Kurs mata uang tidak stabil

Tentu kita sudah tahu bahwa Dollar adalah acuan kurs mata uang dunia. Dan saat ini nilai tukar atau kurs Dollar sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan, hal ini berbanding terbalik dengan nilai tukar Rupiah yang justru mengalami penurunan. Inilah salah satu alasan juga mengapa harga VGA card mengalami kenaikan, bahkan mungkin bukan VGA card saja, biasanya kenaikan Dollar akan diikuti juga dengan kenaikan barang elektronik lainnya.

Beban biaya pajak yang besar

Memang Indonesia sudah banyak perwakilan resmi atau vendor dari VGA card yang telah membuka cabangnya di Indonesia. Namun hal tersebut tidak serta merta dapat mengakomodir semua kebutuhan konsumen. Demi terpenuhinya kebutuhan permintaan pasar, maka para pedagang pun harus meng import produk produk VGA card nya dari luar negeri.

Perlu diketahui bahwa setiap distribusi produk dari luar negeri akan dikenakan pajak. Perhitungan pajak berdasar dari pada jumlah barang, berat, dan biaya transportasi pengiriman. Jika adanya permintaan yang tinggi dari VGA card, itu artinya proses impor barang akan semakin meningkat dan akibatnya pajakpun akan semakin besar.

Saran dari saya untuk anda para Gamers atau pemilik komputer dengan spesifikasi tinggi yang punya niatan ingin merakit atau meng upgrade PC kesayangan, cobalah untuk mencari tahu dan gali informasi sebanyaknya tentang harga VGA card apakah sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan atau tetap stabil naik turun harganya.

Semoga belum terlambat masih mendapatkan harga terbaik dan tidak mengalami kenaikan yang berarti akibat adanya kegiatan para penambang BItcoin yang tentu saja cepat atau lambat akan berpengaruh terhadap kenaikan harga VGA card.

Perlu dicatat kalau anda ingin merakit PC, kemungkinan terbesar untuk masalah ketersediaan stok di toko offline ataupun online. Karena masih ada beberapa toko yang tidak merubah status ketersediaan stok akan tetapi ketika ditanyakan ketersediaan stok mereka akan jawab habis. Atau anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke tempat jasa dan service perbaikan laptop guna mendapat informasi terbaru dan akurat yang sedang tren.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)