-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Tepat Merawat Printer

Tidak ada komentar

Cara Tepat Merawat Printer

Tidak lengkap rasanya jika anda memiliki komputer atau laptop, tetapi tidak memiliki printer. Printer sangat berguna untuk keperluan mencetak dokumen yang sudah dibuat di laptop atau komputer. Secara garis besar, printer merupakan hardware output yang digunakan untuk kegiatan mencetak dokumen, baik itu untuk keperluan pribadi seperti mencetak tugas sekolah, mencetak tugas kantor maupun untuk keperluan bisnis seperti pada jasa print dan fotocopy. Printer ada banyak sekali jenisnya dan harganyapun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Sungguh sangat disayangkan jika anda memiliki printer dengan harga mahal, tetapi mengalami kerusakan karena anda tidak memahami cara tepat merawat printer.


Merawat printer memang gampang - gampang susah. Tetapi, jika anda mengetahui cara tepat untuk merawatnya, merawat printer tentunya bisa menjadi hal yang mengasikkan bahkan bisa menjadi mata pencaharian. Printer memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari printer inkjet, printer laser, printer plotter dan masih banyak lagi jenis lainnya. Masing - masing tipe printer tersebut juga memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Tetapi, printer tipe inkjet lah yang paling banyak digunakan. Selain karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis printer lainnya, printer inkjet juga mudah dalam hal perawatan. 


Perawatan printer tentunya menjadi hal terpenting jika anda ingin perangkat printer yang anda miliki awet dan berumur panjang. Berikut ini merupakan cara tepat merawat printer yang perlu kamu ketahui, yaitu :


Gunakan printer secara teratur


Printer merupakan perangkat elektronik yang harus digunakan secara teratur. Hal ini karena tinta printer dan berbagai komponen didalamnya akan mengalami penurunan performa jika lama tidak digunakan. Tinta printer yang tidak digunakan dalam waktu lama akan mengering dan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada catridge. Hal ini tentunya menimbulkan dampak buruk berupa proses pencetakan yang terhambat hingga hasil cetakan yang rusak. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menggunakan printer secara berkala minimal dua hari sekali supaya komponen - komponen yang ada didalam printer tetap berfungsi secara normal. 


Mengisi tinta secara berkala


Tinta merupakan komponen penting dalam sebuah printer. Jika printer tidak memiliki tinta, maka mana mungkin sebuah dokumen bisa dicetak. Tinta pada printer biasanya tersimpan di bagian tabung eksternal maupun tersimpan dalam catridge. Pastikan tinta printer selalu terisi dan jangan biarkan mesin printer beroperasi dengan keadaan tinta kosong. 


Menjaga kebersihan printer


Sama seperti perangkat elektronik lainnya, printer juga harus selalu dijaga kebersihannya. Hal ini dilakukan supaya printer tetap berfungsi secara normal serta menghasilkan cetakan yang bagus dan berkualitas. Untuk membersihkan printer, anda hanya memerlukan tissue ataupun tissue basah untuk membersihkan debu yang menempel pada printer. Ketika sedang melakukan pembersihan printer, jangan lupa untuk mengecek beberapa komponen printer seperti roll kertas, bagian dalam kertas, dan bagian tabung tinta. Hal ini karena ketiga bagian tersebut merupakan komponen yang biasanya paling banyak tertutup oleh debu.


Rutin mengganti selang infus


Selang infus merupakan komponen printer yang berfungsi untuk menyalurkan tinta dari tabung infus menuju catridge printer. Meskipun termasuk komponen penting printer, sayangnya masih banyak orang yang menganggap selang printer layak digunakan selama masih mengalirkan tinta. Padahal hal tersebut merupakan anggapan yang salah karena selang printer yang tidak pernah diganti dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan selang menjadi keras dan gerakan dari selang menjadi tidak teratur. 


Selang printer harus diganti ketika mulai terlihat tanda - tanda selang mengeras ataupun ketika terlihat tanda - tanda penurunan fungsi pada printer. Periode penggantian selang bergantung pada jenis tinta yang digunakan. Hal ini karena semakin kental jenis tinta yang digunakan, maka intensitas penggantian selang printer pun semakin cepat. Waktu ideal untuk penggantian selang printer biasanya berkisar 5 - 6 bulan sekali.


Jangan mencetak dalam jumlah banyak


Salah satu cara merawat printer yang paling efektif adalah dengan mencetak kertas satu persatu. Sebab, hal ini akan memberikan sedikit waktu istirahat pada gear printer untuk melakukan proses pendinginan pada bagian permukaan. Kemudian, pada bagian head printer juga akan melakukan pembersihan otomatis supaya hasil cetak tetap terjaga kualitasnya. Yang dimaksud dengan mencetak banyak adalah ketika anda mencetak lebih dari 25 lembar kertas tanpa henti. Apabila tetap dilakukan, gear printer akan menjadi cepat panas dan head printer tidak sempat melakukan pembersihan otomatis. Hal ini tentunya berakibat pada hasil cetak yang tidak bagus seperti munculnya garis putus - putus maupun warna yang menjadi buram. 


Selain 5 tips diatas, ada beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan supaya printer anda tetap awet dan tidak mudah rusak, yaitu :

1. Jangan pernah menyentuh chip catridge dengan tangan karena dapat menimbulkan aliran listrik statis pada komponen yang bersangkutan.

2. Jangan coba - coba membongkar printer jika tidak menguasai ilmunya. Hal ini karena jika printer dibongkar secara sembarangan, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen printer tersebut.

3. Gunakan tinta printer yang benar - benar direkomendasikan untuk merek printer tersebut agar hasil cetakan menjadi lebih maksimal. 


Demikianlah pembahasan mengenai cara tepat merawat printer. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai perawatan printer yang baik dan benar. Jika printer anda mengalami kerusakan yang tidak bisa anda perbaiki, jangan khawatir. Anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)