-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru

Tidak ada komentar

 

Perlu Anda ketahui, untuk lisensi Windows 10 edisi Home yang asli dan Microsoft dijual dengan harga sekitar 2 juta, sedangkan Windows 10 edisi Pro membebani Anda dengan harga sekitar 3 juta. Nah, karena lisensi asli Windows 10 yang baru tidak sepenuhnya murah, maka masuk akal jika Anda berpikir untuk mentransfer atau memindahkan atau migrasi lisensi Windows 10 ke komputer baru ketika Anda telah menjual komputer lama yang Anda miliki.

 

Untungnya fitur untuk transfer atau migrasi lisensi Windows 10 dari satu komputer ke komputer lain bukanlah suatu hal yang sulit. Jika Anda ingin memindahkan lisensi Windows 10 dari komputer lama ke laptop baru, yang perlu Anda lakukan adalah menon-aktifkan atau menghapus lisensi Windows 10 pada komputer lama dan kemudian meng-aktifkan Windows 10 pada perangkat baru Anda.


Jika Anda bertanya “Apakah saya bisa memindahkan lisensi Windows 10 ke komputer baru?” ..

 

Jawabannya, tentu bisa. Jenis lisensi Windows 10 Anda akan memberitahu Anda apakah bisa men-transfer atau memindahkan lisensi key Windows 10 ke komputer lain atau dari komputer lama ke komputer baru. Artinya, Microsoft hanya mengizinkan transferlisensi Windows 10 retail dari satu perangkat ke perangkat lain saja. Sedangkan lisensi OEM dan volume tidak bisa di transfer.


Cara memeriksa jenis lisensi Windows 10 retail

                       

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, lisensi retail hanya dapat ditransfer dari satu komputer ke komputer lain. Jadi, untuk memastikan bahwa jenis lisensi Windows 10 Anda retail, sangat perlu dilakukan sebelum menerapkan hal lain.

 

Berikut adalah cara memeriksanya, antara lain :

 

Langkah 1 : Buka commond prompt dengan cara mengetikan cmd di kotak start/taskbar/run, setelah itu tekan tombol enter.

 

Langkah 2 : Dijendela commond prompt, ketikan perintah berikut lalu tekan tombol enter.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru


Dengan menekan tombol enter akan membuka dialog Windows Script Host yang mencakup rincian tentang jenis lisensi Wwindows 10 Anda. Jika license key 10 Anda retail, maka Anda akan melihat “Retail” pada bidang description, dialog ini juga menampilkan versi parsial dari kunci lisensi Windows 10 Anda.

 

Simpan product key Windows 10 Anda dengan praktis

 

Untuk mentransfer license key windows 10, Anda memerlukan license key Windows 10 yang berupa angka sebanyak 25 digit. Kuncinya dapat ditemukan pada boks retail Windows 10 atau email yang Anda terima langsung setelah membeli lisensi Windows 10 yang asli.

 

Sebenarnya diluar sana banyak tools atau alat untuk mengambil atau memulihkan product key windows 10 dari instalasi Windows 10 yang telah ada, tetapi biasanya tools tersebut tidak terlalu akurat. Jadi, kami sarankan bahwa Anda dapat memastikan product key Windows 10 Anda sudah benar (gunakan yang ditemukan di dusbuk atau email) sebelum menon-aktifkan Windows 10 di komputer lama. 


Transfer lisensi Windows 10 ke komputer baru

 

Apabila jenis lisensi Windows 10 Anda adalah retail, maka Anda harus menon-aktifkan lisensi Windows 10 di komputer lama terlebih dahulu.

 

Inilah cara untuk melakukannya, yaitu :

 

Langkah 1 : Buka command prompt as administrator. Ketik cmd di kotak pencarian start / taskbar, klik kanan pada anti command prompt dan kemudian klik pada pilihan Run as administrator.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru

Klik tombol yes ketika Anda mendapatkan dialog user account control

 

Langkah 2 : Dijendela commond prompt, ketikkan perintah berikut lalu tekan tombol enter untuk menon-aktifkan Windows 10 di komputer Anda saat ini.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru
Setelah menekan tombol enter, Anda akan mendapatkan pesan “uninstalled product key successfully”. Cara ini akan menon-aktifkan lisensi Windows 10 Anda di komputer saat ini.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru

Langkah 3 : Setelah menghapus lisensi Windows 10 di komputer saat ini, sebaiknya Anda menghapus product key dari registry juga. Untuk melakukannya, ketikan perintah ini lalu tekan tombol enter.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru
Setelah menekan tombol enter, Anda akan mendapatkan pesan “product key from registry cleared successfully”.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru


Langkah 4 : Restart komputer Anda dan pastikan komputer itu terhubung ke internet. Untuk memeriksa status aktivasi lisensi windows 10 di komputer saat ini, arahkah ke setting > update & security > activation.

 

Langkah 5 : Sekarang Anda telah menon-aktifkan lisensi windows 10 di komputer lama Anda, saatnya untuk mengaktifkan windows 10 di komputer baru. Pada komputer baru yang menjalankan windows 10, arahkan ke setting > update & security > activation, lalu klik link change product key.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru


Langkah 6 : Ketikan 25 digit product key dan kemudian klik tombol "next" untuk menghubungkan ke server aktivasi Microsoft dan meng-aktifkan salinan windows 10 milik Anda.


Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Baru


Jika Anda mengalami masalah, jalankan activation troubleshootor atau hubungi tim dukungan Microsoft menggunakan aplikasi “Dapatkan bantuan (Get Help)” pada perangkat windows 10.

 

Mungkin Anda membutuhkan pemasangan lisensi windows 10, kami dapat memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa melakukan pembelian lisensi windows 10 pada kami dengan harga yang cukup terjangkau. Hubungi kami di nomor 08978555777 atau email kami info@ithelpdesk.co.id




author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)