-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Fungsi Safe Mode

Tidak ada komentar

 

Mengenal Fungsi Safe Mode

Teknologi yang biasa sering kita gunakan pasti tidak luput terlepas dari yang namanya bugs, error ataupun defect. Semua itu dianggaplah wajar karena pada dasaranya semua buatan manusia tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, setiap developer akan terus-menerus melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang ditemukan oleh pengguna. Namun, kesalahan tersebut bisa saja terjadi lagi.

Fitur yang tersedia di system operasi Windows salah satunya adalah “safe mode”. Meskipun tidak semuanya mengerti tentang istilah ini sepenuhnya, tetapi safe mode sudah cukup familiar terdengar di beberapa kalangan. Fitur ini masih berhubungan dengan kesalhan yang terjadi pada komputer.

Pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai pengertian safe mode, fungsi. Yuk, simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Safe Mode

 

Safe mode adalah mode atau cara aman yang digunakan oleh pengguna ketika hendak memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem komputer. Mode ini tentunya bertujuan untuk menangani kesalahan yang terjadi dengan mode aman.

 

Apabila diartikan secara bahasa adalah safe (bahasa inggris) artinya aman, sedangkan mode (bahasa inggris) artinya cara atau mode. Sesuai dengan namanya, mode safe ini hanya digunakan dalam keadaan darurat dengan cara aman. Dengan fitur safe mode ini, pengguna dapat mengetahui kesalahan yang terjadi terhadap komputernya. Tidak heran jika fitur safe mode ini, pengguna dapat mengetahui kesalahan yang terjadi terhadap komputernya. Tidak heran jika fitur safe mode ini juga dikenal sebagai Windows minimal atau emergency version.

 

Safe mode ini merupakan salah satu pilihan atau opsi yang terdapat pada bagian Windows Advanced Option Menu. Pada bagian ini terdapat berbagai pilihan dengan tujuan yang bermacam-macam pula. Sudah menjadi hal yan lumrah jika sistem operasi Windows sering mengalami bugs, error ataupun defect.

 

Hal ini juga mungkin terjadi karena virus dan malware dapat dengan mudah sekali menyerang sistem operasi ini. Selain itu, pada beberapa kasus pula terkadang pengguna tidak dapat mengetahui penyebab kesalahan yang dialami. Disinilan peran penting safe mode terhadap solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi.

 

Pada mode “safe mode” ini, sistem operasi Windows akan mematikan atau menon-aktifkan semua program maupun driver yang tidak digunakan ketika mode ini berjalan. Dengan kata lain, Windows akan berjalan dengan mode minimal di mana hanya proram dan driver yang penting saja yang di aktifkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan penyebab dari kesalahan yang terjadi.

 

Beberapa penjelasan dari Advanced Option Menu 

 

Selain menu untuk memilih safe mode, ada berbagai menu lainnya yang bisa dipilih. Berikut beberapa penjelasan menu-menu tersebut :

 

  • Safe Mode = Opsi ini berarti Windows akan berjalan hanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga softwarenya.
  • Safe Mode With Networking = Opsi ini seperti safe mode ditambah driver sehingga bisa memanfaatkan jaringan (Networking).
  • Safe Mode With Command Prompt = Sama seperti safe mode hanya saja program command prompt / MS-DOS Prompt (cmd exe) akan langsung aktif (bukannya explorer).
  • Enable Boot Logging = Windows akan membuat file Ntbtlog.txt, ketika start-up dan informasi start-up tersebut akan disimpan di file tersebut. File ini biasanya disimpan di sitem root, misalnya drive C.
  • Enable VGA Mode = Windows akan berjalan dengan tampilan mode minimal misalnya 640x480 atau 800x600. Biasa digunakan untuk memeriksa kerusakan atau error (driver) VGA (tampilan grafik windows). 
  • Last Known Good Configuration = Menjalankan windows menggunakan informasi registry yang telah disimpan ketika terakhir shutdown. Gunakan jika kita salah mengubah konfigurasi sistem atau ketika Windows gagal masuk ketampilan utama.

 

Fungsi Safe Mode


Mengenal Fungsi Safe Mode

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang besar dengan pengguna yang cukup banyak pula. Dengan user interface yang cukup friendly, sistem operasi Windows ini membuat penggunanya juga terbilang sangat mudah meskipun bagi orang awam sekalipun. Opsi safe mode ini hadir guna membantu pengguna dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada komputer.

 

Berikut beberapa fungsi safe mode, antara lain :

 

Mendeteksi Kerusakan

Fungsi safe mode ini ialah memberi kesempatan bagi pengguna untuk memeriksa kesalahan yang terjadi pada komputer sehingga kemudian kesalahan tersebut dapat dideteksi. Karena tidak jarang kesalahan yang terjadi pada sistem tidak dapat ditemukan oleh pengguna. Hal ini tentunya membuat pengguna bingung untuk memperbaikinya. Kerusakan itu sendiri dapat berasal dari sistem, aplikasi yang ter-install, maupun dari sumber lainnya.

Menangani/Memperbaiki Kerusakan

Fungsi kedua ini juga tidak kalah berperannya dalam safe mode ini. Hal ini termasuk fungsi utama dari safe mode itu sendiri. Dalam mode aman ini, pengguna dapat menangani atau memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem. Hal ini dapat berupa uninstall aplikasi yang menyebabkan komputer error, menonaktifkan program tertentu, dan lain sebagainya.

 

Menghapus Virus atau Malware

Dengan menggunakan safe mode, pengguna dapat mengatasi masalah virus atau malware yang menyerang komputer. Biasanya virus atau anti malware tidak bisa berjalan dengan mode aman . Meskipun komputer sudah dilengkapi dengan antivirus atau antimalware, tetap saja tidak menutupi kemungkinan komputer dapat diserang.

 

Berkaitan dengan hal itu, opsi safe mode yang cukup ampuh mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan opsi atau pilihan safe mode with command prompt. Karena pada opsi tersebut, virus ataupun antimalware yang sulit ditanggulangi dapat dengan mudah dan cepat dihapus. Hal ini disebabkan oleh jendela commond prompt memungkinkan pengguna menjalankan antivirus atau antimalware. Tetapi, tidak semua antivirus dan antimalware dapat berjalan paa mode ini.

 

Melakukan Sistem Restore

Adapun fungsi lain dari safe mode ini ialah dapat menjalankan sistem restore. Meskipun sistem restore ini bisa berjalan dalam mode biasa, tetapi cara-cara tersebut tidak cukup aman apabila terjadi masalah.

 

Mengakses Registry Editor

Bagi pengguna yang sering mengutak-atik regedit atau registry editor ini pasti akan sangat bersyukur bahwa pada saat safe mode ternyata bisa mengakses registry editor. Hal ini tentunya memungkinkan pengguna dalam memeriksa maupun mengubah value pada berbagai sistem. Walaupun dapat dilakukan dalam mode normal, tetapi mengakses registry editor dalam safe mode ini pastinya lebih aman dari kesalahan yang terjadi.


Jika Aanda membutuhkan informasi-informasi dan bantuan, silahkan hubungun teknisi kami dari ITHelpdesk. ITHelpdesk adalah perusahaan IT Support yang dapat membantu Anda jika memerlukan perawatan ataupun perbaikan pada laptop dan komputer Anda. Teknisi kami juga bisa dipanggil untuk melayani homeservice.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)