-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Standar spesifikasi laptop untuk desain grafis, dan arsitektural

Tidak ada komentar
Desainer grafis di masa ini adalah profesi yang banyak digandrungi kaum milenial. Beberapa perusahaan baik yang besar, start up, memiliki karyawan yang khusus memenuhi kebutuhan desain untuk perusahaan. Banyak pula desainer grafis yang bekerja secara mandiri atau free lance. Hal ini menyebabkan banyaknya kampus yang membuka jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), bahkan tidak ketinggalan juga sekolah kejuruan membuka jurusan yang sama.

Komputer atau dalam hal ini laptop adalah salah satu alat penunjang yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis selain tentunya skill dasar yang sudah didapatkan.

Bagaimanakah spesifikasi dasar laptop yang dibutuhkan untuk menunjang kemampuan kerja desain grafis. Ada beberapa persyaratan yang sebaiknya dimiliki di dalam spesifikasi laptop untuk desain grafis, syarat ini tidaklah mutlak, namun jika anda bisa memenuhinya saya yakin itu akan memudahkan untuk membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan anda. ITHelpDesk tempat jasa perbaikan kerusakan laptop akan membantu kesulitan anda mengenai laptop dan permasalahannya.

Bisakah laptop standar digunakan untuk desain grafis?


Jawabannya tentu bisa, akan tetapi pastinya ada hal hal yang harus disesuaikan seperti misalkan program yang digunakan mau tidak mau memakai versi lama karena tentunya  menyesuaikan dengan kemampuan daripada laptop itu sendiri, apalagi program program grafis versi terbaru, menurut pengalaman saya biasanya program grafis versi terbaru seperti AI, Corel, Photoshop saat proses instalasi akan ada pemberitahuan mengenai spesifikasi laptop yang dibutuhkan agar aplikasi yang dijalankan bisa maksimal.

Kalau ada yang murah kenapa harus beli yang mahal?


Memang benar tidak ada salahnya menggunakan laptop yang murah untuk tujuan penghematan, perlu dicatat produktivitas anda akan berkurang sangat jauh ketika anda menggunakan spesifikasi laptop yang biasa saja, bahkan banyak waktu terbuang sia sia gara gara kelamaan menunggu loading proses editing, belum lagi kalau harus mengedit dan render video, bisa begadang semalaman juga belum tentu kelar.

Semua itu kembali lagi ke kebutuhan dan kemampuan anggaran yang kita miliki juga, kalau saya pribadi saya lebih memilih membeli laptop bekas dengan spesifikasi yang mumpuni untuk desain ketimbang membeli laptop baru tetapi speknya tidak cukup baik untuk kebutuhan pekerjaan desain grafis. Dengan catatan anda harus teliti dalam memilih laptop bekas dan penjual yang amanah agar anda tidak tertipu.

Lalu laptop seperti apakah yang cocok untuk desain grafis?


Processor

Dalam sebuah perangkat laptop grafis, processor adalah komponen terpenting yang melakukan pekerjaan paling berat, karena dia yang bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan matematis dan logis yang diperintahkan oleh user. Ibaratnya processor adalah otak yang mengendalikan semua perintah yang masuk ke dalam laptop.

Processor laptop dirancang dan berbeda dari processor computer. Misalkan produk yang dibuat oleh intel i3, i5, atau i7, jika serinya ada akhiran U maka processor ini diperuntukkan untuk versi laptop atau mobile. Processor ini dibuat untuk mengandalkan efisiensi penghematan listrik, karena laptop mengandalkan power dari baterai. Untuk kinerja memang processor laptop masih sedikit berada dibawah processor computer, namun jangan khawatir masih tetap baik digunakan.

Hal yang perlu dipertimbangkan untuk processor grafis

Clock Speed.
Jumlah inti (core).
Fitur hyper treading dan virtualization.
Besaran kapasitas cache (L1, L2, L3).
Generasi processor, lihat awalan angka, missal i3-6006U, berarti ini generasi i3 skylake, kalau awalan 7 brarti ini generasi kabylake dan seterusnya, semakin tinggi, semakin baru dan semakin efisien.

Lalu yang manakan processor yang cocok untuk desain grafis, saya menyarankan untuk menggunakan minimal intel core i3 keatas, kalu untuk AMD cobalah memakai seri A6, A8, A10 atau seri FK yang lebih mumpuni.


VGA

Video Graphic Adapter atau biasa disebut juga GPU adalah bagian dari sebuah laptop yang memiliki peranan membuat tampilan visual dari sebuah laptop, kecuali di beberapa seri Xeon dari intel, semua processor Intel dan AMD (APU) sudah menyertakan GPU yang terintegrasi dengan processor, untuk lebih maksimal disarankan laptop memiliki VGA atau GPU tersendiri dan untuk kapasitasnya minimal sebesar 2GB.

Saat ini sudah banyak pula laptop di kisaran harga 6 jutaan dengan membawa GPU mandiri yang bagus. Biasanya GPU yang digunakan adalah discreet dari NVIDIA atau AMD ATI Radeon.


Layar atau screen

Untuk pekerjaan desain grafis pastinya anda akan membutuhkan waktu yang lama menatap layar laptop, factor kenyamanan dan keamanan patutlah dipertimbangkan. Semakin besar layar yang dipakai pastinya akan membuat mata tidak cepat lelah karena melihat pandangan yang terlalu kecil. Minimal usahakan menggunakan layar sebesar 15.6 inch, dibanding layar 14 inch memang tidak terlau signifikan perbedaannya, akan tetapi akan lebih memberikan sudut pandang yang luas.

Minimal yang disarankan gunakan layar ukuran 14 inch keatas, dibawah dari itu dijamin bikin pegel mata dan leher karena harus mendekat ke layar untuk melihat detail desain. Konsekuensinya layar semakin besar tentunya akan semakin boros dalam penggunaan baterai. Perhatikan juga resolusi layarnya. Rata rata laptop jaman sekarang sudah menggunakan resolusi 1366x768 pixel. Laptop sekarang juga sudah menggunakan layar full HD 1080 supaya mata tidak cepat iritasi.

Yang terakhir soal layar adalah cari yang sudah menggunakan lapisan non-glare yang bagus. Lapisan non-glare akan membuat mata kita tidak cepat lelah dan membuat mata anda semakin nyaman karena layar tidak memantulkan cahaya lagi. Laptop dengan harga diatas 6 jutaan ra rata sudah memakai lapisan non-glare.


Harddisk

Laptop untuk keperluan desain grafis memerlukan ruang kapasitas yang tidak hanya besar namun juga harus memiliki kecepatan baca yang baik. Untuk kapasitas usahakan minimal sebesar 1TB atau lebih. Berarti 500GB tidak cukup?, jawabannya bisa iya atau tidak coba anda kalkulasi dan hitung sendiri kira kira akan sebesar apa file file yang nanti akan disimpan. Bayangkan jika anda menyukai bekrja dengan kapasitas file foto DSLR yang besar biasanya akan memiliki file sebesar 8 MB, kalau dengan format RAW 1 foto bisa memiliki ukuran 22-25 MB, belum lagi video dan file file dari hasil editing program anda, habis sudah jika kapasitas ruang penyimpanannya kecil.

Untuk kecepatan saat ini masih belum ada yang menyaingi kecepatan dari SSD, namun yang disayangkan adalah harga SSD masih relatif mahal, kalau memungkinkan dan anggaran yang anda miliki cukup banyak carilah laptop yang sudah terpasang HDD dan SSD, untuk instalasi OS dan aplikasi gunakan SSD, sedangkan untuk menyimpan file gunakan HDD.

Nah jadi bagaimana atau anda punya kriteria tersendiri dalam menentukan spesifikasi terbaik laptop untuk desain grafis yang ideal? Kami ITHelpDesk sebagai penyedia layanan jasa service laptop akan selalu membantu anda untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan seputar laptop dan computer.

Patut diingat spesifikasi hanyalah alat penunjang untuk membantu kinerja anda lebih maksimal, akan tetapi yang lebih terpenting adalah bagaimana kemampuan dan kreativitas yang anda miliki sudah cukup mumpuni dan masuk ke dalam kualitas klien atau malah laptopnya sudah keren jadi keasyikan buat main game dan seru seruan.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)