-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Virus Komputer

Tidak ada komentar

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Virus Komputer

Tidak hanya didunia nyata, virus ternyata juga dapat menjangkiti dunia maya. Tetapi, virus yang menjangkiti dunia maya sangat berbeda dengan virus yang menjangkiti dunia nyata. Virus yang menjangkiti dunia maya atau dunia komputer disebut sebagai virus komputer. Virus komputer sendiri bukanlah jenis penyakit yang berasal dari organisme hidup, melainkan berasal dari program komputer yang dirancang dan dijalankan untuk melakukan suatu kejahatan. Menurut para ahli teknologi, virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar secara cepat dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program atau dokumen lain.

Virus komputer pertama kali ditemukan oleh dua orang ilmuwan teknologi, yaitu Dr cohen dan prof adleman. Mereka adalah orang pertama yang menyebut program jahat yang dibuat untuk tujuan kriminal tertentu dengan sebutan virus komputer. Mereka pula orang pertama yang menemukan bukti bahwa program jahat tersebut dapat digunakan untuk mengeksploitasi sistem yang terhubung. Ketika belum ada jaringan internet, virus komputer menyebar melalui tangan - tangan manusia. Virus tersebut menyebar melalui disket dan menginfeksi setiap komputer yang dimasuki disket tersebut. Penjelasannya adalah ketika anda membawa disket berisi virus, kemudian memasukkan disket tersebut ke dalam komputer yang sehat, maka komputer tersebut menjadi terinfeksi virus. Kemudian, ketika seseorang memasukkan disket sehat ke komputer tersebut, maka disket itu juga ikut terinfeksi virus.

Ada banyak sekali virus komputer yang berkembang saat ini seperti Trojan, worm, spyware, malware, rootkit, backdoor, rogue dan lain - lain. Berbagai jenis virus komputer tersebut dijalankan dengan tujuannya masing - masing. Berikut ini merupakan beberapa jenis virus yang digolongkan berdasarkan cara kerjanya, yaitu :
  • Worm : Virus komputer yang menduplikasikan dirinya sendiri pada cakram keras (harddisk). Virus ini membuat sumber daya atau memory yang ada dikomputer tersebut menjadi penuh.
  • Trojan : Virus komputer yang bekerja dengan cara mengambil data dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya kepada pembuat Trojan itu sendiri.
  • Backdoor : virus yang serupa dengan Trojan, tetapi sangat sulit terdeteksi karena menyerupai file yang baik - baik saja, misalnya berbentuk file game.
  • Spyware : virus mata - mata yang bekerja dengan cara memantau aktivitas komputer yang terinfeksi.
  • Rogue : Virus siluman yang menyerupai antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal dan memberikan informasi palsu mengenai adanya virus di komputer target. Virus ini dibuat dengan tujuan supaya si target atau pengguna antivirus palsu tersebut membeli dan melakukan aktivasi program antivirus palsu tersebut, yang pada akhirnya menghasilkan uang atau keuntungan untuk si pembuat rogue. Virus ini diketahui dapat membuka celah keamanan pada komputer target yang dapat mengakibatkan datangnya jenis virus komputer lainnya.
  • Rootkit : virus yang bekerja dengan cara menyerupai kerja sistem komputer normal.
  • Polymorphic virus : Virus komputer yang suka berubah - ubah bentuk sehingga sulit dideteksi.
  • Metamorphic virus : Virus yang dapat merubah pengkodean-nya sendiri sehingga sangat sulit untuk dideteksi.
  • Virus ponsel : Virus yang beroperasi pada telepon seluler. Virus ponsel bisa menimbulkan berbagai dampak negatif pada ponsel yang terinfeksi mulai dari merusak ponsel tersebut, mencuri data - data yang ada didalam ponsel, hingga membuat panggilan secara diam - diam yang dapat menghabiskan pulsa pengguna ponsel.


Demikianlah pembahasanmengenai virus komputer dan beragam jenisnya. Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas tema yang tidak kalah seru yaitu mengenai tanda - tanda komputer yang telah terserang virus dan cara menanganinya. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)