-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tips Printer Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tidak ada komentar

 

Merawat Printer - Ada cara yang dilakukan untuk merawat printer, katanya jika hal ini akan membuat printer lebih awet dan tahan lama. Langkah sederhana berikut layak Anda terapkan untuk merawat printer.


Tips Printer Lebih Awet Dan Tahan Lama


Printer merupakan salah satu aksesoris komputer yang penting. Dengan printer kita bisa mencetak dokumen yang telah kita buat di dalam komputer. Kadang - kala, printer ini cepat sekali rusaknya, bahkan tidak pernah dipakai sekalipun. Pada kesempatan kali ini, ithelpdesk.co.id ingin berbagi sedikit hal yang mudah - mudahan bermanfaat untuk Anda semua. Bagaimana cara merawat printer agar tetap awet tidak seperti biasanya.

 

Sebenarnya semua komponen yang terdapat didaam printer merupakan komponen penting. Tetapi dari semua komponen, ada beberapa yang dianggap paling penting yaitu Cartridge. Cartridge adalah komponen printer yang paling cepat rusak. Hal ini terjadi karena Cartridge merupakan komponen yang selalu bergerak dan bergesekan dengan kertas. Ini membuat Cartridge tidak akan utuh selamanya. Tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat Cartridge sedikit lebih awet dari biasanya. Apa saja yang perlu dilakukan ? 

 

Inilah tips cara merawat printer.

Cara Merawat Printer

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk merawat printer. Perawatan yang dilakukan, lebih terfokus pada satu bagian komponen yang terpenting yaitu Cartridge. Langkah- langkah yang dapat anda lakukan untuk merawat printer sebagai berikut :

 

1. Jangan mendiamkan printer (tidak digunakan) dalam waktu yang sangat lama

 

Kenapa demikian ? Bukankah apabila suatu barang jarang kita pakai akan membuat awet barang tersebut ? Tidak untuk barang elektronik.

Printer apabila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama akan membuat Head (Kepala cetak) berkarat. Ini akan mengganggu keluarnya tinta. Selain itu sisa- sisa tinta yang ada pada kepala cetak dapat juga mengering.

Nah ini akan sangat bermasalah. Oleh karena itu tips pertama untuk merawat printer adalah gunakan terus printer anda walaupun hanya dengan selembar kertas.

 

 

2. Jangan mencetak  dokumen dalan jumlah banyak sekaligus

 

Tips Sederhana Cara Merawat Printer yang kedua adalah mengasihani printer. Printer juga punya batasan kemampuan sobat semua. Jadi jangan perlakukan dia sebagai makhluk yang tanpa batas.

Head Cartridge mempunyai batas maksimum dan waktu maksimum untuk dapat digunakan dengan baik. Apabila ingin mencetak dalam jumlah banyak. Usahakan secara bertahap.

Misal anda sobat akan mencetak 100 halaman. Maka lakukanlah 30 halaman terlebih dahulu, kemudian istirahat beberapa menit kemudian lakukan lagi. Dan seterusnya.

Bagi anda yang memiliki printer infus, atau istilahnya printer yang telah dimodifikasi sehingga tinta berada diluar kemudian dihubungkan dengan selang masuk ke dalam kartridge. Salah satu cara merawat printer infus diantaranya adalah ini.

 

3. Lakukan Cleaning secara seperlunya dan jangan berlebihan

 

Sobat yang pernah menggunakan printer pasti tahu istilah “Cleaning” dalam perawatan printer. Cleaning ini dilakukan apabila tinta yang keluar kurang jelas atau sedikit tersendat.

Tujuan cleaning adalah untuk memerintahkan kepada head (kepala cetak) untuk menyerap tinta yang ada dalam kotak tinta.

Apabila terlalu banyak melakukan cleaning tempat tinta yang terdapat dalam printer akan kebanjiran. Ini merupakan cara sederhana untuk merawat printer yang paling populer.

 

4. Sesekali lakukan teknik maintenance berikut ini

 

Terakhir, cara merawat printer selanjutnya anda bisa lakukan seperti ini. Buatlah gambar empat bulatan berwarna hitam, merah, hijau dan kuning. Sobat bisa membuatnya dengan software microsoft word, insert shapes. Pelajari lagi Insert Shapes pada Microsoft Word 2007.

Setelah itu kemudian sobat cetak dengan resolusi ( Kualitas gambar ) yang paling tinggi. Lakukan ini secara berkala misal sebulan sekali atau dua bulan sekali. Ini bertujuan untuk membuat kinerja Cartridge menjadi lebih baik.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mengecek apakah Cartridge dalam kondisi baik atau tidak. Apabila warna dapat tercetak dengan baik dan benar. Berarti Cartridge dalam kondisi baik.

 

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)