-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mematikan Laptop Yang Sedang Hang

Tidak ada komentar

Cara Mematikan Laptop Yang Sedang Hang

Laptop yang mengalami crash atau hang saat sedang digunakan tentunya menjadi masalah tersendiri terutama bagi orang yang belum terlalu paham mengenai teknologi. Tetapi, anda tidak perlu panik ketika laptop anda mengalami hang ketika digunakan. Anda hanya perlu mematikannya, dan menghidupkannya kembali (melakukan restart). Tetapi, kadangkala laptop yang sedang mengalami hang tidak bisa dimatikan dengan cara normal. Kasus yang paling sering terjadi ketika laptop sedang mengalami hang adalah tombol “start” tidak bisa diakses. Padahal, dalam tombol start tersebut, terdapat ikon shutdown yang berfungsi untuk mematikan laptop. Jika hal itu terjadi, anda tidak perlu panik, karena anda masih bisa menggunakan cara lain untuk mematikan laptop anda. Tetapi, hal yang perlu anda ingat adalah cara ini hanya boleh digunakan pada saat darurat saja karena bisa menyebabkan laptop rusak jika terlalu sering digunakan.


Menggunakan tombol rahasia

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows 8, ada salah satu tombol rahasia yang bisa anda gunakan untuk mematikan laptop ketika laptop sedang mengalami crash atau hang. Tombol rahasia ini diungkapkan langsung oleh pihak Microsoft dan memang dirancang khusus untuk dapat digunakan dalam keadaan darurat. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengarahkan kursor pada bagian pojok kanan bawah. Anda juga bisa melakukan hal serupa pada pojok kanan bagian atas. Kemudian, usahakan mengarahkan kursor tersebut hingga muncul charm bar. Setelah charm bar terlihat, lanjutkan dengan mengklik tombol setting, kemudian tekan tombol power. Setelah itu, akan muncul 3 opsi yaitu sleep, shutdown dan restart. Jika laptop anda mengalami hang, maka tombol yang harus dipilih adalah tombol shutdown atau restart.

Menggunakan tombol keyboard

Keyboard yang sering anda gunakan untuk mengetik, ternyata memiliki berbagai fungsi rahasia yang bisa anda gunakan ketika dalam keadaan darurat. Salah satunya adalah dapat mematikan komputer yang sedang mengalami hang dengan cepat. Untuk melakukannya, anda harus menekan tombol ALT dan F4 secara bersamaan. Setelah kedua tombol tersebut ditekan secara bersamaan, kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti switch user, shutdown, restart, sign out, dan sleep. Jika kasusnya adalah komputer atau laptop anda mengalami hang, maka anda pilih opsi shutdown untuk mematikan komputer anda. Tetapi, perlu dicatat bahwa cara ini hanya boleh digunakan ketika dalam keadaan darurat saja, karena cara pintas ini juga dapat mengganggu kesehatan laptop anda di kemudian hari.

Mengubah tombol power

Bagi pengguna windows 10, ada fitur tersembunyi yang bisa anda gunakan untuk mematikan laptop yang sedang mengalami hang secara cepat, yaitu dengan cara mengubah tombol power menjadi tombol shutdown. Cara ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan, karena dapat merubah fungsi tombol power yang semula untuk menghidupkan komputer menjadi untuk mematikan komputer atau laptop. Untuk pengaturannya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke menu control panel. Selanjutnya, pilih menu “hardware and sound”. Jika sudah berada pada bagian power option, pilihlah “change what the power off buttons do”. Kemudian, anda bisa mengubah “when I press the power button” dari sleep menjadi shutdown. Apabila sudah selesai, anda tinggal menekan ok. Dengan cara ini, kita bisa langsung mematikan komputer hanya dengan menekan tombol power. Tetapi, cara ini hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat saja.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mematikan laptop yang sedang mengalami hang. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia teknologi. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel berikutnya.  

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)