-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tips Memperbaiki Komputer Sering Hang

Tidak ada komentar
Tips MemperbaikiKomputer Sering Hang. Rata – rata pengguna komputer / laptop pasti pernah mengalami komputer hang atau crash. Komputer yang sering hang akan membuat kita merasa kesal, menunggu lama tetapi program atau file yang diinginkan tidak mau terbuka.
Jika mengalami hal ini biasanya komputer akan dimatikan secara paksa (punya pengalaman kayak gitu. hehehe). lalu pertanyaannya kenapa ya koq bisa macet? Penyebab komputer hang ada banyak, dan pada postingan kali ini saya akan mencoba sedikat share mengenai cara Memperbaikinya.
tips memperbaiki komputer yang macet Hang
Adapun penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Hang / macet diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Virus Pada Komputer
penyebab: Infeksi virus dapat menyebabkan komputer tidak stabil. Beberapa virus menghapus boot sektor dari sebuah hard drive sehingga mustahil untuk start sebuah program.
cara mengatasi: Perlindungan terhadap virus harus dilakukan secara terus menerus, Sebuah scanner virus sangat dibutuhkan agar dapat mengidentifikasi virus. Hasil scan virus akan disimpan dalam file DAT. File DAT harus diperbaharui mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus Anda.untuk antivirus yang baik sobat bisa membaca 5 sofware antivirus gratis terbaik
2. sofware atau aplikasi komputer
penyebab : Perangkat lunak/sofware yang rusak atau proses instalasi yang tidak sempurna dapat menjadi penyebab utama komputer hang.
cara mengatasi : Cara yang paling baik adalah dengan meng-uninstall atau menghapus perangkat lunak yang dicurigai tidak bekerja dengan optimal kemudian memasang ulang lagi.baca  sofware yang wajib terpasang di PC
3. Buffer Printer
penyebab : Printer hanya memiliki sejumlah kecil memori yang disebut buffer. Pada proses mencetak file entah itu foto maupun tulisan, tindakan mengirimkan dokumen untuk mencetak menciptakan sebuah file besar yang sering disebut file postcript. Hal ini dapat dengan mudah memberi kelebihan beban. Mencetak dokumen juga menggunakan cukup banyak tenaga CPU yang akan memperlambat kinerja komputer Anda.
Jika printer sedang mencoba untuk mencetak karakter yang tidak biasa, maka disinilah masalah sangat sering muncul. Kadang – kadang printer sangat sulit dipulihkan akibat kekacauan dalam buffer printer.
Tips Memperbaiki Komputer Yang Macet Hang karena buffer printer adalah segera hapus buffer printer, caranya yaitu dengan mencabut power printer selama 10 detik. Kemudian hidupkan kembali printernya lalu kembalikan pengaturan default printer sobat.
4. Defragment hard disk
penyebab : Informasi pada HARD DISK menjadi sedikit demi sedikit akan aus seiring waktu pemakaian komputer yang dapat menyebabkan komputer macet
cara mengatasi : Defragment hard disk sebaiknya dilakukan setiap bulan untuk mencegah komputer crash. cara melakukan defragment hard disk : Buka Start Menu–> Aksesoris–> System tool–> Disk Fragmenter lalu Ikuti perintah selanjutnya.
baca : 5 cara mengoptimalkan kinerja komputer
5. RAM
penyebab : Kerusakan RAM (random access memory) akan menyebabkan layar mati dengan pesan yang mengatakan Fatal Exception Error. Sebuah kesalahan fatal menunjukkan masalah hardware yang serius. Kadang-kadang hal ini dapat berarti ada bagian yang rusak dan perlu penggantian.
cara mengatasi : Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah untuk masuk ke setting BIOS dan meningkatkan wait state dari RAM. Hal ini dapat membuatnya lebih stabil. Cara lain untuk memecahkan masalah ini adalah mengatur ulang Chips RAM pada motherboard dengan cara membuka dan memasang kembali dengan benar.
6. Resolusi Layar
penyebab : Masalah resolusi layar video juga dapat mengakibatkan komputer macet
cara mengatasi : kurangi resolusi layar video komputer sobat dengan cara : Masuk ke Start –> Setting–> Control Panel–> Display–> Setting. Di sini Anda harus geser bar area layar ke kiri. Lihatlah pengaturan warna pada bagian kiri jendela. kebanyakan desktop warna yang tinggi kedalaman 16- bit sudah cukup.
7. Kipas CPU
penyebab : CPU (central processing unit) biasanya dilengkapi dengan kipas agar tetap dingin. Jika kipas tidak bekerja optimal, dapat menyebabkan komputer telalu panas dan menghasilkan jenis kesalahan tertentu yang disebut kesalahan kernel. Ini masalah umum di chip yang telah overclocked untuk mengoperasikan highspeeds dari yang seharusnya.
cara mengatasi : ganti kipas CPU di komputer Anda.


KESIMPULAN: penyebab perangkat komputer atau laptop macet dapat dikarenakan oleh berbagai hal, oleh karena itu kita harus pandai – pandai menganalisa agar dapat mengatasi masalahnya. apabila Anda tidak yakin bisa memperbaiki lebih baik dibawa ke tempat jasa perawatan komputer terbaik.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)