-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Sharing Printer Dalam Satu Jaringan

Tidak ada komentar

Sharing printer merupakan cara menghubungkan satu printer dengan beberapa komputer dalam satu jaringan. Selain bisa menghemat pengeluaran, pemanfaatan fitur sharing printer ini juga bisa menghemat waktu. Jadi, kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membelikan printer untuk setiap komputer. Atau juga kita tidak perlu lagi bolak-balik hanya untuk mencetak dokumen. Cukup sediakan satu printer dan kita cukup duduk di depan komputer untuk melakukan print. Sharing printer ini bisa melalui pada jaringan LAN yang berbasis kabel dan juga wireless/wifi. Yang terpenting adalah setiap komputer harus bisa terhubung dengan baik pada komputer yang terkoneksi dengan printer. Cara sharing printer berikut ini bisa Anda lakukan di beberapa OS seperti windows 7, 8, dan 10. Ini karena langkah-langkahnya tak jauh beda antara satu sama lain. Untuk lebih jelasnya mengenai cara sharing printer dengan komputer lain. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Pertama-tama tentu kita terlebih dahulu mengaktifkan File and printer sharing, Yaitu dengan cara membuka Control Panel terlebih dahulu, lalu pilih Network and Internet.
2. Setelah jendela Network and Internet terbuka, Anda pilih Network and Sharing Center.
3. Kemudian Anda klik Change advanced sharing settings.
4. Untuk sharing file maupun printer, klik tulisan Turn on file and printer sharing. Dengan Anda mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna yang lain bisa mengakses file atau printer yang sudah Anda sharing.
5. Langkah ini hanya opsional, bisa dilakukan maupun tidak. Jadi misalkan PC Anda melakukan sharing printer, dan PC Anda ini juga Anda beri password login. Maka siapa saja yang ingin mengakses printer yang sudah disharing oleh PC Anda wajib memasukkan password Anda terlebih dahulu. Saya sarankan Anda menonaktifkan fitur yang satu ini agar tidak repot, silakan pilih All Networks.
6. Kemudian pilihlah Turn off password protected sharing. Dengan cara ini, maka setiap komputer atau PC yang hendak mengakses printer yang sudah dibagikan oleh PC Anda tidak perlu lagi untuk memasukkan password. Jika sudah jangan lupa klik Save changes.
7. Setelah sudah mengaktifkan File and printer sharing, maka sekarang Anda dapat melakukan sharing printer. Selanjutnya Anda buka Control Panel kemudian pada kategori Hardware and Sound, klik View Devices and Printers.
8. Kemudian, klik kanan pada salah satu printer yang ingin di sharing lalu pilih Printer properties.
9. Pindah ke tab Sharing kemudian centang Share this printer selanjutnya klik OK.
Sekarang printer Anda telah dapat disharing dan bisa digunakan pada komputer lain yang sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Berikut cara untuk mengakses printer yang telah dishare tersebut pada komputer lain.

Cara Mengakses Printer yang Telah Dishare
1. Anda bisa mengakses printer tersebut buka File Explorer kemudian pilih Network. Klik nama komputer yang telah terhubung dengan printer.
2. Nah, lalu akan tampil apa saja yang telah disharing oleh PC tersebut yang mana salah satunya yaitu printer tersebut. Lakukan Klik kanan pada printer lalu pilih Connect. Tunggulah sampai proses Connecting selesai.
3. Sekarang, Anda sudah dapat mencetak dokumen Anda dengan memakai printer yang sudah disharing tersebut. Jangan lupa, saat akan mencetak dokumen, Anda harus memilih nama printer tersebut.
Akan tetapi jika tidak ingin repot, maka kami akan memberikan saran satu-satunya yaitu dengan mencari jasa layanan perbaikan. Ithelpdesk adalah sebuah jasa layanan terbaik. Selain perbaikan, Ithelpdesk juga bisa memberikan pelayanan perawatan, IT support dan lain-lain.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)