-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tips dan trik merawat serta membersihkan motherboard dengan mudah

Tidak ada komentar

 

Dengan memastikan motherboard pada komputer supaya selalu dalam kondisi terawat dan bebas dari debu, adalah cara paling mudah untuk menjaga motherboard agar tidak cepat rusak dan lebih awet pemakaiannya.


Bagi anda yang biasanya suka utak-atik komputer pasti tidak asing lagi dengan istilah-istilah pada perangkat komputer seperti motherboard, power supply, prosesor, RAM, chipset, sampai yang namanya baterai CMOS. Semua itu adalah spare part yang terdapat di dalam komputer, apabila ada salah satu spare part tersebut yang mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan komputer akan terganggu bahkan useless (mati) secara mendadak. Wah bisa gawat donk kalau PC (komputer) kita tiba-tiba mogok ga bisa digunakan.


Nah, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membersihkan motherboard pada komputer secara benar. Mengingat motherboard ini adalah spare part utama sebuah komputer, jadi cara perlakuannya pun harus benar, jangan asal-asalan. Apalagi untuk laptop yang untuk membongkarnya saja diperlukan keahlian, alat khusus dan kehati hatian, sebaiknya gunakan jasa service laptop untuk membongkar laptop kesayangan kalian.


Bagi anda yang belum tahu, Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).


Jadi dapat dikatakan bahwa Motherboard merupakan kompenen utama dari sebuah PC, karena pada motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer, motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.


Bagian-bagian di Dalam Motherboard

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan singkat apa saja sih bagian-bagian yang ada pada motherboard yang perlu anda ketahui dan harus dijaga kebersihannya, simak uraian singkat di bawah ini:


1. Socket Prosessor / CPU Socket

Merupakan tempat dimana prosessor terpasang. Kalau dilihat secara fisik, area dari socket prosessor ini selalu dikelilingi oleh 4 lubang untuk penyangga Heatsink Fun, karena Prosessor sangat memerlukan penghantar panas saat bekerja.


2. Slot Memory 

Secara fisik bentuknya memanjang, sesuai dengan panjang RAM. Pada umumnya posisi slot memory ini bersebelahan dengan socket prosessor, dan biasanya jumlahnya lebih dari satu slot. Disinilah RAM dipasang.


3. Slot IDE dan Slot SATA

Kedua slot ini berbeda bentuknya, tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk penghubung Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisik slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil.


4. Slot AGP dan PCI Express x16

Kedua slot ini fungsinya adalah sebagai tempat dipasangnya VGA Card atau Graphic Card. Kedua slot ini berbeda jenisnya, AGP adalah jenis lama dan sudah jarang ditemukan di motherboard jenis baru. Kebanyakan motherboard saat ini menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis.


5. Slot PCI dan PCI Express x1

Slot ini digunakan untuk memasang berbagai macam peripheral tambahan.


6. BIOS (Basic Input Output Sistem) 

Merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.


7. Baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semicondutor)

Merupakan sebuah baterai kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuknya mirip dengan baterai pada jam tangan, hanya saja pada baterai CMOS bentuknya sedikit lebih besar.


8. Power Connector 

Menghubungkan motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Biasanya berjumlah 20-24 pin.


9. I/O Ports

Merupakan kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Terdiri dari USB, LAN, VGA, SERIAL, PS/2.


10. Pin Kabel Front Panel

Memiliki bentuk seperti jarum-jarum, digunakan untuk memasang tombol power, restart, led power dan led hardisk.


Mengingat semua komponen di motherboard bersifat penghantar listrik dan sangat sensitif, maka anda perlu berhati-hati saat membersihkan motherboard laptop/kompter anda. Tentu saja, kami punya tips-tips pamungkasnya


Cara Membersihkan Motherboard dengan Mudah

Dikarenakan motherboard merupakan pusat utama dari semua komponen komputer yang terpasang, maka motherboard harus sering-sering dirawat dan diperhatikan. Motherboard yang tak terawat tentunya akan akan cepat rusak.


Lalu, bagaimana cara merawat motherboard yang benar? Merawat motherboard sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan juga tidak memerlukan biaya mahal. Kuncinya satu, asalkan kita mau rutin membersihkan motherboard maka perangkat ini dijamin akan lebih awet dan tidak mudah rusak.


Debu yang melekat dan dibiarkan menumpuk pada motherboard bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya. Cepat atau lambat kalau nggak segera dibersihkan bisa menyebabkan korsleting pada motherboard. Nah, korsleting inilah yang nantinya membuat komputermu nggak bisa dioperasikan lagi.


Untuk tips dan trik mudah untuk membersihkan motherboard yaitu bersihkan motherboard atau mainboard dengan menggunakan kuas atau blower. Perlu anda ketahui bahwa debu yang menempel dan dibiarkan menumpuk pada motherboard bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya karena bisa menyebabkan komputer menjadi lebih cepat panas.


Cepat atau lambat kalau tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan korsleting pada motherboard. Nah, korsleting inilah yang nantinya bisa membuat komputer anda tidak dapat dioperasikan lagi. Nah, diantara anda pasti pernah mengalami kejadian dimana tiba-tiba PC atau komputer anda mati mendadak pada saat digunakan kan ya? Saat data belum ter-save, tiba-tiba PC mati. 


Bisa dibayangkan bagaimana stress nya. Sebelum membuka dan membersihkan motherboard, pastikan PC dalam keadaan mati ya dan sudah tidak ada aliran listrik lagi agar anda tidak sampai tersengat aliran listrik nanti pada saat membersihkan motherboard. Jadi untuk mengatasi masalah itu, sekarang anda tidak perlu risau lagi karena anda lakukan sendiri di rumah.


Pada saat membersihkan motherboard, ada hal-hal yang perlu anda pahami dan ketahui agar jangan sampai merusak fungsi kerja motherboard itu sendiri. Nah, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui : 


  • Dengan menjaga suhu pada motherboard, dapat membantu memperlancar sirkulasi udara pada system.
  • Ikatlah Kabel – kabel yang terpasang pada motherboard menggunakan pengikat kabel agar sirkulasi udara menjadi lancar.
  • Jika motherboard terlihat kotor karena banyak debu yang menempel, cukup bersihkan motherboard dengan menggunakan kuas atau bisa juga menggunakan penyedot debu mini. Dan pastikan semua debu terangkat, sehingga motherboard dapat dipasang lagi.

Bagaimana, cukup mudah kan cara membersihkan motherboard? Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi jangan khawatir, bagi anda yang tidak punya banyak waktu dan masih bingung bagaimana cara membersihkannya sendiri, sekarang sudah ada solusinya. Anda dapat menghubungi jasa service komputer yang siap membantu anda.


Jangan lupa untuk menjaga motherboard tetap bersih, agar performa komputer tetap terjaga.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)