-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Peluang bisnis jasa service komputer, jasa service laptop, serta inovasinya di era digital

Tidak ada komentar

Inovasi dalam kemajuan dunia teknologi sangatlah cepat dan terus bergerak dinamis. Begitupun dengan komputer dan laptop, produsen dan pengembang akan selalu berusaha membuat produk yang terbaik  agar orang tertarik dan beralih untuk menggunakan produknya.

Komputer dan laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan manusia modern, baik untuk perkantoran, industri, mahasiswa, pelajar, bahkan rumah tangga pun sudah lazim menggunakan komputer atau laptop dalam kesehariannya. Seperti kita tahu banyak hal pekerjaan yang sangat terbantu dengan adanya perangkat ini.

Fakta diatas menunjukkan betapa sangat besarnya dan semakin banyak jumlah pengguna komputer dan laptop di Indonesia setiap tahunnya. Hal ini bisa dibuktikan dari survey data  http://indonesiabaik.id/infografis/jumlah-pengguna-laptop-di-indonesia-17 dan bisa dilihat dari ilustrasi infografis yang diambil dari indonesiabaik.id.



Perangkat elektronik pastinya memiliki umur dan resiko kerusakan, pun begitu dengan komputer dan laptop adalah perangkat yang memerlukan perawatan dan perbaikan setelah sering digunakan. Bagi orang yang mengerti tentang perawatan, perbaikan komputer dan laptop dari mulai yang ringan sampai sulit mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Nah bagaimana dengan pengguna komputer atau laptop yang masih awam dengan perawatan dan perbaikan yang harus dilakukan untuk perangkatnya, disinilah peluang bisnis layanan jasa service komputer diperlukan.

Tidak semua orang mengerti dan memahami tentang seluk beluk perawatan perbaikan komputer dan laptop, dan ada sebagian juga yang memang tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan secara berkala. Disinilah letak peluang usaha yang menjanjikan. Untuk membuka bisnis usaha ini diperlukan keahlian dan waktu.

Setiap jenis usaha pastinya akan memiliki resiko tersendiri di bidangnya masing-masing, lantas apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha ini

Ahli Hardware & Software

Seorang teknisi baik itu kita sendiri atau mempekerjakan orang lain sangat diharapkan memiliki skill atau kemampuan dasar dalam mengatasi masalah yang terjadi di seputar komputer atau laptop, jangan sampai niat pelanggan ingin melakukan perawatan atau perbaikan malah bertambah lagi masalahnya akibat minimnya pengetahuan dari seorang teknisi. Penting sekali menjaga kredibilitas dan kepercayaan pelanggan agar bisa menjadi pelanggan setia kita.



Ada baiknya tidak alergi akan ilmu baru, seorang teknisi haruslah terus mengasah dan mengembangkan kemampuannya baik untuk hardware maupun software, ikut seminar, sharing ilmu, atau berbagi pengalaman dengan sesama teknisi karena ini akan terus menjadi modal dasar kita untuk tetap dipercaya pelanggan.

Alat alat yang dibutuhkan

Usaha ini membutuhkan peralatan yang tidak sedikit seperti obeng, tang, alat ukur komponen ampere meter dan masih banyak lagi, diusahakan gunakan alat alat dengan kualitas yang baik agar proses pekerjaan berjalan maksimal. Agar tidak terasa berat untuk biaya pengadaan alat alangkah baiknya membeli alat dengan cara mencicil disesuaikan dengan kebutuhan alat apa saja dari mulai yang paling penting yang harus dimiliki seorang teknisi. Selain alat kerja dibutuhkan pula software atau driver dari hardware yang terpasang di unit komputer, pemrograman, anti virus, sistem operasi, ataupun aplikasi lainnya untuk mengakomodir kepentingan permintaan pelanggan.

Kantor/Bengkel Kerja

Tempat menjadi hal yang penting untuk menjaga kredibilitas pelanggan, carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan yang ramai, akses yang mudah, serta terdapat lokasi untuk memarkir kendaraan pelanggan. Jangan terburu buru dalam menentukan ruko atau tempat yang akan kita sewa, usahakan lakukan survey dan riset terlebih dahulu selama beberapa hari terhadap lokasi yang akan kita sewa.

Pemasaran & Promosi Online Offline

Sekarang ini semua lini bisnis dituntut untuk bisa berkreasi dengan caranya masing masing untuk memasarkan produk dan jasanya. Sehebat apapun ilmu yang kita miliki tanpa adanya pemasaran yang baik mustahil rasanya orang bisa mendapatkan informasi tentang bisnis kita. Lakukan pemasaran lewat media promosi seperti media cetak baik plang nama, neon box, brosur, dan lainnya untuk memasarkan bisnis usaha jasa service laptop kita, jalin silaturahmi dengan rekanan, saudara, tetangga, atau siapa saja karena setiap orang berpotensi menjadi marketing atau sales yang secara tidak langsung memasarkan dan mereferensikan tempat usaha atau jasa kita ke orang lain.

Di era digital ini perlu adanya strategi khusus dalam hal pemasaran. Saat semua orang semakin dimanjakan dengan adanya fasilitas internet, media social seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, line,  video youtube dan masih banyak lainnya, hal ini tentu akan menjadi sesuatu yang baik untuk memasarkan jasa usaha kita. Strategi pemasaran lewat media social perlu direncanakan dengan matang, penuh kreatifitas, agar terkesan tidak monoton dan orang tertarik untuk melihat postingan yang kita buat.

Buat website berkualitas dan informatif yang isinya cukup jelas menggambarkan lini bisnis  bidang usaha kita yang berkaitan dengan komputer, laptop, informasi lokasi, kontak personal agar orang mudah menemukan tempat usaha kita. Tidak berhenti sampai hanya membuat website saja, sekarang ini orang mencari informasi dengan bantuan dari mesin pencari seperti google, tampilan website teratas atau berada di halaman pertama yang berpotensi mendatangkan pelanggan untuk menghubungi kita. Sebab itu penting website kita didukung dengan SEO yang baik agar bisa tampil berada di rangking teratas mesin pencari google.

Dengan adanya strategi pemasaran melalui online bukan hal yang mustahil bahwa kita bisa menekan biaya sewa untuk tempat di pinggir jalan yang mungkin memerlukan biaya yang besar, sementara kita baru memulai bisnis ini. Jadi kita bisa melakukan pengerjaan dari rumah sendiri atau menyewa tempat yang tidak di pinggir jalan raya dan pastinya biaya sewanya lebih murah.

Kerjasama dengan Toko Komputer/Spare Part

Lakukan kunjungan, jalin kerjasama yang baik dengan toko komputer dan spare part komputer atau laptop, hal ini sangat penting karena satu sama lain saling membutuhkan. Kita memerlukan jasa toko komputer sebagai penyuplai alat alat komponen pada komputer atau laptop dan bukan tidak mungkin toko komputer juga banyak membutuhkan jasa teknisi untuk membantu kebutuhan operasional toko nya. Karena sudah menjadi pelanggan dan memiliki kerjasama yang baik pastinya kita bisa mendapatkan diskon potongan harga dari setiap pembelian material.

Estimasi modal awal jasa service komputer & jasa service laptop pemula (Dengan sewa tempat)

Biaya Investasi:

1. Komputer Rp 3 juta

2. Laptop Rp 6 juta

3. Peralatan usaha seperti kabel data, obeng, dll Rp 1 juta

4. Renovasi ruangan sekitar Rp 4 juta

5. Perlengkapan software seperti cd windows, cd installer dll Rp 2 juta

6. Perlengkapan hardware Rp 8 juta

7. Peralatan pendukung Rp 1 juta

8. Sewa lokasi usaha Rp 10 juta

Maka modal awal yang harus anda keluarkan sebagai biaya investasi usaha service komputer/laptop bagi pemula sebesar Rp 35 juta.

▪ Biaya Operasional:

1. Biaya Pulsa internet Rp 200 ribu

2. Biaya keamanan, listrik, air bulanan Rp 500 ribu

3. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Perkiraan biaya operasional usaha service laptop dan komputer sebesar Rp 1 juta per bulan.

Estimasi harga diatas hanyalah perkiraan, untuk realisasinya setiap lokasi pastinya berbeda biayanya dan bias disesuaikan dengan modal yang ada dulu.


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)