-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Keyboard pada komputer dan jenisnya

Tidak ada komentar

Keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang berfungsi untuk pengguna dapat memasukkan teks ke komputer atau perangkat elektronik lainnya. Keyboard merupakan perangkat periferal utama yang disambungkan ke komputer sebagai alat tambahan yang tidak berada di dalam casing komputer. Keyboard adalah peralatan pendukung yang sangat penting agar komputer dapat dioperasikan dengan maksimal.


Teknologi dan desain dari suatu keyboard bisa dikatakan mengadopsi dari sebuah mesin tik konvensional, dengan angka, huruf, dan symbol yang telah diatur sedemikian rupa untuk kemudahan dalam melakukan pengetikan dengan cepat. Untuk lebih mengenal tentang keyboard cobalah untuk berkonsultasi dengan rekan atau tempat layanan jasa service komputer yang dekat dengan tempat anda.



Desain keyboard biasa disebut juga dengan istilah QWERTY. Dengan enam huruf pertama melintang disudut kiri atas keyboard.

Desain keyboard pada dasarnya mengadopsi dari desain mesin tik, seiring dengan perkembangan jaman dan inovasi yang terus berubah maka desain keyboard pun telah banyak ditambahkan tombol lain, tombol alt/option, control, dan Windows yang berfungsi sebagai tombol pintasan ketika kita sedang melakukan pekerjaan dalam suatu program. Dan masih banyak lagi tombol lainnya yang sangat berfungsi untuk membantu kinerja pengetikan menjadi lebih cepat.

Saat ini keyboard standar masih menjadi primadona sebagian besar pengguna komputer untuk menjalankan komputernya, meskipun ada beragam pilihan macam macam keyboard computer. Berikut ini beberapa macam keyboard yang ada di pasaran :

·         Keyboard Flexibel

Jenis keyboard yang terbuat dari bahan silokon lembut yang sangat lentur. Tahan terhada air dan debu serta tidak perlu sering melakukan pembersihan. Memiliki fungsi yang sama dengan keyboard standard an juga dihubungkan melalui konektor slot USB. Untuk ketahanan jenis keyboard ini lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis keyboard standar.



·         Keyboard Ergonomis

Jenis keyboard yang telah disesuaikan dengan kontur tangan anda, agar lebih mudah dalam penggunaannya, mengurangi ketegangan, posisi tangan flexible bisa menekuk atau lurus. Spasi bar memiliki ukuran yang lebih besar sehingga memungkinkan untuk melakukan proses pengetikan lebih cepat.



·         Wireless Keyboard

Keyboard nirkabel atau jenis keyboard yang terhubung ke laptop atau computer tanpa menggunakan kabel. Keyboard jenis ini mengusung tekhnologi infra red(IR), frekuensi radio (RF) atau tekhnologi blue tooth untuk terhubung dengan perangkat. Dengan tekhnologi ini akan semakin memudahkan pengguna computer dalam pemakaiannya bisa dari posisi mana saja dan flexible bisa berpindah tanpa harus memikirkan kabel yang tidak sampai.


·         Keyboard Mekanik

Jenis keyboard yang dibuat dengan tekhnologi dan kualitas yang tinggi. Biasanya digunakan di perkantoran atau rumahan yang membutuhkan kualitas penggunaannya. Keyboard ini dirancang memiliki daya tahan yang tinggi dan sangat responsive. Keyboard dengan suara klik yang tajam, respon yang cepat sehingga baik dipakai untuk pengguna dengan mobilitas tinggi ataupun gamers. Biasanya jenis keyboard ini mempunyai kelebihan material yang berbeda dari keyboard biasa. Seperti Papan PCB yang baik, tombol, serta ditambahkan LED untuk penerangan ketika dalam kondisi minim cahaya




·         Keyboard Virtual

Keyboard yang tidak memiliki bentuk fisik dan ini adalah jenis keyboard yang berbasis perangkat lunak. Virtual keyboard adalah keyboard alternative pengganti daripada keyboard fisik biasa. Serta merepresentasikan keyboard biasa menjadi digital keyboard. Virtual keyboard biasanya memiliki banyak karakter, symbol, angka, hruf dan tanda baca.


Keyboard virtual juga banyak dilengkapi dengan tambahan emoji, stiker, atau GIF berdasarkan system operasi perangkat yang digunakan. Keyboard jenis ini biasa digunakan di dalam perangkat tablet, smartphone, atau perangkat portable lainnya. Karena perangkat tersebut tidak memerlukan bentuk fisik daripada keyboard sebenarnya. Contoh dari keyboard virtual ada GBoard atau keyboard digital besutan Google yang biasa dipakai di dalam android atau IOS. Selanjutnya ada OSK yang bisa dipakai didalam Microsoft Windows.


·         Projektor Keyboard

Ini adalah sebuah perangkat input computer yang dapat dihubungkan melalui Bluetooth ke PC mini, tablet computer atau bahkan smartphone. Dalam projector keyboard, gambar dari virtual keyboard dipantulkan atau diarahkan ke permukaan yang datar agar lebih mudah digunakan



·         Keyboard Gaming

Dari namanya saja sudah pasti ditujukan untuk apa dan siapa jenis keyboard ini. Keyboard ini khusus dibuat untuk para pemain game khususnya pemain game professional. Pastinya keyboard ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tombola arah panah di keyboard QWERTY biasa akan digantikan dengan tombol W, S, D, A. Keyboard gaming sama halnya secara kualitas dengan keyboard mekanik dan harganya pun cukup lumayan mahal dibandingkan dengan keyboard biasa. Untuk mendapat informasi yang akurat, anda bisa tanyakan perihal segala macam jenis keyboard ini di toko atau usaha layanan jasa service laptop.


Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun jika anda bingung dalam memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan, anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut.

Silahkan kunjungi website resmi kami https://ithelpdesk.co.id/

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)