-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Membersihkan Motherboard CPU

Tidak ada komentar


Meskipun perannya sudah banyak digantikan oleh laptop atau komputer jinjing, nyatanya PC atau personal komputer masih banyak peminatnya terutama para pengusaha warnet. PC atau personal komputer merupakan seperangkat hardware yang saling terhubung untuk menjalankan sebuah sistem komputer. Hardware yang saling terhubung dalam personal komputer diantaranya monitor, CPU, mouse, dan beberapa perangkat tambahan lain. Pada personal komputer, CPU merupakan perangkat terpenting yang menjadi tulang punggung dalam sistem tersebut. Oleh karena itu, CPU harus selalu dijaga dan dipantau kondisinya supaya performanya tetap terjaga.


CPU sendiri merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang merupakan perangkat hardware pemroses data utama dalam personal komputer. CPU bisa disebut juga sebagai otaknya komputer karena CPU mengatur semua aktivitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi dan software yang ada didalamnya. Karena memiliki peran yang sangat penting, perangkat keras yang satu ini harus selalu dijaga dan dipantau jangan sampai mengalami masalah yang dapat menghambat kinerjanya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada CPU adalah menumpuknya debu pada komponen yang berada didalamnya, salah satunya adalah motherboard. 


Motherboard merupakan sebuah printed circuit board (PCB) yang bertindak sebagai tulang belakang pada sebuah komputer. Hal ini karena motherboard menyediakan sebuah konektivitas elektrik yang disebut bus sehingga semua komponen dan perangkat eksternal pada motherboard tersebut dapat saling terhubung. Motherboard tersusun atas beberapa komponen yang melekat pada papan PCB, yaitu :

1. Socket CPU

2. BIOS

3. North Bridge Controller

4. South Bridge Controller

5. Konektor Power Supply Unit

6. Slot RAM

7. Slot PCI

8. Slot AGP

9. Slot IDE dan SATA

10. CMOS


Menjaga kebersihan motherboard merupakan hal yang harus dilakukan supaya performanya tetap terjaga. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membersihkan motherboard, yaitu dengan membersihkannya menggunakan kuas atau dengan mencucinya dengan deterjen. Tetapi, cara kedua dinilai sangat berisiko sehingga tidak dianjurkan untuk pemula. Cara paling aman untuk membersihkan motherboard adalah membersihkannya menggunakan kuas dan cairan khusus yang disebut cairan IPA. 


Sebelum anda mulai melakukan pembersihan motherboard, anda harus menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu, yaitu obeng, kuas halus, thermal paste, hapusan pensil, dan larutan IPA yang bisa anda beli di toko kimia terdekat. Setelah semua peralatan untuk membersihkan motherboard tersedia, barulah anda bisa memulai untuk membersihkan motherboard. Untuk membersihkannya, anda bisa memperhatikan langkah - langkah berikut ini :


1. Lepaskan socket power pada motherboard


Socket power atau yang juga disebut sebagai power connector merupakan penghubung antara motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Anda harus melepaskan socket power ini secara hati - hati. 


2. Lepaskan RAM pada motherboard


Setelah anda melepaskan socket power dari motherboard, langkah selanjutnya adalah melepaskan RAM dari motherboard. Langkah ini harus dilakukan supaya anda bisa membersihkannya dengan lebih leluasa. RAM sendiri merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai penghubung antara processor dengan harddisk. 


3. Lepaskan semua card yang ada pada motherboad


Anda juga harus melepaskan semua card yang ada pada motherdboard. Card sendiri merupakan kumpulan slot yang terdiri atas slot PCI, PCI express, dan slot - slot lain yang berfungsi untuk memasangan peripheral tambahan.


4. Lepaskan socket panel pada motherdboard dan jangan lupa untuk mencatat posisi socket supaya anda tidak lupa ketika memasangnya kembali. 


Socket panel merupakan kabel penghubung antara komponen lain yang ada didalam CPU dengan motherboard. Ketika akan membersihkan motherboard, anda harus melepasnya terlebih dahulu dan pastikan supaya anda mencatat posisi socket tersebut agar tidak lupa ketika memasangnya kembali.


5. Lepaskan kabel IDE


Kabel IDE merupakan kabel yang terhubung dengan harddisk dan CD Rom. Anda juga harus melepaskan kabel ini ketika akan membersihkan motherboard.


6. Lepaskan pendingin processor dengan cara memutar semua kunci hingga mentok. 


Kipas pendingin processor atau yang dikenal dengan sebutan FAN merupakan komponen yang berfungsi untuk mendinginkan processor supaya suhu CPU tetap stabil dan tidak terlalu panas. 


7. Jika sudah tidak ada lagi komponen yang menempel pada motherboard, langkah selanjutnya adalah anda harus melepaskan baut yang ada pada motherboard menggunakan obeng. 


8. Setelah semua baut yang ada pada motherboard telah dilepas, anda dapat mulai membersihkan motherboard menggunakan kuas halus, tissue, dan cairan IPA. 


9. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas processor menggunakan kuas halus.


10. Proses pembersihan CPU akhirnya telah selesai. Setelah semua komponen CPU bersih dari debu, pasang kembali motherboard kedalam casing. Jangan lupa juga untuk memasang kembali card PCI, RAM, VGA, serta kabel - kabel yang telah dilepas sebelumnya.


Demikianlah pembahasan mengenai cara membersihkan motherboard CPU. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai perawatan motherboard pada CPU. Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun jika anda merasa tidak ada waktu untuk membersihkan CPU, anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)