-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Mengenal Beberapa Jenis Kabel Ethernet

Tidak ada komentar

Mengenal Beberapa Jenis Kabel Ethernet

Ada banyak sekali jenis kabel dalam dunia telekomunikasi yang perlu anda ketahui dan perlu anda pelajari, salah satunya adalah jenis kabel ethernet. Ethernet sendiri merupakan jenis kabel pemrosesan sinyal yang digunakan untuk mengirim data pada jaringan komputer. Ethernet dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan david boggs pada tahun 1972. Teknologi ethernet merupakan teknologi perkabelan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Teknologi ethernet sering digunakan mengkoneksikan PC atau laptop pada setiap jaringan LAN (Local Area Network) hampir di seluruh dunia. Banyak orang yang memilih menggunakan teknologi ethernet karena selain harganya terjangkau, teknologi ini juga mudah diadaptasi oleh berbagai perangkat lain seperti modem, printer, scanner, faximile, VoIP phone, serta berbagai perangkat teknologi lainnya.

Berdasarkan kecepatanya, ethernet terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Ethernet : 10 Mbit/detik.
  • Fast ethernet : 100 Mbit/detik.
  • Gigabit ethernet : 1 Gbit/detik.


Diketahui ada beberapa jenis kabel ethernet yang sering digunakan untuk mengkoneksikan jaringan komputer ke beberapa perangkat dalam jaringan tersebut, yaitu :

Thin ethernet


Thin ethernet merupakan jenis perkabelan ethernet yang menggunakan jenis kabel coaxial RG-58 yang memiliki panjang antara 0,5 meter hingga 185 meter serta dapat menghubungkan lebih dari 30 unit komputer. Jenis perkabelan thin ethernet memiliki beberapa keunggulan, yaitu memiliki biaya yang relatif murah serta proses pemasangan komponen yang lebih mudah.

Thick ethernet


Thick ethernet atau yang juga dikenal dengan thicknet merupakan teknologi ethernet yang dapat menghubungkan lebih banyak komputer serta dapat memperbesar jarak antar komputer. Pada teknologi thicknet, anda membutuhkan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan. Jenis konektor yang digunakan pada teknologi thicknet adalah konektor tipe DIX. Kabel transceiver sendiri memiliki panjang maksimum 50 meter, sedangkan panjang kabel thicknet dapat mencapai panjam maksimum hingga 500 meter dengan maksimal  100 transceiver yang terhubung. Tetapi, biaya pengadaan kabel thicnet diketahui lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel thinnet. Selain itu, proses pemasangan kabel thicknet juga relatif lebih sulit.


Twisted fair ethernet


Kabel twisted fair merupakan sistem perkabelan ethernet yang terdiri atas dua jenis kabel, yaitu shielded dan unshielded. Kabel jenis shielded merupakan jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan kabel jenis unshielded merupakan jenis kabel yang tidak memiliki kabel pembungkus. Kemudian, kabel twisted fair ethernet menggunakan konektor RJ-45 atau konektor RJ-11 untuk mengkoneksikan kabel dengan perangkat dalam jaringan tersebut. Lalu, pada twisted fair ethernet network, komputer disusun membentuk pola star atau menggunakan topologi star yang artinya setiap PC memiliki satu kabel twisted fair yang tersentral pada HUB. Teknologi twisted fair diketahui lebih handal jika dibandingkan dengan thin coax karena HUB memiliki kemampuan data error correction serta dapat meningkatkan kecepatan transmisi.

Fiber optic


Jaringan ethernet yang menggunakan kabel jenis fiber optik umumnya hanya ditemui pada perusahaan - perusahaan besar saja. Hal ini karena biaya pengadaan dari kabel fiber optik sendiri diketahui cukup mahal dan proses instalasinya juga cukup sulit sehingga membutuhkan teknisi khusus yang memang ahli dalam proses instalasi fiber optik. Meskipun mahal, anda tidak perlu meragukan performa dari kabel jenis fiber optik karena memiliki kecepatan transfer data mendekati kecepatan cahaya.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis kabel ethernet beserta fungsinya. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Natikan pembahasan menarik lainnya pada artikel berikutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)