-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Tips Membersihkan Flashdisk Yang Penuh Virus

Tidak ada komentar

Tips Membersihkan Flashdisk Yang Penuh Virus

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan falshdisk. Yaps, perangkat kecil yang satu ini sudah menjadi andalan generasi milenial dalam menyimpan data menggantikan disket maupun CD RW. Flashdisk juga sudah digunakan oleh berbagai golongan usia mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, tua, muda, dan sebagainya. Hal ini karena kemudahan yang diberikan oleh flashdisk dalam hal menyimpan data serta kapasitasnya yang cukup besar jika dibandingkan dengan disket maupun CD RW. Selain itu, penggunaan flashdisk juga bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungkan USB flashdisk kedalam hub yang sudah tersedia di laptop atau PC anda dengan cara dicolok.

Flashdisk atau yang juga bisa disebut dengan USB flash drive merupakan salah satu media penyimpanan data portabel yang dihubungkan melalui port USB yang tersedia pada komputer atau laptop. Pada awalnya, keberadaan flasdisk tidak terlalu vital atau urgent seperti saat ini. Bahkan, ketika pertama kali diluncurkan, ukuran flashdisk tidak lebih dari ½ GB atau sekitar 152 MB saja. Ukuran tersebut bahkan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD ROM saat ini yang berkisar 700 MB. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, flashdisk bahkan sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap. Hal ini tidak lain karena hampir semua aktivitas manusia kini berhubungan dengan data dan internet sehingga membutuhkan media penyimpanan dengan kapasitas besar, namun dengan ukuran yang kecil.

Tetapi, ada hal yang harus anda perhatikan pada flashdisk anda. Terkadang, flashdisk bisa terinfeksi virus komputer sehingga semua data yang ada didalamnya menjadi tidak terbaca. Bahkan, virus komputer yang ada pada flashdisk tersebut bisa menyebar ke komputer yang anda hubungkan dengan flashdisk tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi ini ? Memang, tidak dapat kita pungkiri bahwa keberadaan virus komputer sangat merepotkan. Hal buruk yang bisa ditimbulkan oleh virus komputer ketika menginfeksi PC atau laptop adalah dapat membuat komputer menjadi lambat, komputer sering mengalami hang, hingga matinya komputer secara total dan tidak bisa digunakan lagi.

Oleh karena itu, sebelum flashdisk yang telah berisi virus dapat merusak komputer anda, maka anda perlu menghapus virus yang ada dalam flashdisk tersebut. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus padaflashdisk, yaitu :

Lakukan pembersihan menggunakan antivirus

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menghapus virus dari flashdisk anda adalah dengan cara melakukan pembersihan menggunakan antivirus yang terdapat pada komputer anda. Keberadaan antivirus pada komputer dan laptop memang snagatlah penting. Apalagi jika antivirus yang anda miliki sering melakukan update virus sehingga virus akan sulit masuk kedalam komputer ataupun laptop anda. Cara melakukan penghapusannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pemindaian terhadap flashdisk anda menggunakan antivirus yang anda miliki. Setelah virus komputer terdeteksi, anda bisa memilih dua opsi, yaitu memenjarakan virus ataupun menghapus virus. Tetapi, sebaiknya anda memilih opsi untuk menghapus virus supaya virus tersebut tidak menyebar ke sistem komputer anda.

Menggunakan aplikasi removal tool

Selain antivirus, anda juga bisa menghapus virus yang ada pada flashdisk anda menggunakan aplikasi removal tool. Aplikasi ini bisa anda cara di google dan lakukan instalasi secara mandiri. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa aplikasi removal tool hanya bisa digunakan untuk menghapus virus jenis tertentu saja, sehingga tidak dapat digunakan untuk menghapus virus secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips membersihkan flash disk yang penuh virus. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Nantikan pembahasan menarik lainnya pada artikel berikutnya.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)