-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyerahkan Laptop Ke Tukang Servis

Tidak ada komentar


Memiliki laptop dengan performa bagus dan dapat diandalkan setiap saat merupakaan dambaan bagi semua orang. Saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan hidup manusia modern. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan menggunakan laptop mulai dari mengetik, membuat presentasi, melakukan proses desain, hingga bermain game. Saat pertama kali membeli laptop, anda mungkin akan merasakan bahwa performa laptop anda cukup mumpuni dalam menunjang aktivitas anda sehari - hari. Tetapi, lama kelamaan performa laptop anda pasti akan mulai menurun mulai dari sering ngelag, lemot, sering mati atau restart sendiri dan berbagai permasalahan lainnya. Jika itu terjadi, maka sudah waktunya laptop anda untuk diservis.

Selain permasalahan yang terjadi karena bertambahnya usia laptop, anda juga harus segera melakukan service terhadap laptop anda jika mengalami berbagai masalah lain seperti adaptor laptop rusak, LCD laptop retak, keyboard error dan berbagai permasalahan lain. Tetapi, sebelum anda menyerahkan laptop anda kepada teknisi jasa service dan perbaikan laptop untuk diperbaiki, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas materi mengenai apa yang perlu diperhatikan sebelum menyerahkan laptop ke tukang servis.

Memperbaiki laptop yang rusak atau mengalami masalah sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Tetapi, anda jangan coba - coba melakukannya jika tidak memiliki ilmu dan pengalaman yang mumpuni. Hal ini karena jika anda berusaha memperbaiki kerusakan yang terjadi pada laptop tetapi tidak mengetahui ilmunya, resiko kerusakan laptop yang lebih parah pasti membayangi anda. Oleh karena itu, sebaiknya serahkan laptop anda yang rusak tesebut ke tukang servis berpengalaman untuk diperbaiki. Tetapi, sebelum anda menyerahkannya ke tukang servis, anda harus melakukan beberapa hal berikut ini, yaitu :

1. Mengamankan data - data penting

Sebelum melakukan servis laptop, pastikan anda telah melakukan backup terhadap semua data yang ada pada laptop tersebut dan disimpan ditempat yang aman, seperti harddisk eksternal. Hal ini karena dikhawatirkan data - data tersebut dapat hilang ketika sedang dilakukan perbaikan laptop serta tidak dapat dikembalikan dikemudian hari.

2. Cari informasi mengenai masalah - masalah yang terjadi pada laptop

Meskipun anda akan menyerahkan laptop anda kepada tukang servis untuk diperbaiki, sebaiknya anda juga perlu mencari informasi mengenai masalah - masalah yang sering terjadi pada laptop. Hal ini bertujuan untuk jaga - jaga jika ada tukang servis nakal yang berusaha membuat laporan palsu mengenai kerusakan yang terjadi pada laptop anda yang bertujuan untuk meningkatkan biaya servis.

3. Perhatikan masa garansi laptop

Hal selanjutnya yang pelru anda perhatikan sebelum menyerahkna laptop anda ke tukang servis adalah masa garansi laptop anda. Jika laptop anda masih berada pada masa garansi, sebaiknya anda melakukan servis ke service center resmi dari merek laptop yang anda. Hal ini karena jika laptop anda sudah dibongkar, maka segel garansi yang ada pada bagian bawah laptop akan rusak dan garansi laptop anda pun dinyatakan hangus atau tidak berlaku lagi.

4. Pilihlah teknisi berpengalaman

Jika laptop and asudah berada diluar masa garansi, maka anda boleh menyerahkan laptop anda kepada tukang sevis diluar service center resmi. Hal ini karena biaya servis di service center resmi biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya servis diluar servis center resmi. Tetapi, anda harus memastikan bahwa tukang servis yang menangani laptop anda merupakan tukang servis berpengalaman dan telah memiliki sertifikasi servis laptop dari lembaga penjamin mutu. Hal ini bertujuan supaya anda bisa lebih tenang dan tidak khawatir berlebihan.

5. Mintalah bekas sparepart yang rusak jika ada sparepart yang diganti

Jika teknisi atau tukang servis laptop memberitahu anda bahwa ada komponen laptop anda yang rusak dan perlu diganti, maka mintalah komponen laptop yang rusak tersebut untuk dibawa pulang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh teknisi. Teknisi nakal bisa saja berkata akan mengganti sparepart yang rusak dengan sparepart yang baru dan meminta uang penggantian sparepart, tetapi dia tetap menggunakan sparepart lama anda.

Demikianlah pembahasan mengenai apa yang perlu diperhatikan sebelum menyerahkan laptop ke tukang servis. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyerahkan laptop ke tukang servis. Jika laptop anda mengalami masalah atau kendala yang tidak bisa anda perbaiki secara mandiri, anda tidak perlu panik. anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)