-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Bagaimana Menentukan Daya Power Supply Yang Tepat

Tidak ada komentar


Personal komputer atau yang juga dikenal dengan PC merupakan suatu sistem komputer yang tersusun atas beberapa perangkat elektronik, yaitu monitor, CPU, Mouse, dan sebagainya. Jika processor merupakan otaknya laptop atau komputer jinjing, maka CPU adalah otaknya personal komputer. Perangkat CPU juga tersusun atas beberapa hardware didalamnya yang terdiri dari processor, VGA, Fan, Power supply, dan beberapa komponen lainnya. 


Power supply merupakan salah satu perangkat penting yang ada pada CPU. Power supply sendiri berfungsi untuk memberikan supply daya pada CPU. Pada dasarnya, power supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian akan dialirkan menuju berbagai komponen elektronika yang ada didalam CPU. Berdasarkan rancangannya, power supply terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Power supply internal : Jenis power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard. 

2. Power supply external : Jenis power supply yang dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya.


Fungsi utama dari power supply adalah memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware yang berada didalam chasing komputer. Selain itu, power supply juga berfungsi untuk mengkonversi energi listrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Dirrect Curent) sehingga bisa digunakan oleh berbagai komponen elektronik yang berada didalam chasing komputer. Berdasarkan fungsinya, power supply terbagi menjadi dua jenis, yaitu :


1. Power supply AT


Power supply AT merupakan jenis power supply tertua yang pernah digunakan. Power supply AT pertama kali digunakan pada jenis - jenis komputer zaman dahulu seperti pada tipe pentium 2 dan pentium 3 pada tahun 1997. Sayangnya, power supply jenis AT sudah tidak banyak digunakan oleh komputer - komputer keluaran terbaru. Ciri - ciri power supply AT :

Memiliki 8 - 12 terminal output yang terhubung pada motherboard komputer.

Memiliki daya dibawah 250 watt.

Karena tombol power on dan offnya terhubung dengan chasing komputer, maka untuk mematikannya harus dilakukan secara manual pada saat shutdown komputer.


2. Power supply ATX


Power supply ATX merupakan pembaruan dari jenis power supply AT. Power supply ATX memiliki desain yang lebih kompleks dengan sumber pasokan energi listrik yang lebih efisien. Power supply jenis ATX banyak ditemukan pada komputer generasi terbaru dan penggunaannya bisa dikontrol melalui software yang sudah terinstall didalam komputer sehingga bisa diatur dalam berbagai mode, seperti mode tidur. Mode siaga, dan mode saat komputer dimatikan. Ciri - ciri power supply ATX :

Memiliki 20 sampai 24 terminal output yang terhubung dengan motherboard. 

Menggunakan daya yang lebih besar.

Ketika PC dishutdown, maka power supply akan mati sepenuhnya.


Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah power supply, sebaiknya anda perhitungkan terlebih dahulu kebtuuhan daya komputer anda, untuk menentukan jenis power supply yang tepat. Berikut ini merupakan cara untuk menghitung kebutuhan daya komputer anda, yaitu :


Menggunakan cooler master power supply calculator


Cooler master merupakan salah satu merek power supply ternama. Power supply cooler master sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain memiliki kualitas yang sangat bagus, pelayanan dari perusahaan penyedia power supply ini juga cukup bagus. Mereka menyediakan tools cooler master power supply calculator di website resminya. Tools tersebut dapat membantu kita untuk menentukan berapa banyak daya yang dibutuhkan agar komputer bisa berjalan dengan baik. Tetapi, anda harus memasukkan setiap poin isian yang tersedia pada tools tersebut untuk mendapatkan hasilnya.


Menggunakan outer vision power supply calculator


Outer vision power supply calculator merupakan aplikasi penghitung kebutuhan daya untuk komputer yang berbasis web. Anda hanya perlu mengisi setiap poin isian yang ada pada web tersebut untuk mendapatkan hasilnya. Untuk versi basic dari aplikasi ini, biasanya anda akan diminta untuk mengisi :

Tipe motherboard

Jumlah CPU

Jumlah RAM

Jumlah kartu video dan modelnya

Jumlah dan jenis penyimpanan

Jumlah drive

Jumlah monitor dan ukuran

Waktu penggunaan komputer


Tips Memilih power supply yang tepat


Memilih power supply yang tepat untuk komputer anda merupakan cara terbaik supaya komputer anda lebih awet dan berumur panjang. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang anda miliki, maka semakin tinggi pula daya yang diperlukan. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih power supply yang tepat, yaitu :

1. Perkirakan jumlah daya yang dibutuhkan oleh komputer anda.

2. Carilah power supply yang cukup daya untuk memenuhi kebutuhan komputer. Semakin tinggi dayanya maka semakin baik.

3. Jangan asal memilih power supply. Jangan tergiur dengan PSU yang berharga murah karena kualitasnya belum tentu baik.

4. Usahakan membeli PSU dengan merek - merek yang sudah terkenal dan terpercaya.

5. Carilah PSU yang sudah memiliki cap minimal cap bronze.


Demikianlah pembahasan mengenai bagaimanan menentukan daya power supply yang tepat. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai power supply komputer. Jika anda mengalami kendala ataupun bingung dalam menentukan jenis power supply yang tepat untuk komputer anda, anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk. 


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)