-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Basic Element Of Design

Tidak ada komentar

Tips dan Trik: Komponen Desain Grafis

Komponen Desain Grafis
Desain grafis dalam pandangan ilmu komunikasi adalah metode menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Misalnya saja dalam mendesain surat kabar, desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebiasaan sang pembaca media agar dengan mudah mendesain tata letak dan visual yang cocok. Untuk mempelajari hal tersebut dibutuhkan pengetahuan tentang komponen utama dalam mendesain supaya pesan dari desain yang dibuat dapat tersampaikan dengan baik kepada komunikan. Berikut adalah unsur-unsur dalam desain grafis:

1. LINE (Garis)
Garis merupakan unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga terbentuk gambar garis lengkung (
curve) atau lurus (straight). Garis merupakan unsur utama dalam membangun konstruksi desain. Jenis-jenisnya yaitu solid line, garis titik (dotted line), dan garis putus-putus. 

2. COLOUR (Warna)
Warna merupakan unsur terpenting dalam desain. Warna bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.

3. SHAPE (Bentuk)
Segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk-bentuk dasar yang dikenal dalam tools software desain grafis yaitu kotak, segitiga, dan bulat.

4. SPACE (Ruang)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang dapat dijadikan unsur estetika dan dinamika grafis. Dalam bentuk fisiknya, ruang (space) digolongkan dalam 2 unsur yaitu obyek (unsur) dan latar belakang (background).

5. TEXTURE (Permukaan/Corak)
Tekstur merupakan tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Tekstur dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dinding, batu dll.

6. TYPOGRAPHY (Teks/Huruf)
Tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus. Kita juga dapat mengkolaborasikan font-font yang variatif sehingga desain yang dibuat menjadi lebih bermakna dan mengandung estetika sesuai pasarnya.

7. SCALE / SIZE (Ukuran)
Ukuran yaitu penentuan besar kecilnya suatu obyek. Ukuran digunakan untuk menciptakan penekanan atau kontras obyek sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat terlebih dahulu.

8. DOMINANCE & EMPHASIS (Penekanan Subyek Utama)
Membuat suatu desain dengan penekanan subyek utama sebagai sudut pandang dari audience sehingga desain terbsut memiliki karakter yang berbeda dan bernilai estetika.

9. BALANCE (Keseimbangan)
Mendesain dengan kompilasi yang seimbang dalam penataan antara obyek dengan latar belakang sehingga terlihat sedap dipandang mata.

10. HARMONY (Keselarasan)
Bermain dalam detail di dalam desain mungkin diperlukan supaya dapat menemukan titik keselarasan/keserasian dalam desain namun secukupnya saja.


Sedikit pembahasan tentang keuntungan bagi Anda para pengusaha yang menggunakan Jasa Pembuatan Desain dan Media Promosi di ITHelpDesk.co.id. didalam pengembangan promosi bisnis yang sedang Anda jalani, yaitu:
  1. Mendapatkan desain yang bagus dan profesional yang di desain oleh tenaga ahli pilihan. Team Desainer kami adalah tenaga terlatih yang telah berpengalaman menangani masalahdesain dan promosi
  2. Mendapatkan layanan desain support, baik itu melalui telpon, email maupun remote. Team Desainer kami akan selalu membantu Anda dengan cepat.
  3. Revisi Desain Tidak Terbatas sampai sesuai dengan kebutuhan anda tanpa ada biaya-biaya tambahan.
  4. Harga yang ekonomis dan kami pastikan harga yang anda bayarkan merupakan investasi promosi yang tidak sia-sia.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jasa Pembuatan Desain dan Media Promosi lainnya Anda dapat menghubungi kami di 021-24520565 atau email ke info@ithelpdesk.co.id.
Staff kami siap membantu setiap permasalahan Desain dan Promosi anda.



author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)