-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Laptop mu sering bluescreen? inilah penyebab dan solusinya

Tidak ada komentar

Solusi dari masalah laptop sering Bluescreen

Biasanya penyebab bluescreen disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer anda. Dan biasanya bluescreen oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel window. Bluescreen terjadi ketika windows bertemu dengan error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan windows crash dan berhenti berkerja.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk anda. Dengan menggunakan minidump, kamu dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen. Berikut ini ada Jenis Bluescreen, Penyebabnya Bluescreen dan Solusinya.

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Biasanya jenis bluescreen terjadi karena ketidakcocokan driver hardware yang terinstall di komputer, VGA card anda belum atau driver yang terinstall tidak cocok dan driver Audio card yang tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar.


Solusinya anda hanya perlu install driver hardware yang sesuai lalu coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card anda dan jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar karena kalau tidak benar itu dapat menimbulkan bluescreen lagi.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi karena kerusakan dipartisi atau file systemnya, namun bukan pada hardisk anda. Solusinya anda coba periksa kabel SATA/IDE hardisknya apakah telah terpasang dengan benar dan anda perlu mengecek partisi dengan chksdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi disebabkan karena suhu pada komputer panas (Overheat), overlocking yang berlebihan, processor yang corrupt/ BIOS yang corrupt.
Solusinya anda hanya perlu mematikan(shutdown) komputer terlebih dahulu lalu cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. jika bermasalah coba anda tambahkan komponen pendingin.

4. DATA_BUS_ERROR

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi karena slot memory (RAM) mengalami kerusakan.
Solusinya coba anda periksa dan jika RAM itu rusak maka anda ganti dengan yang baru

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi karena Terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).
Solusinya anda hanya perlu memeriksanya jika kerusakannya fatal anda hanya perlu menggantinya.

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi disebabkan oleh posisi jumper pada hardisk yang salah atau bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector.
Solusinya anda harus periksa kondisi kabel IDE , dan selalu bersihkan virus pada boot sector dan atur kembali jumper pada hardisk

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi karena kesalahan pada saat installasi driver VGA anda.
Solusinya anda hanya perlu menginstall ulang driver VGA anda dan pastikan diintall dengan driver yang sudah ter-update.

8. BAD_POOL_CALLER

Biasanya jenis bluescreen ini terjadi karena Kesalahan pada saat installasi OS ( biasanya sering terjadi pada Windows XP).Solusinya Pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corrupt cara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang komputer. dan pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

Nah itu saja yang dapat saya sampaikan. Dan jika anda membutuhkan jasa layanan perbaikan. Anda kunjungi saja Ithelpdesk karena ini adalah sebuah jasa layanan terbaik. Selain perbaikan, Ithelpdesk juga bisa memberikan pelayanan perawatan, IT support dan lain-lain. Kami adalah spesialis di bidang jasa service laptop berpengalaman


author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)