-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Ketahui Cara Membersihkan Printer Infus

Tidak ada komentar

Ketahui Cara Membersihkan Printer Infus

Printer sudah seperti sahabat bagi mahasiswa tingkat akhir. Selain digunakan untuk mencetak berbagai dokumen skripsi beserta seluruh revisi-nya, printer juga sering digunakan untuk mencetak berbagai keperluan lainnya seperti pembuatan makalah, pembuatan kliping, dan sebagainya. Selain mahasiswa, printer juga sangat penting perannya bagi orang - orang yang memiliki usaha fotocopy sekaligus jasa print dokumen. Oleh karena itu, untuk menjaga printer tetap berfungsi dengan baik, maka anda perlu melakukan perawatan printer secara berkala, minimal seminggu sekali. Bagi para pengusaha fotocopy, printer macet merupakan suatu masalah serius yang bisa berakibat pada menurunnya omset atau pendapatan. Oleh karena itu, anda perlu merawat printer yang anda miliki supaya tidak mengalami macet saat melakukan proses pencetakan.

Ada dua jenis printer yang kita kenal berdasakan letak tintanya, yaitu printer catridge dan printe rinfus. Printer catridge merupakan jenis printer yang menggunkaan catridge sebagai sumber tintanya. Jika tinta pada catridge habis, maka anda harus mengisi ulang tinta catridge tersebut ke toko tinta komputer, atau anda juga bisa menyuntikkan tinta kedalam catridge tersebut. Sedangkan pada printer infus, tinta ditempatkan pada sebuah tabung yang ada diluar printer, lalu disalurkan dengan selang menuju salah satu bagian catridge. Printer infus paling sering digunakan oleh para pengusaha fotocopy atau dan penyedia jasa pencetakan dokumen karena biaya operasionalnya lebih murah serta pengisian tintanya dinilai lebih praktis.

Beberapa tahun lalu, kebanyakan printer masih memerlukan modifikasi untuk menerapkan sistem infus. Tetapi, kini sudah banyak produsen printer yang menerapkan teknologi infus ini. Sehingga anda tidak perlu lagi takut kehilangan garansi jika menggunakan sistem infus. Supaya printer infus yang anda gunakan dapat berfungsi dengan baik, maka anda perlu untuk membersihkan printer infus secara berkala. Berikut ini merupakan cara membersihkan printer infus dengan baik dan benar, yaitu :

Bukalah pengait botol tinta pada printer

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mulai membersihkan printer anda adalah dengan membuka pengait botol tinta yang ada pada printer anda. Usahakan supaya botol tintanya tetap dalam posisi sejajar dengan printer. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya botol infus tidak mudah tumpah ketika sedang dibersihkan. Untuk mencegah terjadinya tumpahan tinta, sebaiknya proses pembersihan printer dilakukan oleh dua orang, dengan satu orang sebagai support untuk membantu memegangi botol tinta supaya tidak tumpah dan untuk membantu berbagai hal lainnya.

Bersihkan tinta dengan lap yang lembab

Setelah anda membuka pengait botol tinta yang terdapat pada printer, langkah selanjutnya adalah bersihkan bagian printer yang terkena tinta menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih. Tetapi, perlu dicatat bahwa jangan sampai menggunakan cairan pembersih terlalu banyak. Bukannya membersihkan, hal ini justru dapat merusak komponen printer. Kemudian, bersihkanlah bagian printer yang terkena tinta menggunakan lap basah tadi secara hati - hati. Jangan sampai anda menekan terlalu keras bagian printer yang sedang dibersihkan karena hal tersebut juga dapat merusak bagian - bagian printer.

Bersihkan bagian roolers menggunakan tisu

Roolers merupakan bagian terpenting dalam sebuah printer. Hal ini karena setiap kertas yang akan dicetak oleh printer, pasti akan melewati roolers terlebih dahulu, sehingga bagian ini perlu diperhatikan kebersihannya supaya kertas yang akan dicetak tidak kotor dan hasil cetakannya menjadi lebih maksimal. Anda bisa membersihkan bagian roolers ini menggunakan tisu. Langkah pertama nya adalah cabutlah kabel daya yang menempel pada printer dan juga pada bagian listrik. Kemudian, bukalah casing printer hingga bagian rooler bisa terlihat oleh anda. Pastikan sudah tidak ada kertas pada roolers tersebut. Jika masih ada kertas, maka cabutlah kertas tersebut. Kemudian, masukkan tisu pada bagian roolers secara berulang - ulang hingga roolers tersebut bersih.

Melakukan head cleaning

Teknik head cleaning perlu dilakukan, terlebih jika tinta printer anda tidak dapat mengalir secara sempurna. Selain itu, head cleaning juga bisa dilakukan untuk membersihkan tinta yang ada pada bagian sisi sebuah printer. Untuk melakukannya, anda bisa melakukan beberapa langkah beirkut ini :
  • Masuk ke menu control panel, kemudian pilih device and printer
  • Setelah masuk pada menu device and printer, kemudian pilhlah printer yang akan kamu bersihkan.
  • Jika ada, klik kanan dan pilih printer properties.
  • Klik tab maintenance.
  • Anda bisa memilih cleaning untuk mode pembersihan biasa, dan deep cleaning untuk mode pembersihan menyeluruh.
  • Pilihlah semua warna supaya setiap tinta dapat dibersihkan dan proses pencetakan dapat berjalan lancar.
  • Tunggulah proses pembersihan yang dilakukan oleh sistem.

·      Cek lah hasil pembersihan yang dilakukan oleh sistem

Demikianlah penjelasan mengenai cara membersihkan printer infus dengan baik dan benar. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda.



author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)