-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop?

Tidak ada komentar

Ada banyak jenis laptop yang beredar di pasaran dengan fungsi yang berbeda, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli?

Jika pada tahun 2000-an laptop termasuk barang mewah, kini hampir semua orang pasti mampu untuk membeli laptop baik secara cash maupun secara kredit. Bahkan, seringkali terdapat lebih dari dua laptop dalam satu keluarga. Kita sangat dimudahkan dengan hadirnya laptop, karena kita bisa mengerjakan tugas dimanapun dan kapanpun.

Hal ini tidak dapat dilakukan oleh personal komputer karena memiliki dimensi yang besar dan beban yang berat serta harus selalu terhubung ke sumber daya. Tetapi, sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal supaya tidak menyesal setelah membelinya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop.

Membeli laptop bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Hal ini dilakukan supaya anda tidak menyesal setelah membelinya. Laptop ada banyak sekali jenisnya mulai dari jenis laptop dengan spesifikasi rendah yang bisa anda dapatkan dengan harga murah, hingga jenis laptop dengan spesifikasi tinggi tetapi dengan harga yang lebih mahal.

Anda harus memutuskan untuk membeli laptop jenis apa terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kebutuhan anda sehari - hari, apakah untuk bermain game, desain, programming, ataupun hanya sekedar menjalankan software pengetikan dan browsing internet saja. 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop

Kenali kebutuhan anda

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah laptop, anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan anda, apakah untuk bermain game, desain, atau hanya sekedar menjalankan program pengetikan saja.

Karena akan sangat percuma jika anda membeli laptop yang berharga mahal dengan spesifikasi besar jika hanya digunakan untuk menjalankan program pengetikan saja. Dan akan menyusahkan anda sendiri jika anda membeli laptop murah dengan spesifikasi rendah tetapi digunakan untuk menjalankan aplikasi berat seperti desain dan bermain game. Anda tentunya akan merasa tidak puas karena laptop yang anda beli sering nge-lag ketika digunakan untuk menjalankan program tersebut.

Spesifikasi laptop

Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah mengenai spesifikasi laptop. Setelah anda mengetahui apa kebutuhan anda, selanjutkan anda harus menentukan spesifikasi laptop yang akan anda beli. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli laptop baru diantaranya merek dan kecepatan processor, kapasitas memori RAM, VGA dan harddisk. Pilihlah merek laptop yang memiliki kualitas baik. 

Ukuran laptop

Anda juga harus mempertimbangkan ukuran laptop yang akan kamu beli. Sesuaikan dengan aktivitas sehari - hari anda, apakah laptop tersebut akan dibawa kemana - mana, ataukah hanya digunakan dirumah saja. Jika anda menggunakan laptop secara mobile dan dibawa kemana - mana seperti ke kampus, kantor, dan sebagainya, maka disarankan untuk menggunakan laptop dengan ukuran dan dimensi yang kecil. 

Laptop yang digunakan untuk keperluan mobile biasanya memiliki dimensi 12,5 inchi hingga 13,3 inchi dan memiliki bobot yang berkisar 1 kg hingga 1,5 kg. Tetapi, laptop dengan dimensi tersebut biasanya memiliki spesifikasi rendah dan hanya bisa digunakan untuk keperluan ringan saja seperti presentasi, mengetik, dan aktivitas blogging. 

Jika anda membutuhkan laptop bertenaga tinggi untuk keperluan desain maupun gaming, anda harus memilih laptop dengan dimensi 14 inchi hingga 17 inchi dan biasanya memiliki bobot hingga 2 kg. 

Jenis dan ukuran media penyimpanan

Ada dua jenis media penyimpanan yang populer saat ini, yaitu harddisk dan SSD. Media penyimpanan harddisk merupakan media penyimpanan yang sangat populer karena memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar tetapi dengan harga yang murah. Sedangkan media penyimpanan SSD saat ini mulai naik daun dan banyak digunakan oleh para desainer dan gamers karena memiliki kecepatan akses memori yang sangat mumpuni.

Sayangnya, media penyimpanan jenis SSD hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil namun dibanderol dengan harga yang cukup mahal. 

Jadi, jika anda membutuhkan laptop untuk menyimpan banyak data, maka pilihlah laptop yang berbasis harddisk. Tetapi, jika anda membutuhkan laptop yang mengandalkan kecepatan seperti untuk bermain game ataupun aktivitas desain, media penyimpanan SSD merupakan pilihan yang tepat. 

RAM (Random Access Memory)

RAM atau Random Access Memory merupakan memory fisik dari setiap sistem komputer yang membantu mempercepat pemrosesan aplikasi. RAM berfungsi seperti jembatan yang meperantarai processor dengan harddisk. Bisa dikatakan, ukuran RAM sangat berpengaruh terhadap jumlah aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan. Oleh karena itu, untuk kelancaran semua tugas dan kinerja komputer, maka disarankan untuk membeli laptop yang memiliki RAM minimal 4 GB. 

Selain kapasitas RAM, tipe RAM juga memiliki peranan penting dalam menentukan kecepatan access data. Anda disarankan untuk mencari laptop dengan jenis RAM DDR3 yang merupakan jenis terbaru. DDR3 dapat berjalan dan beroperasi lebih cepat dibandingkan dengan jenis RAM dengan spesifikasi yang berada dibawahnya seperti DDR2 dan sebagainya. 
Mungkin anda juga ingin tahu: Hal Yang Mengganggu Kinerja Komputer
Demikianlah pembahasan mengenai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda mengenai berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop. 

Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun jika anda bingung dalam memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan, anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Kami adalah spesialis menangani jasa kerusakan dan service laptop dan ditangani oleh tim yang profesional

Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)