-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Apa Beda Hardisk Type SSD VS HDD? (Bagian 2)

Tidak ada komentar

 

Semakin meningkatnya spesifikasi netbook dan laptop ultraportable lebih mumpuni, kapasitas SSD meningkat dan akhirnya distandarisasi bentuknya pada notebook dengan ukuran SSD 2,5 inch. Dengan cara seperti ini SSD bisa ditempatkan diluar dari perangkat laptop atau pc anda dengan mudah, dan produsen hanya membuat satu jenis ruang drive saja.


Belakangan ini muncul bentuk SSD lain yang lebih simpel,seperti kartu mSATA mini PCIe SSD dan format M.2 SSD yang disebutkan diatas (dalam varian SATA dan PCI Express). M.2 telah berkembang pesat di dunia SSD laptop, dan saat ini SSD yang masih menggunakan faktor bentuk 2,5 inch ditujukan untuk meningkatkan PC komputer desktop dan laptop versi lama. SSD dalam ukuran 2,5 inch yang saat ini dirancang untuk komputer atau laptop konsumen kapasitasnya bisa melebihi 8TB.


Jikalau anda masih bingung terkait permasalahan tentang HDD dan SSD, disarankan untuk menghubungi usaha layanan jasa service komputer terdekat dari tempat tinggal anda.


Kelebihan dan kekurangan HDD dan SSD

Hard drive masih banyak digunakan dalam sistem lama, tetapi SSD sekarang sudah menjadi aturan dalam sistem arus utama laptop kelas atas seperti Apple MacBook Pro, yang tidak menawarkan hard drive untuk dikonfigurasi. Komputer desktop dan laptop kelas menengah ke bawah masih akan terus menawarkan penggunaan HDD konvensional sebagai Hard drivenya, mungkin untuk beberapa tahun mendatang masih akan terus dipakai.

HDD dan SSD melakukan pekerjaan dan fungsi yang sama yaitu sebagai alat untuk membooting sistem anda serta menyimpan aplikasi dan koleksi file digital anda. Setiap jenis penyimpanan memiliki ciri dan keunikan sendiri.

Apa perbedaannya, dan kenapa harus memilih salah satunya?

Harga HDD dan SSD

SSD dengan mengusung teknologi terbaru pastinya harganya akan lebih mahal dari HDD konvensional. Untuk sekedar perbandingan untuk harga HDD dalam nilai dollar per GB, internal HDD 2,5 inch 1TB sekitar 40$ sampai 60$, SSD paling murah dengan kapasitas yang sama bisa berkisar antara 100$. Itu berarti perbandingan harga sekitar 4 sampai 6 sen per GB untuk HDD dan 10 sen per GB untuk SSD. Untuk harga fluktuatif mengikuti perkembangan pasar dunia bisa naik, turun.

Karena hard drive menggunakan teknologi yang lebih lama kemungkinan besar harganya akan tetap lebih murah dari SSD. Sekalipiun dibandingkan dengan harga SSD kelas bawah.

Kapasitas Maksimum dan umum HDD VS SSD

SSD masih jarang ditemukan dalam kapasitas lebih dari 2TB, mungkin karena harganya yang relatif masih mahal. Anda mungkin akan  cenderung banyak menemukan HDD konvensional dengan ukuran 500GB hingga 1TB sebagai drive utama dalam sistem. Sementara 500GB dianggap sebagai kapasitas hard drive dasar untuk laptop premium belakangan ini.

Untuk membuat harga yang lebih murah biasanya produsen menyiasatinya dengan menggunakan model penyimpanan SSD dengan kapasitas yang relatif lebih kecil seperti 128GB atau 256GB. Besar kecilnyakapasitas penyimpanan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna sendiri apakah memerlukan kapasitas yang besar atau tidak, pastinya anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menggunakan HDD atau SSD dengan kapasitas yang besar. 


Saat ini untuk penyimpanan file pun bisa menggunakan teknologi cloud sistem baik yang berbayar atau gratis dengan kapasitas terbatas.

Kecepatan HDD VS SSD

Disinilah letak kelebihan dari SSD. PC komputer atau laptop yang menggunakan SSD akan melakukan booting dalam waktu kurang dari 1 menit, bahkan dalam hitungan detik. Sedangkan HDD konvensional memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan booting. Dalam hal pengoperasian pun SSD akan terasa lebih cepat seperti penggunaan aplikasi, transfer file dan sebagainya. Pengguna akan semakin dimanjakan dengan teknologi SSD dimana sekarang mobilitas orang orang sangat tinggi

Daya Tahan

SSD tidak ada bagian yang bergerak, sehingga lebih memungkinkan untuk menyimpan data anda dengan aman jika anda tidak sengaja menjatuhkan laptop atau terkena guncangan saat sedang mengoperasikan. Untuk HDD konvensional saat bekerja akan memutar piringan dan menggunakan kepala baca untuk membacanya. Hal ini yang membuat riskan jika anda tidak hati hati dan terjadi guncangan bisa menimbulkan ketidakstabilan kepala baca dan menyebabkan piringan menjadi tergores.

Flexibilitas bentuk SSD dan HDD

HDD konvensional menggunakan piringan untuk dasar sistem penyimpanan sehingga akan sulit untuk mengakomodir menjadi bentuk yang kecil, akan ada batas maksimal ukuran terkecilnya. Sedangkan SSD menggunakan sistem memori flash sehingga bisa memaksimalkan ukuran SSD menjadi kecil. Dan SSD tidak memiliki batasan ukuran seperti halnya HDD. Jadi kapanpun SSD masih bisa terus melakukan pengembangan untuk mengecilkan ukuran menjadi lebih kecil.

Untuk ukuran sekarang 2,5 inch karena lebih kepada menyesuaikan drive yang tersedia di laptop pada umumnya. Namun seiring berkembangnya jaman, sekarang ini banyak dialihkan ke pengembangan bentuk M.2 dan drive ini memiliki panjang sekitar 42MM, 60MM, 80MM, dan 120MM.

Tingkat kebisingan dan Masa pakai

HDD yang paling tenang sekalipun akan mengeluarkan sedikit suara saat digunakan (Ini karena HDD menggunakan piringan dalam sistem kerjanyanya dan lengan baca akan bergerak naik turun). Sedangkan SSD tidak akan mengeluarkan suara sama sekali karena tidak memiliki mekanisme dalam bekerja.

Jadi gimana apa yang terbaik menurut kalian SSD atau HDD dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing?

Jika ada hal yang ingin ditanyakan ataupun jika anda bingung dalam memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan, anda bisa menghubungi kami IT HELP DESK di nomor : 021-24520565 atau WA : 0878-8899-5777 untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan lebih lanjut. Kami adalah spesialis menangani service dan perbaikan laptop dan ditangani oleh tim yang profesional

Anda juga bisa menghubungi kami via email : info@ithelpdesk.co.id untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai service komputer. Jangan lupa juga untuk mengikuti social media kami di instagram : @ithelpdeskid dan facebook : ITHelpDesk.


Baca juga : SSD vs. HDD: Apa Bedanya? (Bagian 1)



author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)