-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?

Tidak ada komentar

 

Halloooo Sobaaat IT Helpdesk!  Apakah kalian tauuu, bagaimana cara service laptop yang overheating? Kalau kalian belum tertalu paham maka, disini kami akan memberitahu anda cara service laptop yang overheat.  Overheating adalah permasalahan yang sering terjadi pada komputer khususnya laptop yang disebabkan oleh tumpukan debu dan mengotori heatsink (pendingin/kipas) sehingga pembuangan udara panas yang seharusnya dapat keluar dan tergantikan oleh udara segar, tersendat oleh debu yang menumpuk di saluran pembuangan. Sehingga, menyebabkan laptop cepat panas hingga mati total. Kenapa sampai mati total? Salah satu komponen motherboard laptop, yaitu chipset merupakan komponen yang rentan terhadap panas yang berlebihan. Apabila chipset terkena panas berlebih dan diluar kemampuan tersebut maka akan mengakibatkan rusaknya chipset.  Penggunaan laptop yang tidak benar seperti, menggunakan laptop diatas kasur atau diatas bantal akan menyebabkan ventilasi laptop tertutup oleh kasur. Hal ini menyebabkan panas tidak bisa keluar dari laptop dan tidak tergantikan oleh udara segar. Lalu, memasukan laptop ke dalam tas ketika keadaan laptop masih menyala adalah suatu hal yang harus dihindari tanpa alasan apapun. Karena panas yang seharusnya dikeluarkan oleh laptop tidak dapat mengalir.   Menggunakan laptop dengan kinerja sangat tinggi seperti bermain game yang tampilannya sangat detail, reader video dan desain grafis. Pekerjaan seperti ini tidak seharusnya dengan menggunakan laptop. Konfigurasi BIOS yang kurang tepat juga menyebabkan laptop mengalami overheating. Biasanya, terdapat settingan di BIOS yang berupa pengaman temperature laptop diabaikan/dinon-aktifkan. Padahal settingan ini sangat berguna sebagai sensor panas berlebih pada laptop dimana akan mematikan laptop secara paksa saat terjadi overheating. Usia laptop yang sudah tua juga menjadi penyebab laptop overheating dikarenakan semua komponen elektronika semakin lama semakin melemah ketahanannya.  Penyebab lainnya adalah pasta processor yang kering atau habis sehingga panas processor yang seharusnya disalurkan ke heatsink dan dibuang melalui fan processor untuk mengurangi panas dari processor tersebut menjadi terhambat sehingga processor menjadi panas dan mati.   Berikut cara service laptop yang overheating, yaitu :  1. Buka case laptop hingga terlihat fan heatsink. Hati-hati saat membuka case dan perhatikan dengan seksama karena baut yang digunakan sebuah laptop sangat banyak dan bervariasi ukurannya. Catat dan kumpulkan baut tersebut sesuai dengan area nya.

Halloooo Sobaaat IT Helpdesk!

Apakah kalian tauuu, bagaimana cara service laptop yang overheating? Kalau kalian belum tertalu paham maka, disini kami akan memberitahu anda cara service laptop yang overheat.


Overheating adalah permasalahan yang sering terjadi pada komputer khususnya laptop yang disebabkan oleh tumpukan debu dan mengotori heatsink (pendingin/kipas) sehingga pembuangan udara panas yang seharusnya dapat keluar dan tergantikan oleh udara segar, tersendat oleh debu yang menumpuk di saluran pembuangan. Sehingga, menyebabkan laptop cepat panas hingga mati total. Kenapa sampai mati total? Salah satu komponen motherboard laptop, yaitu chipset merupakan komponen yang rentan terhadap panas yang berlebihan. Apabila chipset terkena panas berlebih dan diluar kemampuan tersebut maka akan mengakibatkan rusaknya chipset.


Penggunaan laptop yang tidak benar seperti, menggunakan laptop diatas kasur atau diatas bantal akan menyebabkan ventilasi laptop tertutup oleh kasur. Hal ini menyebabkan panas tidak bisa keluar dari laptop dan tidak tergantikan oleh udara segar. Lalu, memasukan laptop ke dalam tas ketika keadaan laptop masih menyala adalah suatu hal yang harus dihindari tanpa alasan apapun. Karena panas yang seharusnya dikeluarkan oleh laptop tidak dapat mengalir. 


Menggunakan laptop dengan kinerja sangat tinggi seperti bermain game yang tampilannya sangat detail, reader video dan desain grafis. Pekerjaan seperti ini tidak seharusnya dengan menggunakan laptop. Konfigurasi BIOS yang kurang tepat juga menyebabkan laptop mengalami overheating. Biasanya, terdapat settingan di BIOS yang berupa pengaman temperature laptop diabaikan/dinon-aktifkan. Padahal settingan ini sangat berguna sebagai sensor panas berlebih pada laptop dimana akan mematikan laptop secara paksa saat terjadi overheating. Usia laptop yang sudah tua juga menjadi penyebab laptop overheating dikarenakan semua komponen elektronika semakin lama semakin melemah ketahanannya.


Penyebab lainnya adalah pasta processor yang kering atau habis sehingga panas processor yang seharusnya disalurkan ke heatsink dan dibuang melalui fan processor untuk mengurangi panas dari processor tersebut menjadi terhambat sehingga processor menjadi panas dan mati.


Jika Anda memiliki masalah dengan laptop karena overheat, Anda dapat menghubungi jasa peremajaan laptop panggilan terdekat.


Berikut cara service laptop yang overheating, yaitu :

1. Buka case laptop hingga terlihat fan heatsink. Hati-hati saat membuka case dan perhatikan dengan seksama karena baut yang digunakan sebuah laptop sangat banyak dan bervarisi ukurannya. Catat dan kumpulkan baut tersebut sesuai dengan area nya.

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
2. Buka baut heatsink sehingga terlihat processornya

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
3. Bongkar fan processor dengan cara melepas baut berukuran sangat kecil di sekeliling fan tersebut.

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
4. Bersihkan fan processor sehingga tidak terlihat debu sedikitpun. Cara membersihkan bisa memakai kuas cat. Jika sudah selesai, rakit kembali fan processor tersebut.
Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
5. Berikan pasta khusus untuk processor di atas core processor (logam putih di atas processor).

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
6. Berikan karet pendingin khusus untuk chipset.
7. Selesai, silahkan rakit kembali laptop seperti sedia kala, nyalakan dan lihat hasilnya. Laptop kembali adem dan suegerrrr.

Bagaimana Cara Service Laptop yang Overheating?
Demikian yang dapat kami informasikan kepada Anda mengenai cara service laptop yang mengalami overheating. 
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)