-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

All in One (AIO) PC komputer , PC komputer apakah itu?

Tidak ada komentar

Pernah dengar istilah All In One (AIO) PC, yah AIO PC adalah satu produk terbaru dari komputer yang menggabungkan antara monitor dengan unit CPU. Bahkan di beberapa tipe yang layarnya pun sudah menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen.

Jadi pada dasarnya AIO PC adalah salah satu kemajuan perkembangan teknologi dari komputer yang awalnya menggunakan unit monitor dan CPU, di AIO PC sudah tidak menggunakan CPU lagi. Arti tidak menggunakan CPU disini berarti bahwa unit CPU sudah tertanam menyatu di dalam unit monitor. Inilah yang dinamakan PC All In One.

Sumber : https://store.hp.com/id-id/default/buying-guide-what-is-aio

PC jenis ini biasanya hanya terdiri dari perangkat monitor, mouse, dan keyboard saja, ringkas bukan. Yah tentu saja lebih ringkas dan simple karena tidak memerlukan unit CPU lagi. Banyak dari brand dunia mulai membuat atau memproduksi PC jenis ini seperti Axioo atau HP. Namun sebelum anda ingin menggunakan PC All In One ada baiknya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, atau sebelum memutuskan membeli PC jenis ini anda bisa juga menggali informasi terlebih dahulu kepada teknisi atau toko jasa service komputer dan laptop yang terpercaya di dekat tempat anda.

Apa saja yang harus dipikirkan dan dijadikan pertimbangan untuk menggunakan PC jenis ini. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika ingin memakai PC All In One.

Kelebihan menggunakan PC All In One

Desain Simpel & Elegan

Perangkat AIO didesain untuk memberikan ruang yang lebih luas dan kemudahan dalam bekerja, karena tanpa CPU sehingga memudahkan ketika pengguna ingin berpindah ruang tempat kerja.

Layar besar

Biasanya PC All In One didesain memiliki monitor dengan ukuran yang cukup besar 20 inci keatas, bahkan ada yang sudah memakai touchscreen.

Sumber : https://store.hp.com/id-id/default/buying-guide-what-is-aio

Hemat listrik

Tak seperti PC pada umumnya yang membutuhkan perangkat yang membutuhkan daya lebih dari satu unit, sedang PC All In One lebih irit listrik karena hanya satu unit perangkat saja yang membutuhkan daya. Dan didukung dengan teknologi yang ramah lingkungan serta hemat listrik

Kemudahan penggunaan

Dengan sedikitnya perangkat yang dibutuhkan, maka ini akan memudahkan buat pengguna yang memiliki sedikit pengalaman komputer maupun yang sudah terbiasa menggunakan komputer. Hanya dengan satu kabel power unit komputer sudah bisa langsung digunakan.

Kekurangan menggunakan PC All In One

Spesifikasi standar

PC All In One spesifikasinya tidak dirancang digunakan untuk kinerja yang berat, seperti bermain game, desain, kontruksi, 3D dan lainnya. Karena spesifikasi teknologi yang tersemat didalamnya tidak menggunakan spesifikasi yang tinggi. Disarankan untuk menggunakan PC Desktop rakitan saja jika tujuannya untuk pekerjaan yang berat.

Tidak bisa upgrade hardware

Bagi yang telah terbiasa menggunakan PC desktop rakitan, adalah hal yang wajar dan mudah untuk mengganti komponen yang rusak maupun mengupgrade komponen menjadi lebih tinggi spesifikasinya seperti RAM, processor, kipas pendingin, atau VGA Card. Namun hal ini tidak berlaku di dalam PC All In One, karena semua komponen sudah tertanam menjadi satu bagian di dalam unit monitor. Anda harus membongkar unit untuk melakukan upgrade, tentu saja hal ini bisa merugikan disamping hilangnya jaminan garansi tentu juga akan berisiko jika gagal memperbaikinya malah unit PC menjadi rusak.

Output tambahan tidak berguna

Di dalam PC desktop kita bisa menggunakan output video ke media lainnya. Contohnya jika anda ingin menghubungkan PC ke proyektor maupun ke monitor yang lebih besar. Ini tidak berlaku di dalam PC All In One karena hanya bisa output video dari layarnya saja.

Dengan beberapa pertimbangan diatas, sebaiknya perlu kita pikirkan lagi yang mendasari untuk menggunakan unit computer, seperti :

Untuk apakah komputer ini kita gunakan, bermain game, pekerjaan berat, berkreasi, atau hanya sekedar berselancar di internet

Berapa ukuran monitor yang sesuai dengan kebutuhan

Teknologi apa saja yang dibutuhkan di dalam penggunaan kita seperti webcam bawaan, speaker, dan lainnya

Perlukah menggunakan layar sentuh

Berapa banyak port yang diperlukan seperti HDMI, USB, Koneksi optic, dan lainnya

Berapa besar kapasitas penyimpanan yang saya butuhkan

Siapa pengguna yang cocok menggunakan PC All In One

PC ini cocok digunakan untuk laboratorium di rung kelas, perpustakaan, ruang bersama, mapun di dalam rumah yang memiliki ruangan yang kecil dan cenderung tidak luas.

PC All In One (AIO) pada dasarnya adalah salah satu perkembangan teknologi dari sejarah panjang perjalanan dan perkembangan komputer di dunia. Tidak ada salahnya kita patut mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh para pengembang dan produsen di bidang komputer.

Sampai saat inipun desain, fitur, serta spesifikasi yang disematkan di dalam PC AIO semakin terus dikembangkan dan diproduksi disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya yang selalu haus akan teknologi terbaik dan spesifikasi PC yang mumpuni untuk mengakomodir kebutuhannya.

Demikian pembahasan artikel kali ini tentang apa itu PC All In One, dan semoga bisa bermanfaat untuk dijadikan bahan referensi anda dalam mencari pilihan penggunaan PC desktop, All In One, ataupun laptop. Kami juga dengan senang hati siap melayani kebutuhan jasa service perawatan perbaikan pemeliharaan unit laptop maupun komputer anda jika terjadi kendala atau kerusakan.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)