-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mengatasi laptop yang tidak bisa menyala dan mati total

Tidak ada komentar

Laptop anda tiba tiba tidak bisa menyala dan mati total, bingung dan tindakan apa yang harus segera dilakukan? Intinya tetap tenang dan sabar jangan buru buru menganggap bahwa laptop anda sudah rusak sebelum waktunya dan ingin segera membawa laptop anda ke tempat jasa service laptop dan komputer. Coba kita lakukan usaha dan sedikit kerja keras untuk mengecek dan menganalisa masalah yang terjadi pada laptop anda.

Jika laptop tidak bisa menyala, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada masalah catu daya dan komponen powernya. Anda mungkin dapat menyelesaikan permasalahan ini sendiri dengan mengganti komponennya. Namun jika laptop anda sudah usang langkah yang terbaik adalah segera mengganti unit laptop anda dengan yang baru.

Lantas tindakan apa yang diperlukan untuk mengatasi laptop tidak bisa menyala?

  1. Periksa daya baterai
    Jika laptop anda tidak bisa menyala atau bahkan saat dalam kondisi dicolokkan, mulailah memeriksa bagian catu daya. Mungkin terdapat beberapa masalah di bagian catu daya.
    • Lepaskan baterai laptop seluruhnya
    • Lalu colokkan laptop anda ke stop kontak yang berfungsi
    • Jika laptop anda dapat menyala tanpa menggunakan baterai, berarti permasalahan terjadi bukan pada bagian catu daya melainkan kerusakan terjadi pada baterainya.
    • Solusinya anda harus segera mengganti baterai yang sudah rusak dengan yang baru, usahakan menggunakan baterai yang original agar mendapat hasil kerja yang maksimal sesuai yang diharapkan.
    • Jika anda belum memiliki dana untuk membeli baterai baru, anda masih bisa tetap menggunakan laptop menggunakan power AC, itu artinya laptop harus selalu terhubung dengan stop kontak listrik

  2. Cek Baterai CMOS
    Solusi lain adalah dengan melakukan pengujian terhadap baterai CMOS yang menyimpan pengaturan BIOS di mother board, lepaskan baterai CMOS dari dudukannya lalu pasang kembali, jika tidak terjadi perubahan apa pun segera ganti baterai CMOS dengan yang baru. Terlihat sederhana tapi sangat penting mengetahui kondisi baterai CMOS masih berfungsi atau tidak.

  3. Diagnosa masalah layar
    Setelah catu daya anda periksa dan tidak terjadi masalah, segera cari permasalahan di bagian laptop lainnya
    • Pertama lepaskan semua sambungan perangkat layar eksternal yang tidak terlalu penting, seperti proyektor dan monitor guna memastikan perangkat tersebut tidak mengganggu proses startup laptop anda.
    • Jika tombol power menyala dan terdapat suara bising dari kipas, tetapi tidak ada gambar yang ditampilkan, coba matikan lampu atau minimalisir penerangan untuk memastikan apakah benar tidak ada gambarnya atau ada gambar tetapi sangat redup tampilannya.
    • Jika terdapat gambar tetapi sangat redup kemungkinan inverter layar rusak dan anda harus segera menggantinya.
    • Bisa juga terjadi kerusakan terhadap kartu grafis jika gambar tidak muncul.

  4. Lepas semua perangkat dari laptop
    Jika terdapat DVD, kartu memori, atau drive USB yang tercolok dalam laptop, ini juga bisa menyebabkan laptop anda tidak mau menyala. Jika salah satu dari perangkat tersebut macet ini kemungkinan akan mengganggu kinerja dari laptop saat melakukan booting, solusinya adalah coba lepaskan satu per satu perangkat yang tercolok ke laptop tersebut.

  5. Gunakan disk penyelamat
    Jika permasalahan terjadi karena adanya virus, anda mungkin dapat menggunakan disk penyelamat untuk melakukan proses penghapusan virus malware yang mengganggu dengan menggunakan alat pemindaian.

  6. Lakukan booting dalam safe mode (mode aman)
    Anda mungkin dapat mengoperasikan laptop dalam mode aman. Dalam mode aman anda dapat menghapus program atau driver yang mengganggu kinerja daripada laptop anda. Mode ini juga memungkinkan anda untuk membuat akun baru jika akun asli yang digunakan sudah rusak.

  7. Cek perangkat keras
    Upaya terakhir untuk melakukan diagnosa adalah memeriksa perangkat keras yang ada di dalam laptop anda, cek pemasangan harddisk apa sudah tepat, RAM, serta kabel kabel lainnya yang terhubung, apakah copot, ataupun kesalahan pemasangan saat anda melakukan penggantian dan pembersihan part.


Apakah laptop ataupun komputer sudah menjadi suatu alat yang diandalkan untuk menunjang aktifitas anda sehari hari seperti menyelesaikan tugas sekolah, kuliah ataupun untuk bekerja. Jika iya, masalah sebesar apapun harus bisa diselesaikan agar laptop yang rusak jangan sampai mengganggu produktivitas anda.

Jika semua cara diatas sudah dilakukan untuk mengupayakan laptop anda menyala kembali, tetapi laptop anda belum juga nyala, segera hubungi jasa service laptop dan komputer yang terdekat dari lokasi anda. Kami ITHelpDesk.co.id adalah penyedia jasa layanan service laptop dan komputer baik anda dating ke tempat kami atau kami yang akan mendatangi lokasi anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi staf kami di

ITHelpDesk.co.id CITI HUB - HARTON TOWER, Lantai 3
Jl. Boulevard Artha Gading, RT.18/RW.8,
Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara 14240

Telepon : +6221 2452 0565
WA : +62.8978 555 777
Email : info@ithelpdesk.co.id

 

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)