-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Memilih printer terbaik yang sesuai dengan kebutuhan

Tidak ada komentar

Ketika kita ingin membuat atau mencetak foto dan dokumen maka disinilah peranan printer menjadi sangat penting. Printer sudah menjadi kebutuhan baik di perkantoran, tempat usaha, rumah, ataupun sekolah dan printer pun tidak hanya berfungsi sebagai alat cetak tetapi juga sudah dilengkapi dengan fitur terbaru seperti foto copy maupun scanner. Pengoperasiannya pun juga semakin mudah dan di beberapa tipe sudah dapat terhubung dengan smartphone.

 

Dalam artikel kali ini saya akan membahas printer berdasarkan fungsinya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari printer yang berfungsi tunggal maupun jenis printer dengan beberapa macam fungsi.

 

Macam printer berdasarkan dari metode pencetakannya.

Printer memiliki 2 metode pencetakan yang berbeda berdasarkan daripada jenis tinta yang digunakan. Yaitu printer dengan tinta inkjet dan laserjet, bagaimana perbedaan keduanya simak penjelasan kami dibawah ini. 

 

  1. Printer InkJet 
    Printer dengan ukuran kecil yang biasa digunakan untuk printer kebutuhan rumahan. Printer jenis ini memiliki keunggulan hasil cetak yang halus serta warna yang tajam ketika digunakan untuk mencetak foto atau gambar. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah, namun meskipun harganya murah dan terjangkau tinta printer ini cukup boros dan cepat habis bila terlalu sering digunakan. Jika kebutuhannya digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak, jenis tinta ini secara ekonomis tidak cocok dipergunakan karena anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli tinta baru.

  2. Printer LaserJet
    Printer laserjet adalah printer yang memiliki fitur lengkap untuk mencetak dalam jumlah banyak layaknya mesin foto copy. Dahulu printer ini hanya dipergunakan di perkantoran atau toko besar. Namun seiring perkembangan printer jenis laserjet sudah banyak dipergunakan untuk rumahan tentunya dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang terjangkau.

    Kelebihan printer laserjet adalah tintanya yang tahan air dan biaya operasional yang lebih murah. Karena itu harga unit nya menjadi lebih mahal, jika kebutuhannya adalah untuk mencetak dalam jumlah banyak dan sering dipergunakan tentu jenis printer ini sangat cocok dan lebih menguntungkan apalagi jika dipergunakan untuk usaha jasa cetak foto atau gambar.

    Printer laserjet mempunyai 2 jenis tinta yaitu monokrom dan warna. Meski laserjet memiliki tinta warna namun untuk kualitas tetap lebih baik jenis tinta inkjet karena resolusinya lebih bagus dan tajam. Macam Printer berdasarkan fungsi utamanya

Sekarang ini beragam jenis printer yang beredar di pasaran dengan fungsi yang berbeda, mulai dari yang simpel hingga yang lebih kompleks.

Ada 3 jenis printer berdasarkan fungsinya.

  1. Printer dengan fungsi tunggal
    Printer jenis ini hanya digunakan untuk mencetak. Dibandingkan dengan printer lain lain memiliki beragam fungsi, harga printer ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu dengan ukuran yang kecil dan desain yang sederhana membuat printer ini cukup mudah diletakkan dimana saja.

    Walau hanya memiliki fungsi tunggal, kerja printer ini sama dengan printer lain. Dapat dipergunakan untuk mencetak foto, dokumen, gambar, kartu ucapan, dan lain sebagainya. Jadi printer ini sudah mencukupi untuk dipergunakan dalam keperluan mencetak skala kecil.

  2. Printer foto untuk mencetak langsung dari kamera dan smartphone.
    Sesuai dengan namanya printer ini dipergunakan untuk mencetak foto. Printer foto dapat langsung mencetak foto dari smartphone dan kamera tanpa membutuhkan laptop atau komputer. Dan sekarang ini sudah ada produsen yang membuat mobile printer ditujukan hanya untuk penggunaan dari smartphone.

    Apabila kebutuhan anda hanya untuk mencetak foto atau gambar, kami rasa jenis printer ini cocok untuk digunakan. Namun sayangnya ukuran yang dicetak terbatas sehingga tidak dapat mencetak ukuran A4 dan B5.

  3. Printer multifungsi untuk foto copy, scan, dan fax
    Jenis printer yang cukup banyak peminatnya karena memiliki fungsi beragam. Selain berfungsi untuk mencetak, jenis printer ini bisa dipergunakan untuk foto copy ataupun mengirim fax. Bahkan ada juga yang sudah dapat menerima sinyal wifi dan sekarang sudah bisa dihubungkan langsung ke kamera atau smartphone untuk mencetak foto atau dokumen.

    Ukurannya relatif lebih besar dari printer jenis lainnya, namun tentunya akan lebih menghemat ruang jika memiliki satu jenis printer ini dengan fungsi yang beragam untuk mendukung produktifitas anda daripada harus membeli beberapa unit secara terpisah, selain itu juga penggunaan listrik tidak boros karena hanya dengan satu printer anda sudah bisa melakukan banyak hal.

Untuk informasi seputar permasalahan printer, laptop dan komputer silahkan hubungi kami ITHelpDesk.co.id adalah penyedia jasa layanan service printer, laptop dan komputer baik anda datang ke tempat kami atau kami yang akan mendatangi lokasi anda. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi staf kami di

ITHelpDesk.co.id CITI HUB - HARTON TOWER, Lantai 3
Jl. Boulevard Artha Gading, RT.18/RW.8,
Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara 14240

Telepon : +6221 2452 0565
WA : +62.8978 555 777
Email : info@ithelpdesk.co.id

 

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)