-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Macam-Macam Prosesor Intel Core

Tidak ada komentar

 

Prosesor bertugas sebagai otak komputer atau laptop. Tugas yang berat ini menjadikan prosesor sebagai salah satu patokan bagi kita ketika ingin membeli komputer baru. Prosesor AMD menjadi Intel selama beberapa tahun terakhir. Namun Intel masih menjadi pilihan orang untuk kebutuhan umum. Dari jajaran prosesor keluaran Intel sering kita dengar istilah Core i3, i5, i7, i9, atau juga Core X


Apakah Anda tahu perbedaannya?


Macam-Macam Prosesor Intel Core


 

Pengertian Core Processor

Prosesor Intel Core pertama kali digunakan pada perangkat desktop pada pertengahan tahun 2006, menggantikan istilah Pentium yang sebelumnya menjadi prosesor Intel kelas atas.

 

Nama Core "i" pada dasarnya adalah kategorisasi level tinggi untuk membedakan prosesor dalam satu generasi. Nama Core "i" yang diikuti angka tertentu tidak berarti prosesor memiliki sejumlah inti sejumlah angka tersebut, juga tidak menjamin fitur yang ada di dalamnya.

 

Fitur spesifik bisa berubah antar generasi. Seiring kemajuan teknologi, menjadi murah untuk membuat komponen low-end yang berkinerja tinggi. Hal ini juga berarti bahwa fitur yang ada, misalnya di Core i3 bisa saja tidak digunakan sama sekali di kelas selanjutnya.

Kinerja umum dalam CPU juga berubah antar generasi. Perbaikan tingkat rendah pada bagaimana CPU memproses informasi menghasilkan kinerja yang secara umum lebih baik, bahkan pada kecepatan clock yang lebih rendah daripada versi CPU sebelumnya.


Oleh karena itu, perbedaan antara Core i3, Core i5, dan Core i7 merupakan istilah penting dalam generasi masing-masing. Sebagai contoh, generasi Core i7 ke tujuh "Kaby Lake", dan generasi ketiga Core i7 "Ivy Bridge" dapat berjalan pada kecepatan yang hampir sama dengan jumlah core yang sama. Pada dasarnya tidak berarti karena bagian yang lebih baru masih tetap berkinerja lebih baik. Dengan mengingat hal itu, ada beberapa pedoman petunjuk yang dapat digunakan untuk memahami apa arti semua kelas yang berbeda.

 

Perbandingan Core 13, i5, i7 dan Core X

Core i3




Macam-Macam Prosesor Intel Core


Prosesor Intel Core i3 adalah tempat jajaran Core dimulai untuk setiap generasi. Secara umum, prosesor Core i3 memiliki jumlah inti lebih rendah daripada CPU tingkat tinggi. Pada mulanya berarti bahwa Core i3 dimulai dengan prosesor dual-core, tetapi untuk generasi terbaru, jumlah inti tersebut telah naik menjadi empat inti di perangkat desktop.

Dual-core Core i3 sebelumnya juga cenderung memiliki empat thread, juga dikenal sebagai Hyper-Threading. Intel telah memutuskan untuk tidak menggandakan jumlah thread dalam generasi Core i3, sebagai gantinya dibuat CPU dengan empat inti dan empat thread. Prosesor Core i3 juga memiliki ukuran cache yang lebih rendah. Prosesor ini menangani lebih sedikit RAM daripada prosesor Core lainnya dan memiliki kecepatan clock yang bervariasi. Saat ini, prosesor desktop Core i3 generasi kesembilan memiliki kecepatan clock tertinggi 4,6 GHz yaitu Core i3-9350K.

 

Core i5


Macam-Macam Prosesor Intel Core


Setingkat lebih tinggi dari Core i3 adalah Core i5. Prosesor Core i5 biasanya tidak memiliki teknologi Hyper-Threading, tetapi memiliki lebih banyak core, saat ini memiliki enam core dibandingkan Core i3 yang hanya empat core. Prosesor Core i5 baru yang dilengkapi dengan Hyper-Threading hanya adai di laptop, tidak ada di desktop.
Core i5 juga umumnya memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi, cache yang lebih besar, dan dapat menangani lebih banyak memori. Penanganan grafik yang terintegrasi juga lebih baik.

 

Core i7


Macam-Macam Prosesor Intel Core


Pada 2017, CPU Core i7 memiliki Hyper-Threading untuk perangkat desktop, tetapi generasi yang lebih baru tidak. Prosesor ini memiliki jumlah inti yang lebih tinggi, hingga delapan pada generasi 9, cache yang lebih besar, dan keunggulan dalam kinerja grafis, tetapi memiliki kapasitas memori yang sama dengan Core i5 saat ini.

 

Core i9


Macam-Macam Prosesor Intel Core

Core i9 ada di bagian teratas pada kelas Intel Core. Saat ini masih jarang yang menggunakannya terutama di Indonesia. Jajaran Core i9 termasuk banyak prosesor berkinerja terbaik, seperti Core i9-9900K yang menjadi andalan para gamer memainkan game kelas berat. Pada tingkat Core i9 di generasi CPU kesembilan saat ini, terdapat delapan core, 16 thread, cache yang lebih besar dari prosesor Core i5, kecepatan clock lebih cepat hingga 5 GHz boost, dan penanganan yang lebih baik dalam kinerja grafis. Namun, Core i9 CPU masih memiliki kapasitas memori maksimum yang sama dengan Core i5.

 

Core X


Macam-Macam Prosesor Intel Core


Intel juga memiliki serangkaian prosesor yang lebih mewah, prosesor high-end desktop (HEDT) untuk penggiat teknologi, gamer, pembuat konten, atau siapa pun yang membutuhkan tingkat kinerja setinggi ini. Intel baru saja mengumumkan prosesor Core X baru yang memiliki 10 hingga 18 core (ingat, Core i9 maksimal memiliki delapan). Sudah memiliki teknologi Hyper-Threading dan boost clock tinggi, meskipun belum tentu lebih tinggi dari CPU Core i9. Mereka juga memiliki jumlah jalur PCIe yang lebih tinggi dan dapat menangani lebih banyak RAM, serta memiliki TDP (Thermal Design Power) yang jauh lebih tinggi daripada kelas Core lainnya. Istilah Core mengacu pada peningkatan relatif dalam generasi prosesor tertentu. Dengan bertambahnya jumlah Core, demikian juga kemampuan prosesor, termasuk jumlah core yang lebih tinggi, kecepatan clock lebih cepat, lebih banyak cache, dan kemampuan menangani lebih banyak RAM.

 

Di Core X juga memiliki lebih banyak jalur PCIe. Jika Anda seorang gamer, cari minimal Core i7 atau yang lebih tinggi. Kita masih bisa bermain game dengan Core i5 terbaru, tetapi tidak setangguh Core i7 dan yang lebih tinggi dalam waktu beberapa tahun ke depan. Pembuat konten disarankan memilih CPU Core i7 dan Core i9, karena memiliki lebih banyak thread.

 

Untuk tugas sehari-hari, seperti browsing web, mengerjakan perhitungan di Excel, dan mengetik di Word, prosesor Core i3 sudah cukup untuk menyelesaikan semua itu.

Hal yang perlu diingat saat memilih prosesor, tidak semua CPU Intel Core memiliki grafik yang terintegrasi. Prosesor Intel yang diakhiri dengan huruf "F" menunjukkan bahwa prosesor tersebut tidak dilengkapi dengan GPU terintegrasi, misalnya Intel Core i3-9350KF, Intel Core i5-9600KF, Intel Core i7-9700KF, Intel Core i9-9900KF.

Ohya jika Anda memiliki masalah dengan laptop ataupun pada komputer, Anda dapat menghubungi IT Helpdesk untu merenovasi laptop Anda. Dan jangan khawatir disini, Anda akan mendapatkan layanan free consultation!!!

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)